Sukses


Bendera Merah Putih Juga Tak Dikibarkan saat Timnas Indonesia U-23 Jumpa Australia?

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang untuk Timnas Indonesia U-23. Bendera Merah Putih dikabarkan tak berkibar saat Timnas U-23 menghadapi Australia pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Situasi itu merupakan lanjutan dari sanksi Badan Anti-doping Dunia (WADA) yang dijatuhkan untuk Indonesia. Imbasnya, Timnas Indonesia U-23 disebut tak akan didampingi bendera Merah Putih saat menyanyikan lagu kebangsaan jelang pertandingan.

Selain Indonesia, laporan The ASEAN Football, Thailand juga tak akan didampingi bendera kebangsaan jelang pertandingan di Grup J. Seperti diketahui, Thailand juga menerima sanksi yang sama dengan Indonesia, karena tak patuh dalam menyertakan hasil doping periode 2020 dan 2021.

"Bendera Thailand dan Indonesia tidak akan muncul pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, karena larangan Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Bendera nasional Thailand dan Indonesia tidak dapat dikibarkan pada acara-acara besar lainnya selama 1 tahun," bunyi keterangan The ASEAN Football.

"Oleh karena itu, bendera nasional kedua negara tersebut tidak diperbolehkan berkibar pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Keduanya harus menggunakan bendera lain dengan lambang federasi olahraga atau federasi sepak bola sebagai gantinya," tegas penjelasan tersebut.

Jika situasi itu benar terjadi,Timnas Indonesia U-23 akan mengikuti nasib tim bulutangkis di podium Piala Thomas 2020. Seperti diketahui, ketika itu bendera Merah Putih dilarang berkibar dan digantikan bendera federasi yakni PBSI.

2 dari 3 halaman

Laga Krusial

Dilarangnya bendera Merah Putih dikibarkan jelang pertandingan sepak bola tentu bakal mengurangi daya juang Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, melihat bendera nasional berkibar saat menyanyikan lagu kebangsaan jelang laga, merupakan momen khidmat bagi para pesepak bola.

Suasana tersebut bisa membakar semangat dan nasionalisme para pemain untuk mati-matian berjuang di lapangan. Apalagi laga melawan Australia bakal krusial buat Timnas Indonesia U-23.

Australia menjadi lawan tunggal di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-23 dalam dua pertandingan. Pertandingan akan berlangsung pada 27 dan 30 Oktober mendatang.

3 dari 3 halaman

Sisa 1 Laga

Timnas Indonesia U-23 tak main-main dalam mempersiapkan diri menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Pasukan Shin Tae-yong itu melakukan dua laga uji coba untuk mengukur kemampuan tim.

Pada laga uji coba perdana, Timnas U-23 berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1 atas Tajikistan. Adapun pada duel uji coba kedua giliran Timnas Indonesia U-23 akan menjajal kekuatan Nepal.

Persiapan ini dilakukan sebagai bentuk adaptasi terhadap lapangan sintesis. Para pemain Timnas U-23 sebelumnya tidak terbiasa bermain di lapangan yang menggunakan rumput buatan tersebut.

Video Populer

Foto Populer