Sukses


Skuad Persis Mulai Berpencar usai Juarai Liga 2 2021, Bagaimana Nasib Pelatih Eko Purdjianto?

Bola.com, Solo - Persis Solo berhasil menjadi juara kompetisi Liga 2 musim 2021. Tim berjulukan Laskar Sambernyawa sukses mengandaskan perlawanan RANS Cilegon FC 2-1 dalam partai final di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (30/12/2021) malam WIB.

Dua gol penyerang Persis Solo Irfan Bachdim dan satu balasan dari Alvin Tuasalamony dari RANS Cilegon FC, sudah cukup memastikan tim kebanggaan Wong Solo berpesta sebagai tim terbaik di kasta kedua tahun ini.

Setelah memastikan gelar juara Liga 2, sejumlah pilar Persis dikaitkan akan berlabuh ke tim lain. Terutama para kontestan BRI Liga 1 musim ini. Kebetulan, transfer window kompetisi kasta tertinggi tersebut masih dibuka setelah berakhirnya Liga 2.

Sejauh ini, baru dua pemain Persis yang dipastikan hengkang. Yakni Fary Komul dan Assanur Rijal Torres yang resmi dipinjamkan ke Persiraja Banda Aceh. Torres bahkan sudah dikenalkan ke publik Tanah rencong, melalui akun Instagram resmi ofisial Persiraja.

Sedangkan nama lain yang ikut dikaitkan dengan Persiraja, yakni Asep Budi, Miftahul Hamdi, Ganjar Mukti, hingga Muhammad Kanu Helmiawan.

“Ya baru dua (pemain) yang ke sana (Persiraja),” ujar Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, Senin (1/1/2022).

 

 

2 dari 3 halaman

Langkah Sang Nahkoda

Selain nama-nama di atas, beberapa penggawa lainnya dikabarkan bakal hengkang dalam waktu dekat. Bahkan sinyal tersebut datang langsung dari pelatih Persis Eko Purdjianto.

Namun pelatih asal Semarang tersebut masih enggan buka suara, terkait siapa saja yang diisukan bergabung klub lain. Pelatih Persis, Eko Purdjianto mengakui sejumlah pemainnya memang dipinjamnkan ke kontestan Liga 1 untuk putaran kedua.

“Itu hak pemain ke depannya mau kemana. Khususnya untuk meningkatkan level mereka. Ada yang akan kami pinjamkan ke klub Liga 1. Soal kontrak pemain yang belum habis, nanti manajemen yang akan membahas dan berhak memutuskan,” terang Eko.

Sebelumnya, muncul kabar M. Abduh Lestaluhu akab merapat ke PSS Sleman pada seri keempat BRI Liga 1, yang akan diputar di Bali. Termasuk Sandi Sute dan Fabiano Beltrame yang diminati Arema FC. Rumor lainnya, Ferdinand Sinaga akan kembali ke klub lamanya PSM Makassar. Sedangkan Alfath Fathier dikaitkan dengan Arema FC dan Barito Putera.

“Soal itu, tunggu nanti saja. Biar manajemen Persis yang buat rilis resmi. Saat ini kami nikmati euforia juara dulu. Beberapa pemain kontraknya akan habis. Tapi ada juga yang kontraknya masih dua sampai tiga tahun lagi. Jadi kami pelajari dulu,” lanjut dia.

Sementara itu saat ditanya masa depannya di Persis, Eko belum bisa memastikan. Eko Purdjianto sempat diminta untuk mundur dari jabatannya saat Persis menelan kekalahan dari rival abadi PSIM Yogyakarta di babak penyisihan grup.

Eks asisten pelatih Bali United tersebut bertahan hingga Persis memastikan juara grup di fase penyisihan. Posisinya tetap menjadi pelatih kepala dipertahankan manajemen Persis, meski masuk nama pelatih kondang Jacksen F. Tiago sebagai manajer tim.

“Soal karir saya, lihat ke depan saja. Yang pasti saya bersyukur atas pencapaian ini. Karena ini yang pertama buat saya. Jadi pelatih langsung juara,” jrlas Eko Purdjianto.

3 dari 3 halaman

Musim Istimewa

Klub pujaan Pasoepati dan Surakartans mengarungi Liga 2 musim 2021 dengan sangat istimewa. Persis berhasil menyegel satu tiket untuk tampil di kasta tertinggi tahun depan, sekaligus menjadi penantian panjang selama 14 tahun terakhir.

Kemudian Persis menahbiskan diri sebagai raja Liga 2021 dengan trofi juara, setelah menggasak RANS Cilegon FC di final dengan skor 2-1. Irfan Bahcdim menjadi bintang kemenangan Persis dengan memborong dua gol ke gawang lawan.

Prestasi untuk Persis disusul oleh penyerang andalannya, Alberto Goncalves yang menyabet pencetak gol terbanyak di Liga 2 musim ini. Beto total mengoleksi 11 gol dan satu assist dari 13 pertandingan yang ia lakoni bersama Laskar Sambernyawa.

Video Populer

Foto Populer