Sukses


Selain Pemain Lokal dan Asing, Persija juga Evaluasi Nasib Angelo Alessio Saat Bursa Transfer Putaran Kedua BRI Liga 1?

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta akan melakukan evaluasi pada bursa transer putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Kemungkinan besar sasaran penilaian tidak hanya berlaku untuk pemain, tapi juga semua komponen tim, termasuk pelatih Angelo Alessio juga bisa dievaluasi.

"Momen bursa transfer atau putaran kedua itu menjadi momen yang selalu menjadi bahan evaluasi bagi siapapun, baik ketika tim tampil baik apalagi kurang maksimal seperti saat ini," kata manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas pada konferensi pers virtual, Selasa (2/11/2021).

"Manajemen akan melihat kinerja dari komponen tim yang tujuannya memperbaiki dan memperkuat komposisi tim. Semua jabatan profesional di Persija bisa dievaluasi, termasuk saya," jelas pria yang populer dipanggil Bepe itu.

Evaluasi untuk sejumlah komponen tim, kata Bambang, harus berdasarkan pertimbangan yang matang. Yang pasti, kebijakannya berkaitan dengan kebaikan Persija.

Sejauh ini, Persija masih inkonsisten di tangan Alessio. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu sempat meramaikan papan atas, tepatnya peringkat keempat pada seri pertama BRI Liga 1 2021/2022. Namun, Persija terjun bebas ke posisi ke-8 di seri kedua.

Dalam dua partai terakhir, Persija Jakarta bahkan gagal meraih kemenangan. Riko Simanjuntak dkk. kalah 0-1 dari Persebaya Surabaya dan bermain imbang 2-2 melawan Persik Kediri.

"Apakah evaluasi itu dilakukan atau tidak? Berkaitan dengan pertimbangan yang lebih luas. Satu, apakah itu perlu. Kedua, apakah itu akan membuat tim menjadi lebih baik. Kemudian apakah akan mendongkrak performa tim. Itu kebijakan lain yang hanya manajemen yang berhak memutuskan itu," imbuh Bambang.

2 dari 4 halaman

Isyaratkan Bongkar Pasang Pemain

Bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 2021/2022 baru akan dibuka satu setengah bulan lagi. Namun, Persija Jakarta telah bersiap untuk melakukan perombakan.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) bakal menggelar periode pendaftaran kedua BRI Liga 1 pada 15 Desember 2021-12 Januari 2021 atau setelah putaran pertama berakhir.

"Kami akan melakukan evaluasi begitu putaran pertama selesai," kata Presiden Persija, Mohamad Prapanca dalam keterangan tertulisnya.

"Siapa pun pemain yang tidak menunjukkan performa, atau tidak mencapai ekspektasi yang diinginkan oleh tim pelatih dan manajemen, pasti akan kami evaluasi."

"Tanpa terkecuali. Baik itu pemain asing atau lokal. Kami siap untuk melakukan perubahan di putaran kedua," tutur pria yang karib dipanggil Panca tersebut.

3 dari 4 halaman

Pulangkan Ryuji Utomo

Persija Jakarta memastikan akan memulangkan Ryuji Utomo pada putaran kedua BRI Liga 1. Saat ini, bek berusia 26 tahun itu masih menjalani peminjaman di klub Malaysia, Penang FC.

"Soal Ryuji kembali ke kami atau tidak, saya pikir sudah dijelaskan sebelumnya. Ryuji menjadi pemain yang diproyeksikan untuk putaran kedua BRI Liga 1. Itu sudah menjadi gambaran ke arah mana Persija akan mengambil kebijakan mengenai Ryuji," tutur Bambang.

"Semua keputusan dengan masa depan Ryuji ada di tangan klub, bukan pemain. Sebab, dia masih terikat kontrak dengan Persija," jelas manajer berusia 41 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer