Sukses


BRI Liga 1: Sudirman Tebar Janji Manis Setelah Gantikan Angelo Alessio di Persija

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta resmi menunjuk Sudirman sebagai pelatih sementara menggantikan Angelo Alessio yang dipecat pada Rabu (19/01/2022). Sudirman langsung menebar janji manis untuk membantu Persija tembus papan atas di BRI Liga 1 2021/2022.

Sudirman bukan sosok asing di Persija Jakarta. Pelatih berusia 52 tahun itu pernah menjadi asisten, pelatih, hingga pelatih sementara di Persija Jakarta.

Sudirman juga pernah berjasa mempersembahkan gelar Piala Menpora 2021 untuk Persija. Pengalaman panjang yang dimilikinya itu membuat Sudirman yakin bisa membantu Persija untuk bersaing di papan atas BRI Liga 1 2021/2022.

"Momen ini bukanlah yang pertama bagi saya. Sebelumnya, saya sudah pernah melanjutkan tanggung jawab seperti ini. Yang jelas, sekarang semua elemen tim harus saling menopang agar tim tetap kuat," kata Sudirman.

Tugas berat menanti Sudirman di Persija Jakarta. Sudirman diharapkan bisa mengangkat performa klub berjulukan Macan Kemayoran dari posisi saat ini di urutan ke delapan klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022.

"Pekerjaan kami memang tidak mudah. Kami sadar performa tim masih jauh dari kata maksimal. Jadi tugas saya adalah memimpin tim agar kembali bisa bersaing ke papan atas," ucap pria yang akrab disapa Coach Jend.

2 dari 3 halaman

Sesuai Regulasi

Penunjukkan Sudirman yang dilakukan Persija Jakarta sudah sesuai dengan regulasi. Sudirman disebut sudah mengantongi lisensi pelatih yang dibutuhkan sesuai regulasi PT Liga Indonesia Baru untuk BRI Liga 1.

"Lisensi A AFC yang dikantongi Coach Jend saat ini tak menjadi masalah untuk mengarsiteki tim karena sudah sesuai regulasi," bunyi pernyataan Persija Jakarta.

PT Liga Indonesia Baru memang menerapkan aturan ketat terkait lisensi pelatih yang diperbolehkan menukangi tim di BRI Liga 1 2021/2022. Lisensi yang diakui sekurang-kurangnya AFC 'A' coaching dan atau UEFA 'A' license yang setara dan mendapat pengakuan AFC lewat bukti RECC (Recognition of Experience and Current Competence).

3 dari 3 halaman

Rapor Sudirman

Penunjukkan ini menjadi yang kedua bagi Sudirman sebagai pelatih sementara Persija Jakatya. Pada 20 September 2019, Persija pernah memberikan kepercayaan itu pada Sudirman dan bertahan selama dua bulan.

Ketika itu, Sudirman memimpin dua pertandingan di Liga 1 dengan hasil sekali menang dan sekali kalah. Persija kemudian sempat menunjuk Sudirman sebagai pelatih di Piala Menpora 2021.

Di bawah asuhan Sudirman, Persija berhasil menjadi juara dengan rincian enam kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Namun, setelah itu Sudirman kembali di turunkan sebagai asisten karena tak memiliki lisensi yang dibutuhkan.

Video Populer

Foto Populer