Sukses


4 Fakta Arsenio Valpoort Striker Persebaya, dari Timnas Belanda U-20 hingga Setim dengan Hakim Ziyech

Bola.com, Jakarta - Arsenio Valpoort menjadi nama baru yang ikut meramaikan kompetisi BRi Liga 1 2021/2022. Pemain berpaspor Belanda itu bergabung dengan Persebaya Surabaya untuk putaran kedua.

Arsenio Valpoort merupakan striker yang baru didatangkan untuk putaran kedua kompetisi kasta teratas Indonesia musim ini. Dia masih memerlukan adaptasi karena ini merupakan musim debutnya di Indonesia.

Pemain berusia 29 tahun itu tercatat sudah menjalani debut bersama Persebaya saat menang 3-2 atas Persikabo 1973 pada pekan lalu, Senin (10/1/2022). Mantan pemain Timnas Belanda U-20 itu memulai laga dari bangku cadangan.

Arsenio Valpoort hanya tampil selama 23 menit dengan menggantikan Samsul Arif di menit ke-66 dalam duel tersebut. Tidak ada gol yang disumbangnya, meski dia diharapkan bisa nyetel dengan permainan tim. 

Valpoort hanya mampu membukukan satu peluang tembakan di laga ini. Itu terjadi saat melepas tembakan pertamanya dengan meneruskan umpam terobosan yang dikirim oleh Taisei Marukawa di menit ke-90. Sayang, sepakannya diblok.

Kini, dia memiliki kans untuk tampil sejak menit pertama saat Persebaya berjumpa dengan PSM Makassar di pekan ke-19. Gol-golnya sangat dinantikan dalam duel yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (14/1/2022).

Sebagai nama baru di Persebaya Surabaya, Arsenio Valpoort rupanya memiliki beberapa catatan menarik dalam rekam jejaknya. Bola.com telah mengumpulkan empat fakta menarik mengenai pemain berdarah Suriname ini, simak ulasannya berikut ini:

 

2 dari 7 halaman

Meramaikan Pemain Asing Asal Belanda

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Persebaya (@officialpersebaya)

Keberadaan beberapa pemain asing asal Belanda cukup memengaruhi minat Arsenio Valpoort untuk mencoba berkarier di Indonesia. Saat ini, terdapat empat pemain rekan kompatriotnya di putaran kedua BRI Liga 1.

Mereka adalah Nick Kuipers (Persib Bandung), Melvin Platje (Bhayangkara FC), serta duo PSM Makassar, Anco Jansen dan Wiljan Pluim. Sebelumnya Persib juga memiliki striker asal Belanda, Geoffrey Castillion, yang kini sudah dicoret.

Jangan lupakan juga ada tiga pemain naturalisasi yang sebelumnya berpaspor Belanda. Mereka adalah gelandang Stefano Lilipaly (Bali United) dan dua pemain Persib, Ezra Walian dan Marc Klok.

 

3 dari 7 halaman

Membela Timnas Belanda U-20

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Arsenio Valpoort (@avalpoort)

Valpoort tercatat pernah membela Timnas Belanda, namun di level U-20. Dia membukukan satu gol dari empat penampilan yang semuanya dijalaninya selama 2012. Tak ada karier timnas di level lain, kelompok usianya di bawahnya maupun senior.

Pemilik nama lengkap Arsenio Jermaine Cedric Valpoort ini juga tercatat tak pernah tampil dalam ajang kompetitif bersama negaranya. Dengan memiliki darah Suriname, dia sebenarnya masih berpeluang tampil di level senior bersama Timnas Surname.

 

4 dari 7 halaman

Pernah Berseragam 14 Klub

Meski masih berusia 29 tahun, Arsenio Valpoort termasuk pemain yang rajin berganti klub. Tak tanggung-tanggung, dia sudah merasakan pengalaman membela 14 klub yang berbeda bersama sejumlah klub di berbagai negara.

Ada enam klub Belanda yang pernah memakai jasanya, yakni Heerenven, PEC Zwolle, RKC Waalwjik, Almere City, Excelcior, dan Dordrecht. Di tengah-tengah itu, ada empat klub lain yang pernah dibelanya.

Di antaranya adalah Ferencvaros (Hungaria), Beitar Jerusalem (Israel), Busan Park (Korea Selatan), dan Roselare (Belgia). Kariernya sempat berlanjut di Siprus dengan Ermis Aradippou pada musim 2021.

Masih di tahun yang sama, Valpoort pernah bergabung dengan dua klub Albania, yakni Teuta Durres dan Egnatia Rrogozine. Baru pada awal tahun ini dia menjadi bagian dari Persebaya dan memulai karier di Indonesia.

 

5 dari 7 halaman

Tampil di Liga Europa

Saat berseragam Heerenven, Valpoort mendapat kesempatan melakoni laga kualifikasi Liga Europa, kompetisi kasta kedua antarklub Eropa. Dia tampil dalam edisi 2012-2013 sebelumnya akhirnya Heerenven kalah di babak penyisihan ketiga.

Valpoort mampu menyumbang satu gol saat timnya berjumpa dengan Molde, klub asal Norwegia, pada 30 Agustus 2012. Sayang, timnya kalah 1-2 di laga itu. Pada akhirnya, Heerenven pun kalah 1-4 dari Molde.

 

6 dari 7 halaman

Satu Tim dengan Hakim Ziyech

Nama Hakim Ziyech dikenal sebagai salah satu pemain sayap dengan kemampuan apik. Dia kini membela Chelsea, sebuah tim papan atas Premier League Inggris. Dia juga diandalkan bersama Timnas Maroko.

Siapa sangka, Valpoort rupanya pernah satu tim dengan Ziyech di Heerenven pada musim 2012-2013. Mereka bahu-membahu di lini depan. Sayang, nasib mereka kini berbeda. Ziyech masih eksis di Eropa, sedangkan Valpoort merantau ke Indonesia.

7 dari 7 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer