Sukses


Prediksi Pertandingan BRI Liga 1, Persikabo 1973 Vs Persebaya: Sama-sama Punya Modal Positif dan Misi Balas Dendam

Bola.com, Jakarta - Persikabo 1973 bakal bersua dengan Persebaya dalam mengawali kiprah di putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Kedua tim berhadapan dalam pekan ke-18 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (10/1/2022).

Kebetulan, baik Persikabo maupun Persebaya memiliki modal positif untuk melakoni laga ini. Kedua tim sama-sama melakoni laga tunda pekan ke-17 yang dilakukan pada Rabu (5/1/2022) lalu.

Persikabo mampu menahan imbang Arema FC dengan skor 0-0. Hasil ini tentu memuaskan mengingat Singo Edan adalah tim papan atas di klasemen sementara saat ini.

Sedangkan Persebaya malah lebih baik dengan memetik kemenangan 3-1 atas Bali United. Jangan lupakan status Serdadu Tridatu sebagai juara bertahan Liga 1. Seri keempat yang digelar di Pulau Dewata seharusnya jadi keuntungan buat Bali United.

Pelatih Persikabo, Liestiadi, telah melakukan persiapan matang untuk memetik poin penuh dalam pertandingan ini. Dia bahkan sudah melakukan pengamatan terhadap hasil kemenangan Persebaya atas Bali United.

"Saya sudah evaluasi gol-gol yang tercipta dari Persebaya, kemudian identifikasi gaya bermain Persebaya yang terakhir menang melawan Bali United. Kami sudah menyiapkan segalanya," ucapnya, Minggu (9/1/2022).

 

 

2 dari 5 halaman

Persikabo Usung Misi Balas Dendam

Liestiadi menegaskan bahwa Persikabo mengusung misi balas dendam menghadapi Persebaya. Sebab, Persikabo terpaksa kalah 1-3 dalam pertemuan putaran pertama lalu (11/9/2021). Kali ini, dia tidak ingin kehilangan poin lagi.

"Saya sampaikan kepada pemain, ini rumah kami. Jangan sampai orang datang dan mengambil barang kami. Barang kami adalah poin. Jadi, kami menargetkan mengamankan tiga poin. Bermain spartan, jaga harga diri, dan balas kekalahan di putaran pertama lalu,” imbuhnya.

Persikabo sendiri banyak melakukan perubahan positif dalam menatap putaran kedua. Kehadiran Aleksandar Rakic yang baru direkrut diharapkan bisa mengembalikan ketajaman tim berjulukan Laskar Pajajaran itu.

Saat ini, Persikabo masih menduduki peringkat ke-13 di klasemen sementara dengan 19 poin. Perlahan mereka mampu bangkit. Ini tidak lepas dari peran Liestiadi yang mulai menangani Persikabo sejak 25 November 2021.

Pelatih berusia 53 tahun itu sudah menemani Persikabo dalam empat pertandingan. Hasilnya cukup apik dengan dua kemenangan, satu seri, dan satu kalah.

Dua kemenangan itu bahkan diraih dengan skor mencolok, yakni 4-2 atas Persela Lamongan dan 5-0 atas Persiraja Banda Aceh.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Persebaya Ogah Pandang Sebelah Mata

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengakui bahwa Persikabo kini telah banyak melakukan perubahan positif. Dia tidak ingin memandang sebelah mata tim asal Bogor itu yang selama ini kerap menghuni papan bawah.

“Saya melihat ketika pertandingan melawan Arema, Persikabo cukup bagus dan mendominasi permainan. Tentunya ini dampak pergantian pelatih memunculkan satu gaya permainan dari sebelumnya. Tetapi, kami tetap optimis untuk bisa meraih kemenangan,” ucapnya.

Tapi, Persebaya sendiri termasuk tim yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Saat menang 3-1 atas Bali United, mereka terpaksa bertanding tanpa enam pemain inti sekaligus. Mereka terbukti tetap menang dengan pemain pelapis.

Empat di antaranya belum pulang dari Timnas Indonesia, yakni Ernando Ari, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Ricky Kambuaya.

Lalu, bek Alie Sesay seharusnya membela Timnas Sierra Leone yang akan tampil di Piala Afrika 2021. Sedangkan striker Jose Wilkson seharusnya bisa diturunkan, tapi dia terlanjur dipinjamkan ke Persela Lamongan.

Kecuali Ricky Kambuaya, tiga nama lainnya sudah kembali ke Persebaya dan siap tempur. Kabar Alie Sesay belum diketahui, lalu Jose Wilkson tentu tidak berlaga bersama Bajul Ijo. Ricky Kambuaya pun izin pulang kampung.

Lantas, bagaimana peluang tiga pemain Timnas Indonesia itu saat menghadapi Persikabo nanti?

"Ada yang (main) sejak awal, tapi ada juga yang masih di bangku cadangan. Saya melihat situasi dan kondisi karena beberapa hari setelah Piala AFF 2020, mereka tidak bisa latihan di hotel karantina,” ungkap Aji.

"Ricky Kambuaya saya izinkan pulang karena dia mendapat penghargaan dari pemerintah setempat. Nanti tanggal 10 (Januari), dia kembali ke sini (Bali),” imbuh pelatih berusia 51 tahun itu.

Sosok Arsenio Valpoort sebagai striker asing baru bakal mencuri perhatian di laga ini. Namun, Aji tidak memberi jaminan pemain asal Belanda itu akan melakoni laga debutnya kontra Persikabo.

 

 

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persikabo (4-3-3): Diky Indriyana (kiper); Gilang Ginarsa, Andy Setyo, Veniamin Shumeyko, Firza Andika (belakang); Didik Wahyu, Roni Sugeng, Sergey Pushnyakov (tengah); Ciro Alves, Aleksandar Rakic, Dimas Drajad (depan).

Pelatih: Liestiadi.

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Arif Satria, Rizky Ridho, Reva Adi Utama (belakang); Rachmat Irianto, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan).

Pelatih: Aji Santoso.

5 dari 5 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer