Sukses


Riko Simanjuntak Salah Pakai Jersey Versus Persipura, Persija Terancam Denda di BRI Liga 1

Bola.com, Gianyar - Persija Jakarta terancam denda dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI karena Riko Simanjuntak salah menggunakan jersey. Insiden itu terjadi saat Riko bermain dalam duel pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/2022 melawan Persipura Jayapura, Selasa (12/1/2022).

Kejadian menggelitik itu bermula saat Riko Simanjuntak yang seharusnya menggunakan nomor punggung 25, malah menggunakan nomor punggung 31 selepas turun minum. Nomor tersebut seharusnya milik rekrutan anyar Persija Jakarta,Samuel Christianson Simanjuntak.

Sekilas tak ada yang berbeda karena kedua jersey tersebut sama-sama menggunakan nama Simanjuntak. Namun, perbedaan mencolok terdapat pada nomor punggungnya.

Kejadian itu berlangsung selama hampir tiga menit. Ofisial Persija yang mengetahui kejadian itu langsung membantu Riko mengganti jersey.

Kejadian ini membuat Persija Jakarta terancam denda karena melanggar pasar 44 ayat 3 regulasi Liga 1 2021. Persija terancam denda sebesar Rp10 juta.

Insiden jersey tertukar bukan yang pertama terjadi di BRI Liga 1 2021/2022. Sebelum Riko Simanjuntak, kiper PSIS Semarang, Jandia Eka Putra juga pernah menggunakan jersey kiper cadangan yakni Joko Ribowo pada 22 November 2021.

2 dari 4 halaman

Menelan Kekalahan

Persija Jakarta harus mengalami kekelahan pada laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/2022. Persija dipaksa menyerah dengan skor 1-2 dari Persipura Jayapura.

Pada laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta itu, Persipura Jayapura berhasil unggul dua gol lebih dulu melalui aksi Yohanes Pahabol (25') dan Yevhen Bokhashvili (45'). Keunggulan bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua laga, petaka menimpa Persija setelah Adrianus Purnomo mendapatkan kartu merah pada menit ke-66. Unggul jumlah pemain gagal dimaksimalkan Persipura untuk menambah gol.

Justru Persija yang berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-90+4 melalui Makan Konate. Hingga laga usai tidak ada gol tambahan.

3 dari 4 halaman

Siap Tanggung Jawab

Pelatih Persija, Angelo Alessio, mengaku siap bertanggung jawab dengan kekalahan timnya. Angelo Alessio meminta, semua pemain untuk berusaha lebih keras lagi di lapangan.

"Tentu, saya orang yang paling bertanggung jawab dari kekalahan ini," kata Alessio dalam konferensi pers setelah bertanding.

"Namun, setiap pemain juga harus memberikan yang lebih di atas lapangan. Sebab pada akhirnya, ini adalah tanggung jawab kami semua," jelas Alessio.

4 dari 4 halaman

Simak Posisi Persija Jakarta di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer