Sukses


Tak Ada Persipura, PSSI Konfirmasi Hanya 9 Klub BRI Liga 1 Lolos Lisensi AFC dan Nasional 2021

Bola.com, Jakarta - PSSI melalui Komite Lisensi Klub memutuskan sembilan dari 18 klub BRI Liga 1 2021/2022 memperoleh Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021. Tak ada nama Persipura Jayapura dalam daftar sembilan klub yang lolos.

Sembilan klub yang mendaftar dan layak memperoleh Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021 adalah Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar. Ketua Komite Lisensi Klub, Timmy Setiawan, menyebut keputusan ini dilakukan kolektif kolegial.

"Ada beberapa klub yang sama sekali memang tidak melakukan submit dokumen yang diperlukan. Kami berharap ke depannya semua klub memiliki kepedulian yang sama untuk dapat memaksimalkan lolos lisensi AFC," kata Timmy Setiawan.

Klub yang memperoleh Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021 harus melalui proses panjang. Contohnya adalah tahap verifikasi faktual dan menyerahkan dokumen sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, seperti aspek sporting, infrastruktur, personnel & administrative, legal, dan finance.

Proses ini sudah dimulai sejak April 2021 dan diawali dengan telah diakreditasinya regulasi lisensi klub oleh AFC. Setelah itu, dilanjutkan dengan seminar virtual serta asistensi dan kunjungan ke sekretariat klub dan stadion.

"Keputusan ini kami lakukan secara kolektif kolegial dan tantangan ke depannya semua ada jejak digital, termasuk dokumen yang diupload dan disubmit seluruhnya sudah serba digital. Semoga ke depannya proses dan klub yang lulus akan bertambah," ucap Timmy Setiawan.

2 dari 3 halaman

Beri Apresiasi

Manager Klub Lisensi, Putri Utomo, mengucapkan terima kasih kepada sembilan klub BRI Liga 1 yang bersedia mengikuti proses Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021. Menurut Putri Purnomo, semua ini dilakukan untuk menjaga nama Indonesia di persepakbolaan Asia.

"PSSI mengucapkan terima kasih kepada seluruh klub Liga 1 yang memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk tetap berusaha memenuhi persyaratan lisensi klub tahun ini," ucap Putri Purnomo.

"Walaupun pada masa pandemi dan kompetisi sepak bola baru dimulai kembali, proses ini harus tetap berjalan sesuai dengan amanat AFC demi menjaga nama Indonesia di kancah kompetisi klub sepak bola Asia," tegas Putri Purnomo.

3 dari 3 halaman

9 Klub yang Tidak Lolos atau Tidak Mendaftar

  1. Barito Putera
  2. Persela Lamongan
  3. Persik Kediri
  4. Persikabo 1973
  5. Persipura Jayapura
  6. Persiraja Banda Aceh
  7. Persita Tangerang
  8. PSIS Semarang
  9. PSS Sleman
Pemain Naturalisasi Solusi Timnas Akhiri Kutukan Spesialis Nyaris Juara di Piala AFF?

Video Populer

Foto Populer