Sukses


BRI Liga 1: Duel Pelatih Madura United Vs Persib, Robert Alberts Unggul Pengalaman

Bola.com, Bandung - Duel seru bakal tersaji pada pekan ke 15 BRI Liga 1 2021/2022 mempertemukan Persib Bandung melawan Madura United. Laga kedua tim digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021).

Pertandingan kedua tim diprediksi bakal berlangsung sengit dan menarik. Kedua tim berambisi memetik tiga poin demi memperbaiki peringkat di tabel klasemen BRI Liga 1.

Saat ini, Skuad Maung Bandung berada di posisi ketiga klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 28 poin dari 14 pertandingan. Sedangkan, Madura di urutan ke 11 dengan 17 poin.

Laga kali ini juga menjadi pertarungan taktik dua pelatih asing sarat pengalaman. Robert Rene Alberts di kubu Persib akan berhadapan dengan Fabio Lefundes di Madura United.

Pertemuan kedua pelatih ini adalah kali pertama di kompetisi tanah air. Mengingat, Fabio Lefundes merupakan wajah baru di sepak bola Indonesia.

 

2 dari 4 halaman

Fabio Lefundes

Pelatih asal Rio de Janeiro, Brasil ini resmi menukangi Madura United jelang seri ketiga. Fabio Lefundes menggantikan posisi Rahmad Darmawan yang mengundurkan diri karena gagal mengangkat prestasi tim.

Bagi Lefundes, ini menjadi pengalaman pertama ditunjuk sebagai pelatih utama. Dia sebelumnya lebih banyak bertugas sebagai pelatih fisik dan asisten pelatih.

Sebelum berlabuh ke Madura, Lefundes sempat menjadi asisten pelatih klub Liga Brasil, Botagofo. Pria berusia 49 tahun ini juga pernah bertugas sebagai pelatih fisik di kasta tertinggi Liga Korea Selatan bersama Jeonbuk Hyundai.

Selama jadi nahkoda Madura, Lefundes sudah mencatatkan tiga pertandingan. Dari tiga laga tersebut, Madura meraih dua kemenangan dan satu kali kekalahan.

Dua hasil positif diraih saat menghadapi Persik Kediri (2-0) dan Barito Putera (3-0). Sedangkan, kekalahan diderita Madura saat berjumpa Persebaya Surabaya dengan skor tipis 0-1.

 

3 dari 4 halaman

Robert Alberts

Pelatih asal Belanda ini sudah kenyang dengan sepakbola Indonesia. Robert pertama kali berkarir di Indonesia ketika menjadi juru taktik Arema Indonesia musim 2009-2010.

Pada musim pertamanya, Robert sukses membawa Singo Edan meraih gelar juara Liga Indonesia 2010. Torehan tersebut membuat namanya langsung melesat.

Pelatih berusia 67 tahun ini kemudian berlabuh ke PSM Makassar 2010. Namun, Robert hanya bertahan setengah musim karena kisruh sepakbola Indonesia.

Robert kembali menukangi PSM pada musim 2016 hingga 2019. Di bawah tangan dingin Robert Alberts, PSM mampu bertengger di papan atas klasemen.

Hingga akhirnya Robert memutuskan untuk berlabuh ke Persib Bandung. Dia menjadi pelatih utama Persib menggantikan posisi Miljan Radovic.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer