Sukses


Duel Pelatih Persebaya Vs Persita di BRI Liga 1: Adu Taktik Mantan Rekan di Timnas Indonesia

Bola.com, Sleman - Pertarungan menarik bakal tersaji dalam pekan ke-13 BRI Liga 1 2021/2022. Persebaya Surabaya dijadwalkan bersua dengan Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/2021) malam.

Pertemuan di BRI Liga 1 ini bakal menjadi ajang adu taktik masing-masing pelatih. Aji Santoso bersama Persebaya, sedang Widodo Cahyono Putro menangani Persita. Menariknya, dua sosok ini merupakan rekan lama.

Aji dan Widodo merupakan pelatih yang sebaya, sama-sama berusia 51 tahun. Keduanya juga mulai masuk Timnas Indonesia sejak era 1990-an.

Jangan lupa, mereka adalah bagian integral Timnas Indonesia saat menjuarai SEA Games 1991. Saat itu, Widodo merupakan strikernya, sedangkan Aji berposisi sebagai bek kiri.

Aji Santoso, pelatih baru Persebaya Surabaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Sebagai pelatih, rekam jejak mereka agak berbeda. Aji Santoso dianggap sebagai legenda Persebaya. Dia bergabung dengan status bek kiri terbaik Indonesia saat itu. Aji ditunjuk sebagai kapten Persebaya saat tim ditangani oleh pelatih Sasho Kostov asal Bulgaria di Liga Indonesia 1995/1996.

Musim berikutnya di Liga Indonesia 1996/1997, Aji masih menjadi kapten tim di bawah arahan pelatih Rusdy Bahalwan. Bajul Ijo sukses menjuarai kompetisi ini menjadi prestasi pertama mereka sejak Perserikatan dan Galatama digabung pada 1994.

Jangan lupakan juga torehannya bersama Persebaya saat telah menjadi pelatih. Aji Santoso menyumbang trofi Piala Gubernur Jatim 2020 usai menundukkan Persija Jakarta di partai final. Catatan itu cukup membuktikan bahwa Aji adalah sosok yang sulit dilupakan jasanya untuk Persebaya.

"Saya paham ya Persebaya adalah tim kuat dan ada Coach Aji, yang notabene cara bermain cukup impresif, apalagi di bagian lini serangnya,” ungkap Widodo dalam jumpa pers jelang laga, Selasa (23/11/2021).

Persebaya sendiri termasuk tim yang sedang on fire. Mereka tercatat telah melewati enam pertandingan terakhir tak terkalahkan. Pada pekan ke-12 BRI Liga 1, Arif Satria dkk. menang tipis 1-0 atas Madura United dalam Derbi Suramadu (19/11/2021).

 

2 dari 4 halaman

Saling Lontar Pujian

Persita di bawah arahan Widodo sebenarnya termasuk tim yang mampu menjaga posisi di klasemen BRI Liga 1, meski berstatus promosi. Mereka kini menduduki peringkat kedelapan klasemen sementara dengan raihan 19 angka dari 12 pertandingan.

Itu hanya berjarak satu poin saja dengan Persebaya. Tim Bajul Ijo menduduki posisi keenam dengan mengemas 20 poin dari jumlah pertandingan yang sama. Makanya, duel ini diprediksi bakal berlangsung ketat.

Makanya, Aji Santoso, berbalik memuji kinerja Widodo bersama Persita. Menurutnya, Widodo berhasil membuat Pendekar Cisadane menemukan konsistensinya.

Terbaru, Persita secara mengejutkan mampu menekuk Bhayangkara, FC sang pemuncak klasemen, pada pekan lalu (18/11/2021). Pendekar Cisadane unggul dengan skor 2-1. Pekan sebelumnya, mereka juga menang dengan skor identik atas Madura United (6/11/2021).

“Saya kira selama putaran pertama ini, Persita di bawah asuhan Coach Widodo Cahyono Putro, sangat bagus dan impresif. Bahkan, dalam beberapa pertandingan terakhir selalu menang,” kata Aji Santoso, dalam jumpa pers jelang laga, Selasa (23/11/2021).

Keberhasilan Persita menjadi tim yang konsisten bersaing di BRI Liga 1 tentu tidak lepas dari sosok Widodo. Pelatih satu ini secara perlahan membuat Persita yang berstatus sebagai tim promosi mampu menunjukkan taring di kasta tertinggi.

“Mereka mencetak gol pada menit-menit akhir. Tentunya, ini akan kami waspadai. Penampilan Persita memang cukup bagus. Mereka terbukti tajam dengan beberapa pertandingan terakhir tetap menang,” ujar Aji.

“Yang jelas, Persita tampil cukup impresif dan bagus. Itu yang akan kami antisipasi dan sampaikan kepada seluruh pemain. Tapi, saya tidak bisa menyampaikan di tempat umum, bagaimana taktik saya untuk menghentikan Persita,” tuturnya.

Dari segi prestasi semasa bermain, Widodo bisa dibilang tidak kalah. Dia dua kali mempersembahkan gelar Divisi Utama, bahkan dua musim beruntun. Masing-masing untuk Persija Jakarta (2001) dan Petrokimia Putra (2002).

Tapi, Widodo belum pernah belum memiliki trofi yang dibukukannya saat menangani tim kasta tertinggi. Bahkan, Persita yang dibawanya promosi dari Liga 2 2019 ke Liga 1 berstatus sebagai tim peringkat ketiga.

Satu-satunya prestasi yang membanggakan buatnya adalah saat hampir membawa Bali United menjuarai Liga 1 2017. Kala itu, Serdadu Tridatu dan Widodo terpaksa harus puas dengan runner-up akibat keputusan “kontroversial” operator kompetisi yang membuat Bhayangkara FC menjadi kampiun.

Dengan pengalaman panjang dan perkenalan mereka, bukan hal yang aneh bila kedua pelatih ini akan saling memuji menjelang duel ini. Lantas, siapakah yang akan mampu membawa timnya menang di laga ini? Aji atau Widodo?

3 dari 4 halaman

Jadwal Persebaya vs Persita

Persebaya Surabaya vs Persita Tangerang

Stadion: Maguwoharjo, Sleman

Rabu, 24 November 2021

Kick-off: 18.00 WIB

Live: Indosiar

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya dan Persita di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer