Sukses


Adu Pelatih PSIS Vs Persib di BRI Liga 1: Sama-sama Eropa, Veteran Vs Newbie

Bola.com, Sleman - Persib Bandung akan menghadapi PSIS Semarang dalam laga lanjutan seri kedua BRI Liga 1 2021/2022, Selasa (26/10/2021) malam di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Duel Maung Bandung kontra Laskar Mahesa Jenar ini kemungkinan akan berjalan ketat sebab kedua tim sama-sama belum terkalahkan di BRI Liga 1 dan tentunya ingin mempertahankan tren positif masing-masing tim.

Pertemuan dua tim Perserikatan ini  akan menjadi ajang adu taktik dari kedua pelatih, Robert Alberts asal Belanda dan Ian Andrew Gillan asal Skotlandia.

Meski demikian, secara pengalaman, Robert Alberts lebih unggul dalam menangani tim di Tanah Air dibandingkan Ian Gillan

Selama di kompetisi BRI Liga 1, Persib memang belum terkalahkan, yakni empat kali menang dan empat kali imbang. Dalam dua laga terakhir di seri kedua BRI, Persib mampu meraih enam poin, yakni lawan PSS Sleman (4-2) dan lawan Bhayangkara FC (2-0)

Sosok Robert Alberts memang cukup kenyang menangani tim di Indonesia. Sebelum ke Persib Bandung, ia membawa Arema Indonesia juara dan membawa PSM Makassar di posisi runner-up Liga 1 2018.

2 dari 4 halaman

Persib Bangkit

Di tengah tekanan bobotoh setelah Persib Bandung empat kali imbang secara beruntun, Robert mampu membangkitkan pasukannya pada seri kedua dengan raihan poin sempurna.

Sementara, sosok Ian Andrew Gillan merupakan pelatih yang baru menginjakkan kakinya sebagai pelatih asing di Tanah Air. PSIS Semarang merupakan klub pertama di Indonesia yang ditanganinya.

Pelatih asal Skotlandia ini langsung mampu membawakan kemenangan untuk PSIS dalam dua kali pertandingan, yakni menang lawan Barito Putera 1-0 dan menang telak 3-0 saat melawan Persik Kediri.

Meski baru berkarier di Indonesia sebagai pelatih, sosok Ian Gillan kenyang pengalaman sebagai pelatih di Australia. Ia menangani Ryde City, Penrith Nepean United, dan Fraser Park.

3 dari 4 halaman

Pendatang Baru

Pada tahun 2010-2013, pelatih berusia 56 tahun ini pernah menjadi staf pelatih di Perth Glory FC, Asutralia. Kemudian ia hijrah ke Malaysia pada tahun 2014 sebagai asisten pelatih tim senior dan tahun 2015 menjadi Dirtek Kedah FA Malaysia.

Tahun 2017, Ian menjadi pelatih Ilocos United, Filipina dan pada tahun 2018-2019 melatih Sarawak FA, Malaysia. Tahun 2020 kembali menangani tim Kedah FA Malaysia.

Setelah dari Kedah FA Malasyia, Ian pun melanjutkan karirnya di Indonesia dan PSIS Semarang menjadi klub pertama yang ditanganinya. Di atas kertas memang Robert Alberts unggul, namun hal itu akan dibuktikan pada pertandingan nanti.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer