Sukses


Presiden Persija Jelaskan Status Bek Timnas Indonesia Setelah Tidak Masuk Daftar Skuad Macan Kemayoran di Seri 4 BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Nihil nama Ryuji Utomo dalam daftar pemain Persija Jakarta untuk seri keempat BRI Liga 1 2021/2022 di Bali. Padahal, bek Timnas Indonesia itu telah dipastikan kembali ke tim ibu kota.

Dalam setiap kesempatan, manajemen berulang kali memastikan bahwa Ryuji akan kembali ke tim berjulukan Macan Kemayoran ini untuk putaran kedua BRI Liga 1.

Persija Jakarta mengumumkan membawa 26 pemain untuk seri keempat BRI Liga 1. Macan Kemayoran memasukkan enam wajah baru, namun tidak menyertakan Ryuji.

Keenam pemain gres Persija Jakarta itu ialah Ichsan Kurniawan, Samuel Christianson, Ahmad Bustomi, Makan Konate, Ikhwan Ciptady, dan Irfan Jauhari.

Ryuji menghabiskan musim 2021 bersama klub Malaysia, Penang FC, sebagai pemain pinjaman. Bek berusia 26 tahun itu juga baru pulang ke Tanah Air pasca-membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

2 dari 4 halaman

Masih Jalani Karantina

Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca, mengungkapkan Ryuji masih menjalani karantina dan harus melakukan pemeriksaan kesehatan.

Jika dihitung sejak Timnas Indonesia tiba di Tanah Air pada 2 Januari 2022, masa karantina Ryuji baru akan tuntas pada 12 Januari 2022.

"Kami masih menunggu proses karantina Ryuji karena tim dokter harus melakukan tes medis lebih dulu," kata Prapanca kepada Bola.com, Selasa (4/1/2022).

Setelah melalui sejumlah tahapan itu, Ryuji berpeluang menyusul Persija ke Bali. "Tentunya," imbuh pria yang karib dipanggil Panca itu.

Namun, Panca belum dapat menjamin Ryuji akan menjadi bagian dari Persija di putaran kedua dan tidak dipinjamkan kembali ke klub lain.

"Saya belum bisa memastikan karena belum bertemu," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Semusim Dipinjamkan ke Penang FC

Ryuji menghabiskan musim 2021 sebagai pemain pinjaman di klub Malaysia, Penang FC. Pemain berusia 26 tahun ini mampu menjadi pilar di sana dengan membukukan 15 penampilan dari 22 partai.

Namun, mantan bek Arema FC itu sempat beberapa kali absen membela Penang FC di Liga Super Malaysia karena mengalami cedera.

Pada akhir November 2021, Ferry Paulus selaku Direktur Persija menyatakan bahwa Ryuji sudah pasti kembali ke Persija Jakarta pasca-kontrak peminjamannya dengan Penang FC tuntas.

"Masa peminjaman Ryuji di Penang FC habis pada 29 November 2021. Jadi, dia pasti kembali ke Persija," terang Ferry Paulus pada 28 November 2021.

"Jika masa peminjaman Ryuji mau diperpanjang atau dipinjamkan ke klub lain, pasti harus ada persetujuan dari kami. Sampai sekarang, saya berani memastikan bahwa Persija akan menggunakan Ryuji. Pasti tidak akan dipinjamkan lagi," paparnya.

4 dari 4 halaman

Skuad Persija untuk Seri Keempat BRI Liga 1

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Adixi Lenzivio, Yoewanto Setya Beny

Bek: Marco Motta, Ilham Rio, Ismed Sofyan, Otavio Dutra, Maman Abdurrahman, Muhammad Ferarri, Ikhwan Ciptady, Samuel Christianson, Novri Setiawan

Gelandang: Ahmad Bustomi, Adrianus Dwiki, Ichsan Kurniawan, Tony Sucipto, Rohit Chand, Makan Konate, Braif Fatari, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay

Penyerang: Marko Simic, Taufik Hidayat, Alfriyanto Nico, Irfan Jauhari

Video Populer

Foto Populer