Sukses


Rifal Lastori, Pemain Spesialis Pengantar Promosi Klub ke Liga 1

Bola.com, Jakarta - RANS Cilegon FC berhasil promosi ke Liga 1. Ini adalah kali pertama klub tersebut bisa berlaga di kasta tertinggi kompetisi sepak bola nasional.

Tim asuhan Rahmad Darmawan itu berhasil mengalahkan PSIM Yogyakarta di babak semifinal. Dalam laga yang berlangsung, Senin (27/12) malam WIB lalu itu, RANS menang dengan skor telak 3-0 atas PSIM.

Di laga itu tiga gol RANS Cilegon FC dicetak oleh Bima Ragil dari titik penalti. Kemudian ada dua gol lagi yang dicetak oleh Alfin Tuasalamony dan Christian Gonzalez.

Namun, tokoh sentral keberhasilan RANS promosi ke BRI Liga 1 bukanlah tiga sosok di atas. Melainkan winger cepat mereka, Rifal Lastori.

Ini adalah kali ketiga Lastori mampu membawa tim yang ia perkuat promosi dari Liga 2 ke Liga 1. Sebelumnya, pemain yang kini berusia 24 tahun itu pernah juga jadi pilar penting keberhasilan PSIS Semarang promosi di tahun 2017. Juga PSS Sleman pada tahun 2018.

Keberhasilan tiga kali membawa tim yang ia perkuat promosi ke kasta tertinggi itu jadi rekor tersendiri bagi Rifal Lastori. Sejauh ini, ia jadi satu-satunya pemain Indonesia yang melakukan hal serupa.

2 dari 3 halaman

Belum Terbukti di Liga 1

Penampilan apik Rifal selama bermain di kasta kedua membuat klub Liga 1 kepincut merekrutnya. Borneo FC mendapatkan tanda tangan pemain asal Halmahera Utara itu pada tahun 2019 yang lalu.

Namun di Borneo, Rifal belum bisa membuktikan kualitas sebenarnya yang ia miliki. Di klub berjuluk Pesut Etam itu, Rifal mendapatkan kesempatan bertanding sebanyak 29 kali.

Kendati demikian, Rifal hanya mampu mencetak dua gol dan dua assist dari 29 laga itu. Ia juga kalah bersaing dengan winger-winger lain yang dimiliki Borneo saat itu.

Kini setelah berhasil mengantarkan RANS Cilegon FC, akan menarik untuk melihat kemana pemain satu ini akan melanjutkan kariernya. Apakah tetap bertahan di RANS dan bermain di BRI Liga 1.

Atau pindah kembali ke klub Liga 2 yang lain dan menambah panjang rekor positifnya. Mengantarkan klub dari Liga 2 promosi ke kasta tertinggi kompetisi sepak bola Tanah Air.

3 dari 3 halaman

Favorit

Sejak sebelum bergulirnya Liga 2 2021, ada beberapa tim yang difavoritkan untuk promosi. Selain Persis Solo dan Dewa United, serta PSIM Yogyakarta, RANS Cilegon FC termasuk salah satu tim yang jadi favorit.

Alasannya jelas, tim yang dimiliki selebritis Raffi Ahmad ini punya kekuatan finansial yang bagus. Materi pemain mereka juga sebenarnya layak untuk berkompetisi di ajang BRI Liga 1.

Penambahan pemain dan pelatih baru jelang babak delapan besar Liga 2 musim ini juga terbukti jitu. Kedatangan pelatih baru dalam diri Rahmad Darmawan beserta beberapa pemain seperti Hamdan Zamzani, Kito Chandra, dan Alfin Tuasalamony mampu memberikan kontribusi apik bagi tim yang identik dengan warna ungu itu.

Video Populer

Foto Populer