Sukses


Cerita Gelandang Asing Madura United Tinggalkan Keluarga di Brasil demi BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Gelandang asing Madura United, Hugo Gomes, telah berpisah dengan keluarganya selama delapan bulan terakhir. Itu dimulai sejak dia bergabung Laskar Sape Kerap pada Maret 2021.

Saat itu, dia memulai kiprah di Indonesia dengan tampil dalam Piala Menpora 2021. Dia belum sempat pulang ke Brasil karena agenda Madura United yang padat, apalagi kini bersaing dalam BRI Liga 1 2021/2022.

Pemain yang akrab dengan nama sapaan Jaja itu mengaku sangat merindukan istri dan tiga anaknya yang ada di Brasil. Situasi ini menyulitkannya karena dia sangat ingin bertemu dengan orang-orang terdekatnya itu.

“Saya sudah delapan bulan tidak bertemu dengan keluarga. Ada rasa bosan juga. Anak-anak saya menangis terus. Biasanya saya video call dengan mereka setiap hari. Itu sedikit mengobati (rasa rindu),” kata mantan pemain Timnas Brasil U-20 itu.

Jaja memahami bahwa saat ini memang belum memungkinkan untuk bertemu dengan keluarganya. Jadwal BRI Liga 1 juga sedang padat dan dia tidak punya waktu untuk pulang ke Brasil di tengah kesibukan ini.

Sebaliknya, kondisi pandemi juga menyulitkan istri dan anak-anaknya bisa menyusul ke Indonesia. Terdapat banyak persyaratan bagi warga asing yang akan tinggal di Indonesia dengan ketatnya pintu masuk.

“Istri saya kadang marah karena saya tidak kapan akan kembali. Mungkin mereka akan datang (ke Indonesia), mungkin tidak. Saya bicara pada istri, kami harus bersabar. Pasti kami harus menahan rindu juga,” imbuh pemain berusia 25 tahun itu.

2 dari 4 halaman

Komunikasi Jarak Jauh

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh Jaja saat ini adalah menghubungi keluarganya itu melalui saluran video call. Komunikasi mereka sangat penting agar Jaja juga bisa fokus pada kariernya di BRI Liga 1.

“Setiap hari, pagi, sore, malam, saya video call mereka. Anak-anak tanya saya ada di mana. Saya bilang harus menunggu untuk ketemu. Saya bersyukur, istri dan semua keluarga juga mendukung pekerjaan saya supaya tampil baik di lapangan,” tutur Jaja.

Jaja  merupakan pemain asing dengan kontribusi maksimal di Madura United. Meski berposisi di lini tengah, dia menjadi top scorer sementara klub dengan empat gol, angka yang sama dengan rekan senegaranya, striker Rafael Silva.

Hanya saja, Laskar Sape Kerap kini masih terjebak di papan tengah klasemen sementara. Mereka baru memetik satu kemenangan, sisanya lima imbang dan dua kalah dalam delapan pertandingan BRI Liga 1.

3 dari 4 halaman

Jejak Mentereng Jaja

Rekam jejak Jaja cukup mentereng karena tercatat pernah membela Timnas Brasil U-20 yang tampil di Piala Dunia U-20 2015. Di ajang itu, dia menjadi rekan setim Gabriel Jesus, yang saat ini menjadi striker andalan Manchester City.

Sebelum ke Indonesia, Jaja lebih banyak menghabiskan kariernya di negara asalnya. Pemain berpostur 178 itu tercatat pernah membela Timnas Brasil U-20. Dia meniti karier junior bersama klub papan atas Negeri Samba, Flamengo.

Selain itu, terdapat tiga klub Brasil yang juga pernah dibelanya. Di antaranya adalah Avai FC, Tombense, dan Vila Nova FC. Meski demikian, dia sempat membela Flamengo di lima periode yang berbeda. Sayang, dia tidak menjadi bagian tim saat Flamengo menjuarai Serie A Brasil 2020.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer