Sukses


Man of The Match Partai PSM Vs PSS di BRI Liga 1: Abdul Rachman Akhiri Penantian Gol untuk Juku Eja

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dan PSS Sleman harus berbagi poin setelah bermain imbang 2-2 pada laga pekan ke-12 BRI Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Kamis (18/11/2021).

Hasil terbilang fair buat kedua tim yang sama-sama tampil agresif untuk mendapatkan kemenangan pada pertandingan ini. PSM mendapatkan golnya lewat Abdul Rachman dan Serif Hasic. Sedang gol PSS lahir berkat aksi Nemanja Kojic dan Juninho.

Dari keempat pencetak gol pada laga ini, Bola.com memilih Abdul Rachman sebagai man of the match. Proses gol pria kelahiran 30 Januari 1988 ini terbilang indah.

Pada menit ke-14, Rachman melakukan penetrasi di areh pertahanan PSS. Meski diadang oleh tiga pemain PSS, Rachman masih mampu melepaskan tendangan kaki kanan yang mengarahkan bola ke sudut kiri gawang tim Elang Jawa yang dikawal Miswar Saputra.

Bagi Rachman yang kembali memperkuat PSM setelah absen pada tiga laga terakhir karena cedera, gol itu merupakan kali pertama dilakukannya di BRI Liga 1.

Kalau ditarik lagi ke belakang, ini gol keduanya di pentas Liga 1. Sebelumnya, ia mendapatkan satu gol lainnya saat berkostum Borneo FC. Di klub asal Kota Samarinda itu, Rachman tercatat tampil dalam 72 laga di musim 2017 sampai 2020.

Selain Borneo FC, Rachman juga pernah memperkuat tiga tim asal Kalimantan yakni Persiba Balikpapan, Bontang FC dan Martapura FC.

 

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak Rachman

Rachman memulai karier profesional ketika memperkuat Bontang FC yang berkiprah di Liga Primer Indonesia pada musim 2010. Tiga tahun di klub asal Kalimantan Timur itu, ia kemudian pindah ke Persiba Balikpapan pada 2014.

Setahun kemudian, ia menerima tawaran manajemen Martapura FC. Namun, ia urung tampil setelah PSSI memutuskan menghentikan kompetisi setelah berseteru dengan Menpora saat itu, Imam Nahrawi selaku wakil pemerintah.

Pada 2016, Rachman meninggalkan Martapura untuk kembali ke Persiba yang berkiprah di Torabika Soccer Championship. Di ajang pengganti kompetisi kasta tertinggi ini, nama Rachman mencuat dan kemudian terpilih masuk dalam daftar pemain tim nasional Indonesia yang bersaing di Piala AFF 2016.

Di ajang antarnegara Asia Tenggara ini, Rachman tercatat tiga kali tampil dan membawa skuad Garuda menjadi runner-up. Berkat prestasinya itu, Borneo FC merekrutnya jelang Liga 1 2017.

Di klub milik Nabil Husein itu, Rachman bertahan sampai 2021 sebelum pindah ke PSM Makassar jelang Piala Menpora 2021. Ia pun berhasil menbawa Juku Eja menembus semifinal turnamen pra musim itu.

3 dari 3 halaman

Di Mana Posisi PSM Makassar Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer