Sukses


Hasil Uji Coba FIFA Matchday: Comeback Sempurna! Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Sikat Habis Timor Leste

Bola.com, Gianyar- Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan saat melakoni laga internasional melawan Timor Leste. Skuat arahan Shin Tae-yong itu unggul 4-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/1/2022) malam.

Timnas Indonesia sejatinya berusaha menguasai jalannya pertandingan. Namun, secara mengejutkan Timor Leste tampil agresif. Mereka cukup rapih dalam upaya membangun serangan.

Peluang pertama laga ini muncul di menit ke-10 dan itu lahir dari deretan penyerang Timor Leste. Adalah Paulo Gali yang mampu mengonversi umpan dari Mouzinho Barreto, namun tembakannya masih meleset.

Dua menit berselang, giliran bek kiri Edo Febriansyah yang membuat Timnas Indonesia memberi ancaman balasan. Dia mampu memanfaatkan umpan Rachmat Irianto. Tembakannya mengarah ke gawang, tapi mampu diblok kiper Junildo Pereira.

Peluang emas Timnas Indonesia lahir di menit ke-27. Itu berkat aksi cemerlang Ricky Kambuaya yang mampu masuk kotak penalti lawan dan mengirim umpan tarik. Sayang, Dedik Setiawan yang berada di depan gawang gagal mengarahkan bola ke gawang Timor Leste.

Bek kanan Sani Rizki tidak ketinggalan dengan mencoba melepas tembakan keras setelah menerima umpan dari Dedik di menit ke-31. Lagi-lagi, tak ada ancaman berarti karena sepakannya masih tidak menemui sasaran.

Para pemain Timor Leste malah bersorak karena berhasil unggul dulu. Di menit ke-35, Paulo Gali melakukan aksi individu melakukan penetrasi ke pertahanan Timnas Indonesia. Dia mampu melewati Alfeandra Dewangga sebelum menembak bola yang melewati Syahrul Trisna.

Dalam kondisi tertinggal, skuat Garuda malah mendapat petaka di menit ke-44. Syahrul menjatuhkan Paulo Gali yang mampu masuk ke kotak penalti lagi. Syahrul pun diganjar kartu kuning dan Timor Lester dihadiahi tendangan penalti.

Beruntung buat Timnas Indonesia, Mouzinho yang tampil sebagai eksekutor gagal mengubahnya sepakan jadi gol karena tembakannya ke arah kanan ditepis oleh Syahrul di injury time babak pertama. Skor 1-0 untuk Timor Lester menghiasi waktu turun minum  

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Timnas Indonesia tampil agresif demi mencetak gol balasan dalam mengawali babak kedua. Ronaldo Kwateh yang baru masuk mendapat peluang lewat tembakannya di menit ke-49, sayang masih tidak mengarah ke gawang.

Irfan Jaya dua kali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol memasuki menit ke-57 setelah mendapat umpan dari Ronaldo. Sundulannya mengenai tiang, bola muntah kemudian ditembak dan masih bisa diblok oleh Junildo.

Tim Merah Putih akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-65 berkat gol spektakuler gelandang Kambuaya. Mulanya, Evan Dimas mengirim umpan lambung dari tengah lapangan menuju dekat kotak penalti lawan.

Bola kemudian disodorkan oleh Ronaldo ke arah Ricky Kambuaya yang berada di dekatnya. Tanpa pikir panjang, Kambuaya langsung menembak dari luar kotak penalti yang berhasil merobek gawang Timor Leste.

Tak butuh waktu lama buat Timnas Indonesia. Mereka mendapat penalti setelah bek Gumario Moreira melakukan handsball. Pratama Arhan yang jadi eksekutor sukses memperdaya kiper Georgino da Silva di menit ke-73.

Pratama kembali jadi aktor gol ketiga Timnas Indonesia di menit ke-76. Kali ini, dia melakukan lemparan ke dalam yang mampu menembus kotak penalti Timor Leste. Bola ditinju oleh Georgino tapi malah masuk ke gawang sehingga dihitung sebagai gol bunuh diri.

Gol bunuh diri lagi-lagi lahir di menit ke-80. Pratama masih jadi kreatornya lewat umpan silang. Bola berusaha dihalau oleh bek Filomeno Junior, tapi bola malah masuk ke gawang timnya sendiri lagi.

Tak ada gol tambahan lagi sampai wasit meniup peluit panjang. Timnas Indonesia mengawali kiprah di tahun 2022 dengan catatan gemilang berkat kemenangan 4-1 ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Syahrul Trisna (kiper); Sani Rizki, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah (belakang); Rachmat Irianto, Evan Dimas, Ricky Kambuaya (tengah); Irfan Jaya, Dedik Setiawan, Ramai Rumakiek (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Timor Leste (4-3-3): Junildo Pereira (kiper); João Panji, Jaimito Soares, Filomeno Júnior, Orcelio da Silva (belakang); Cristevao Fernandes, Jhon Firth, Dom Lucas Braz (tengah); Mouzinho Bareto, Elias Mesquita, Paulo Gali (depan)

Pelatih: Fabio Magrao (Brasil).

Video Populer

Foto Populer