Sukses


Timnas Indonesia U-23 Masih Belum Kompak, Ernando Ari: Baru Pertama Kali Berkumpul

Bola.com, Dushanbe - Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari, menyebut timnya masih punya masalah mengenai kekompakan. Namun, Ernando Ari memaklumi masalah itu mengingat skuad U-23 belum lama terbentuk.

Timnas Indonesia U-23 memang berhasil meraih kemenangan 2-1 pada laga uji coba perdana melawan Tajikistan, Selasa (19/10/2021). Namun, pelatih Shin Tae-yong tak sepenuhnya puas karena melihat pemainnya masih grogi di lapangan.

Kritik Shin Tae-yong dibenarkan oleh Ernando Ari. Menurutnya, para pemain Timnas U-23 belum kompak dan minim komunikasi di lapangan.

"Mungkin baru pertama kali kumpul sehingga kurang kompak, kurang bicara, belum padu satu sama lain. Insyaallah ke depannya akan lebih baik lagi," kata Ernando Ari.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Nepal pada laga uji coba kedua yang dilakukan Jumat (22/10/2021). Laga ini menjadi persiapan terakhir menuju Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang akan digelar pada akhir Oktober 2021.

"Kami latihan recovery untuk 11 pemain pertama demi memulihkan stamina karena mungkin kelelahan pada pertandingan pertama. Satu yang penting latihan dengan serius. Kalau latihan serius pasti akan terbawa ke pertandingan. Harapannya selalu ingin bermain bagus dan mendapatkan kemenangan," tegas Ernando Ari.

2 dari 3 halaman

Evaluasi Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menyebut ada beberapa aspek yang perlu dibenahi dari timnya. Namun, Shin Tae-yong memakluminya karena para pemain masih beradaptasi dengan rekan setim dan lapangan sintesis.

"Saya melihat karena ini uji coba pertama, jadi para pemain ada yang merasa grogi. Apalagi pada pertandingan ini kami menggunakan lapangan sintesis dan memang beda lingkungan, seperti makanan dan cuaca. Memang masih dalam proses adaptasi," kata Shin Tae-yong.

"Kami akan terus perbaiki kekurangan tim ini. Semoga dalam uji coba selanjutnya bisa lebih baik lagi dan puncaknya saat melawan Australia mendapatkan performa terbaik," ucap Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Tak Boleh Cepat Puas

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga mengapresiasi kemenangan 2-1 yang diraih Timnas Indonesia U-23 pada laga uji coba melawan Tajikistan. Namun, Iriawan meminta pasukan Shin Tae-yong itu tidak cepat puas.

"Setelah latihan beberapa hari di Tajikistan, terlihat mereka makin kompak. Saya kira progres tim ini makin hari makin baik," kata Iriawan.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi persiapan Timnas Indonesia U-23 menuju Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Iriawan berharap puncak performa para pemain Timnas U-23 bisa ditunjukkan dalam duel melawan Australia pada 27 dan 30 Oktober 2021.

"Fokus, disiplin, dan kerja keras harus ditanamkan dalam benak pemain. Kami yakin meraih hasil terbaik melawan Australia nanti," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Video Populer

Foto Populer