Sukses


Cerita Unik Kiper Persib I Made Wirawan Menggeluti Sepak Bola: Lapangan Sebelah Rumah Berjasa Besar

Bola.com, Jakarta - Sepak bola menjadi keseharian bagi I Made Wirawan sejak kecil. Maklum, di kampung halamannya di Bali, rumah Made bersebelahan dengan lapangan sepak bola sehingga Made kecil tidak lepas dari bermain sepak bola.

Bahkan kegiatan sehari-hari itu memudian menjadi profesi yang serius didalami oleh sosok kelahiran Gianyar, 1 Desember 1981 ini hingga saat ini. Selama kariernya, I Made Wirawan sudah memperkuat empat klub yakni Perseden Bali, Persekaba Badung, Persiba Balikpapan, dan saat ini Persib Bandung.

Namun siapa sangka ada fakta menarik yang membuat penjaga gawang berusia 39 tahun tersebut menggeluti dan menjadi seorang pesepak bola. Yakni karena masa kecil I Made Wirawan dikelilingi faktor pendukung di sepak bola, satu di antaranya adalah lapangan.

"Saya main bola sejak kecil karena rumah kebetulan di sebelahnya ada lapangan sepak bola. Jadi ya sehari-hari kami mainnya di lapangan bola dan keterusan sampai sekarang," ucap I Made Wirawan dalam channel Youtube Tiento Indonesia.

"Dari situ jadinya ikutan main di klub-klub lokal, mulai dari junior, setelah di junior terus dipanggil ke Perseden, tim perserikatan dulu," tambah I Made Wirawan.

2 dari 4 halaman

Klub Profesional Pertama

Di Perseden Denpasar, Made Wirawan mengaku awalnya memperkuat tim U-21 kemudian pada tahun 2002 langsung ke tim senior dimana Perseden saat itu bermain di Liga tertinggi sebagai tim yang baru promosi.

Setelah dua tahun memperkuat Perseden Depansar, I Made Wirawan hijrah ke Persekaba Badung dari 2004-2006, kemudian mencoba jauh dari kampung halaman, yakni ke Persiba Balikpapan pada tahun 2006-2012.

“Setelah lima musim di Persiba Balikpapan, saya baru ke Persib Bandung dan sampai sekarang ada di Persib,” tutur kiper bernomor punggung 78 di Persib ini.

3 dari 4 halaman

Pemulihan Cedera

Saat ini, Made Wirawan genap sudah 10 tahun memperkuat Maung Bandung. Selama itu pun ia pernah membawa Persib juara ISL 2014 dan juara Piala Presiden 2015.

Sayang, jelang BRI Liga 1 2021/2022, kiper Persib berusia 39 tahun ini harus naik meja operasi karena mengalami cedera lutut sehingga selama BRI Liga 1, Made tidak pernah diturunkan lantaran harus pemulihan selama tiga bulan pasca operasi.

Peran I Made Wirawan selama di BRI Liga 1 musim ini digantikan oleh Muhammad Natshir dan Teja Paku Alam. Made sendiri belum bisa dipastikan kapan bisa kembali memperkuat Maung Bandung.

Sumber: Channel Youtube Tiento Indonesia

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persib Saat Ini

Video Populer

Foto Populer