Sukses


Siap Tempur Lawan Nepal, Timnas Indonesia U-23 Usung 2 Misi Khusus

Bola.com, Dushanbe - Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari, menegaskan timnya berniat mengulangi hasil positif pada laga uji coba melawan Nepal, Jumat (22/10/2021). Menurut Ernando Ari, skuad U-23 sudah dalam kondisi siap tempur.

Timnas Indonesia U-23 kembali akan melakoni uji coba sebagai bagian dari persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Pada uji coba perdana, Timnas Indonesia U-23 menang 2-1 atas Tajikistan.

"Saat ini kondisi saya dan rekan-rekan semakin baik dan sudah siap menghadapi laga uji coba selanjutnya. Pelatih Shin Tae-yong terus memberikan motivasi dan materi apa yang harus kami perbaiki dalam tim," kata Ernando Ari.

Menghadapi Nepal di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Ernando Ari memastikan Timnas U-23 sudah melakukan evaluasi di berbagai sektor. Ernando Ari berharap Timnas Indonesia U-23 bisa menang demi menatap Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 dengan lebih percaya diri. Selain menang, misi lain Skuat Garuda Muda adalah bermain sesuai taktik pelatih. 

"Melawan Nepal tentu kami ingin meraih hasil terbaik. Yang terpenting kami bisa bermain sesuai keinginan pelatih. Karena target kami dapat mengalahkan Australia demi asa lolos ke Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 mendatang," tegas kiper Persebaya Surabaya itu.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi Australia pada dua laga yang digelar 27 dan 30 Oktober 2021.

2 dari 3 halaman

Belum Kompak

Ernando Ari juga menyebut Timnas Indonesia U-23 masih punya masalah mengenai kekompakan. Namun, Ernando Ari memaklumi masalah itu mengingat skuad U-23 belum lama terbentuk.

"Mungkin baru pertama kali kumpul sehingga kurang kompak, kurang bicara, belum padu satu sama lain. Insyaallah ke depannya akan lebih baik lagi," kata Ernando Ari.

Penyebab itu cukup masuk akal. Timnas Indonesia U-23 terbentuk belum genap sebulan dan baru melakukan latihan bersama dalam dua pekan di Tajikistan.

3 dari 3 halaman

Evaluasi Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menyebut ada beberapa aspek yang perlu dibenahi dari timnya. Namun, Shin Tae-yong memakluminya karena para pemain masih beradaptasi dengan rekan setim dan lapangan sintesis.

"Saya melihat karena ini uji coba pertama, jadi para pemain ada yang merasa grogi. Apalagi pada pertandingan ini kami menggunakan lapangan sintesis dan memang beda lingkungan, seperti makanan dan cuaca. Memang masih dalam proses adaptasi," kata Shin Tae-yong.

"Kami akan terus perbaiki kekurangan tim ini. Semoga dalam uji coba selanjutnya bisa lebih baik lagi dan puncaknya saat melawan Australia mendapatkan performa terbaik," ucap Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer