Sukses


Menembus Rivalitas, Bonek Kirim Bantuan Korban Banjir Bandang Malang dan Batu

Bola.com, Surabaya - Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, lagi-lagi menggelar aksi kemanusiaan. Kelompok suporter dengan warna kebesaran hijau itu mengirim bantuan kepada warga korban banjir bandang di Malang dan Batu.

Aksi itu sudah mulai dilakukan sejak Rabu (17/11) dengan diinisiasi oleh empat perwakilan kelompok tribun. Masing-masing adalah Green Nord, Tribun Timur, Tribun Kidul Surabaya, dan Gate Jhoner 21.

Menariknya, bantuan yang mereka kirimkan ini diberikan kepada masyarakat Malang Raya, yang notabene basis suporter Arema FC, Aremania. Padahal, selama ini kedua kelompok suporter ini dikenal memiliki hubungan yang kurang baik.

Bonek menyerahkan donasi di posko bencana YDSF (Yayasan Dana Sosial Al Falah) yang ada di kawasan Klojen, Malang. Donasi Bonek Peduli bahkan mencapai Rp 40 juta lebih. Uang donasi mulai dikumpulkan Bonek begitu terjadi bencana di Malang dan Batu dua pekan lalu.

“Semua dana sumbangan kami fokuskan untuk membantu renovasi rumah ibadah. Baik membeli bahan material berupa semen, besi, pasir, serta batu bata. Karena menurut kami, itu adalah hal paling dibutuhkan oleh warga,” kata Husin Ghozali, koordinator Green Nord. 

2 dari 4 halaman

Kebutuhan Warga

Donasi Bonek Peduli juga diwujudkan dengan sejumlah tandon air, karpet untuk mushola, serta peralatan tempat ibadah lainnya. Masyarakat terdampak bencana juga masih membutuhkan bantuan untuk kembali pulih.

"Kami masih akan terus berbelanja sesuai kebutuhan warga di sini,” imbuh pria yang akrab dengan sapaan Cak Cong itu.

Koordinator Tribun Timur, Hasan Tiro, menegaskan bahwa upaya yang dilakukan Bonek ini hanya dilandasi keinginan membantu sesama yang sedang membutuhkan.

“Karena kita boleh saja berbeda dalam mendukung tim. Tapi, soal kemanusiaan, pada prinsipnya kita sama. Bonek Peduli adalah wujudnya,” ucap Hasan Tiro.

Manajer Fans Relation Persebaya, Sidik Tualeka, ikut bangga dengan aksi yang dilakukan oleh Bonek ini. Sebab, upaya dalam membantu sesama harus dilakukan tanpa memandang latar belakang suatu masyarakat.

“Kemanusiaan itu di atas segalanya, bahkan menembus batas rivalitas. Kami sudah dari awal memang menata rencana akan mengirim bantuan. Ini adalah bentuk kesadaran rekan-rekan Bonek untuk membantu, bahkan di tanah rival sekalipun,” ujar Sidik Tualeka.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukanlah kali pertama Bonek terlibat dalam aksi kemanusiaan mengirim bantuan kepada masyarakat terdampak bencana. Awal tahun ini, kegiatan yang sama dilakukan oleh Bonek di Sulawesi Barat.

Saat itu, mereka bahkan mampu mengumpulkan dana hingga lebih dari Rp360 juta untuk disumbangkan ke Sulawesi Barat. Sebelumnya, mereka mampu menghimpun sebanyak Rp250 juta untuk membantu korban gempa Lombok pada 2018.

 

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer