Sukses


Jelang Persib Vs Persija di BRI Liga 1: Bambang Pamungkas Singgung Marc Klok

Bola.com, Jakarta - Manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas menyinggung gelandang Persib Bandung, Marc Klok, dalam dua tulisannya yang tertuang di laman tim ibu kota pada sepekan belakangan.

Bambang membuat dua artikel yang tayang pada 14 November 2021 dan 17 November 2021 atau beberapa hari menjelang partai Persija Jakarta kontra Persib Bandung.

Dua tulisan itu seolah menjadi jawaban dari Persija dan Bambang khususnya untuk merespons kritikan suporternya, The Jakmania yang menganggap bahwa manajemen terlalu tertutup.

Persija akan menantang Persib dalam pekan ke-12 BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021).

Dua tulisan Bambang itu berjudul Manager Notes: 1 dan Manager Notes II yang berisikan tentang perjalanan Persija Jakarta dalam dua tahun terakhir dan perjuangan tim di masa pandemi COVID-19 plus kebijakan klub di bursa transfer.

2 dari 5 halaman

Kepentingan Klub Buat Marc Klok Dilepas

Pada artikel jilid kedua yang terbit pada Rabu (17/11/2021), Bambang bercerita mengenai penyebab tim berjulukan Macan Kemayoran itu melepas empat pemainnya setelah menjuarai Piala Menpora 2021.

Keempatnya adalah Heri Susanto, Sandi Sute, Alfath Faathier, dan Marc Klok.

"Satu dari pertimbangan mengapa kami melepaskan tiga pemain tersebut adalah, dari data yang kami miliki selama Piala Menpora, baik Heri, Sandi, dan Alfath tidak memiliki menit bermain yang signifikan," ujar Bambang.

"Partanyaan berikutnya, bagaimana dengan Marc Klok? Bukankah Klok selalu menjadi pilihan utama di Piala Menpora, dan perannya juga cukup penting. Kok dilepas? Nah ini menjadi menarik."

"Harus diakui secara jujur, bahwa atas dasar apa pun tidak pernah ada sedikit pun rencana untuk melepas Marc Klok. Namun harus juga saya tegaskan, jika pada suatu titik tertentu kepentingan atau katakanlah martabat klub harus di atas segalanya," jelas Bambang.

3 dari 5 halaman

Enggan Beberkan Penyebab Marc Klok Pergi

Pada Juni 2021, Marc Klok memutus kontraknya dengan Persija Jakarta. Sialnya, pemain berusia 28 tahun itu malah membelot ke rival Macan Kemayoran, Persib Bandung.

"Saya tidak akan menceritakan apa yang terjadi secara detail, karena seperti yang saya sampaikan pada edisi pertama, jika 'tidak semua rencana dan kebijakan klub, semua orang harus tahu'," ungkap Bambang.

"Apa yang bisa saya sampaikan di sini adalah, Persija sepakat untuk berpisah secara baik-baik dengan Marc Klok, dan perpisahan tersebut tidak meninggalkan permasalahan hukum apa pun. Kami saling menghormati dan mendoakan yang terbaik," terang Bambang.

4 dari 5 halaman

Ogah Tanggapi Tuduhan Marc Klok

Dalam wawancaranya dengan Asumsi pada Juli 2021, tidak lama setelah bergabung bersama Persib, Marc Klok menuduh bahwa Persija "tidak memenuhi janji dan melanggar komitmen" yang disinyalir menjurus ke pembayaran gaji.

"Jika kemudian yang bersangkutan menyampaikan komentar di luar dari kesepakatan di atas, maka itu menjadi tanggung jawab yang bersangkutan," papar Bambang.

"Yang harus ditekankan adalah 'tidak ada satu pun pemain Persija saat ini maupun di masa lalu yang lebih besar dari klub'. Persija tidak akan mempertaruhkan wibawa klub untuk kemudian menanggapi polemik tersebut. Titik," imbuhnya.

Kurang lebih dua hari lagi, Persija akan bereuni dengan Marc Klok, tapi bukan sebagai kawan, namun menjadi lawan.

5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Posisi Persib dan Persija di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer