Sukses


Duel Antarlini PSM Vs Madura United di BRI Liga 1: Momentum Kebangkitan Bersama Pemain Anyar

Bola.com, Denpasar - PSM Makassar dan Madura United sama-sama memburu kemenangan saat bersua pada laga pekan ke-18 BRI Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Sabtu (8/1/2022) sore WIB.

Saat ini, Skuad Juku Eja berada di peringkat ke-12 dengan nilai 20. Mereka hanya tertinggal satu poin dari Laskar Sape Kerrab di peringkat ke-10 klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini.

Demi mewujudkan target tiga poin, kedua tim sudah melakukan pembenahan, termasuk mendatangkan pemain baru. Di kubu PSM Makassar, manajemen tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu, baru saja memperkenalkan 11 pemain anyar.

Dari ke-11 pemain itu, ada dua nama yang sudah malang melintang di kompetisi Indonesia yakni Ferdinand Sinaga dan Aditya Putera Dewa. Selain pemain, Tim Juku Eja juga mendatangkan pelatih berpaspor Belanda, Joop Gall, untuk menggantikan peran Milimor Seslija.

Di sisi lain, Madura United yang kini ditangani pelatih asal Brasil, Fabio Lefundes, menambah ketajaman lini depannya dengan menghadirkan Greg Nwokolo, Renan Silva, dan Alberto Goncalves.

Nama terakhir baru saja membawa Persis Solo meraih trofi juara Liga 2 2021. Di Madura United, striker naturalisasi itu akan mengenakan jersey dengan nomor punggung 10.

Kehadiran sejumlah wajah baru membuat kedua tim lebih optimistis menghadapi persaingan ketat pada putaran pertama BRI Liga 1. Seperti dikatakan CEO PSM, Munafri Arifuddin, pada awak media di Makassar.

"Target PSM musim ini tetap yakni bertahan di papan atas. Begitu pun di AFC Cup. Saya berharap PSM minimal mengulang sukses menembus semifinal zona ASEAN pada 2019 silam," tegas Munafri.

Jadi, menarik untuk ditunggu racikan Joop Gall dan Fabio Lefundes. Apakah keduanya langsung tancap gas dengan memainkan pemain anyarnya di formasi starter atau tidak?

Bola.com mencoba mengulas kekuatan antarlini PSM Makassar dan Madura United berdasarkan kemungkinan itu. Berikut ulasannya.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Kiper

Hilman Syah tetap menjadi pilihan nomor satu di bawah mistar gawang PSM Makassar. Di BRI Liga 1, pria kelahiran Jeneponto itu sudah tampil 12 kali dengan catatan dua clean sheet, yakni pada laga kontra Persita Tangerang dan Persikabo 1973.

Pada duel nanti, Hilman Syah akan beradu kemampuan dengan Muhammad Ridho, kiper nomor satu Madura United. Kelebihan kedua kiper ini adalah refleks yang baik saat meredam peluang pemain lawan.

Hilman Syah dan Muhammad Ridho juga menghadirkan ketenangan di lini belakang dengan aksi memotong umpan silang lawan dari sisi sayap. Keduanya pun bisa jadi 'pemulai serangan' dari kotak penalti masing-masing.

3 dari 6 halaman

2. Belakang

Dua rekrutan anyar PSM, Ganjar Mukti dan Aditya Putera Dewa berpeluang mendapatkan menit bermain pada laga nanti. Ganjar akan bersaing dengan Hasim Kipuw, Erwin Gutawa dan Serif Hasif di posisi bek tengah.

Adapun Dewa mengintip posisi Abdul Rachman di sektor bek sayap kiri. Di kubu Madura United, Fandry Imbiri yang pada putaran pertama berkostum PSS Sleman berpeluang tampil sebagai starter mendampingi stoper asal Brasil, Jaimerson.

Secara umum, kekuatan kedua tim di lini belakang nyaris berimbang. Pengalaman dan kekuatan mental pemain saat menghadapi serangan tim lawan bisa jadi penentu hasil akhir pertandingan.

4 dari 6 halaman

3. Tengah

Kondisi kapten PSM, Wiljan Pluim, belum sepenuhnya pulih, sehingga masih diragukan bisa tampil pada duel nanti. Dalam situasi seperti ini, rekan senegaranya, Anco Jansen berpeluang menggantikannya sebagai gelandang serang.

Bila Jansen melempem, ada dua pemain yang bisa jadi opsi yakni Rasyid Bakrie dan Delvin Rumbino. Nama terakhir baru direkrut jelang putaran kedua. Satu nama lainnya, M, Arfan bakal jadi gelandang jangkar karena Sutanto Tan dipastikan absen karena sanksi kartu merah.

Kalau Pluim tak bisa tampil, Madura berpeluang mendominasi lini tengah karena memiliki gelandang kreatif pada diri Hugo 'Jaja' Games dan Slamet Nurcahyo. Sementara itu, Asep Berlian kembali bermain sebagai gelandang petarung di lini tengah.

5 dari 6 halaman

4. Depan

Kehadiran Greg Nwokolo, Renan Silva, dan Alberto Goncalves membuat lini depan Madura United bakal menggila. Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, bisa saja memainkan ketiganya sejak awal pada laga nanti.

Kini tinggal menunggu kesiapan fisik Greg Nwokolo yang tak tampil pada laga kompetitif sejak September 2020. Adapun PSM bertumpuh pada Ferdinand Sinaga yang ditopang Anco Jansen dari lini kedua.

Di lini serang, PSM masih memiliki opsi pada diri Marinus Wanewar. Sementara itu, dua penyerang sayap Juku Eja, Yacob Sayuri dan Ilham Udin Armaiyn bisa jadi alternatif pencetak gol buat timnya seperti yang pernah tunjukkan pada putaran pertama.

6 dari 6 halaman

Yuk Tengok Posisi PSM dan Madura United:

Video Populer

Foto Populer