Sukses


Hasil Uji Coba FIFA Matchday: Pesta Anak Papua, Timnas Indonesia Cukur Timor Leste

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tidak memberikan banyak nafas panjang saat bersua Timnas Timor Leste pada laga uji coba kedua FIFA Matchday hari Minggu (30/01/2022). 

Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Timnas Indonesia menang dengan skor 3-0. Untuk diketahui laga kedua tim pada pertandingan pertama berkesudahan 4-1 untuk kemenangan Skuad Garuda. 

Yang menarik dari pertandingan ini, semua gol skuad Garuda dicetak oleh pemain berdarah Papua. Ketiga nama pemain Papua yang cetak gol adalah Terens Puhiri, Ricky Kambuaya, dan Ramai Rumakiek. 

Jalannya Babak Pertama 

Shin Tae-yong melakukan beberapa perubahan pada susunan pemain yang ia turunkan di laga ini. Nadeo Argawinata, Bayu Muhammad Fiqri, Marselino Ferdinan, Terens Puhiri, Ronaldo Kwateh, dan Pratama Arhan yang jadi cadangan di pertemuan pertama jadi starter.

Menariknya, Timnas Indonesia hanya memiliki lima pemain cadangan di laga ini. Padahal ada total 27 pemain yang dipanggil untuk menghadapi Timor Leste.

Indonesia langsung menekan sejak awal. Tiga menit babak pertama, Tim Garuda sudah punya dua peluang lewat Ronaldo Kwateh dan Ricky Kambuaya.

Pada menit ke-5, Timnas Indonesia sudah bisa unggul. Umpan terobosan dari Ricky kambuaya berhasil diteruskan jadi gol oleh Terens Puhiri. Cungkilan Terens berhasil memperdaya Kiper Timor Leste, Da Costa Pereira.

Timor Leste coba keluar dari tekanan. Beberapa kali pergerakan Paulo Gali sempat membuat repot Fachrudin Aryanto dan kolega di lini belakang Indonesia.

Menit ke-25, Fachrudin Aryanto mendapatkan peluang emas. Bek Madura United itu berdiri bebas di dalam kotak penalti Timor Leste. Namun, tandukannya masih melenceng.

Indonesia akhirnya bisa menggandakan keunggulan di menit ke-40. Ramai Rumakiek mengelabuhi beberapa pemain Timor Leste sebelum melepaskan bola ke pojok kanan atas gawang. Babak pertama berakhir 1-0 untuk Indonesia.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Timor Leste bermain cukup keras di laga ini. Dua menit babak kedua berjalan, Mouzinho mendapatkan kartu kuning setelah melanggar Bayu Muhammad Fiqri dengan keras.

Ini kartu kuning kedua bagi kubu Timor Leste di laga ini. Di babak pertama sang pelatih, Fabio Magrao juga sudah diganjar kartu kuning oleh wasit Aprisman Aranda.

Timnas Indonesia masih tampil dominan di babak kedua. Pada menit ke-57, Marselino Ferdinan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, tembakan gelandang 17 tahun itu masih tipis di atas mistar Timor Leste.

Memasuki menit ke-72, Timnas Indonesia berhasil menambah gol. Setelah melewati dua pemain lawan, Ricky menempatkan bola ke posisi kiri bawah gawang Timor Leste.

Marselino Ferdinan berkesempatan menambah keunggulan Indonesia di menit ke-78. Namun, tembakan kaki kiri pemain Persebaya Surabaya itu masih bisa ditahan kiper Timor Leste.

Indonesia sempat memiliki beberapa peluang di sisa babak kedua. Namun hingga laga usai tak ada lagi gol yang tercipta.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timor Leste (4-3-3): De Castro Pereira (Kiper), Joao Halle, Joao Soares, Jaimito Da Costa, Tomas Sarmento (Belakang), Yohanes Gusmao, Martins Braz, Mouzinho (Tengah), Paulo Gali (C), Elias Mesquita, Zenivio.

Pelatih: Fabio Magrao.

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata (Kiper), Bayu Muhammad Fiqri, Fachrudin Aryanto (C), Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan (Belakang), Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Terens Puhiri, Marselino Ferdinan, Ramai Rumakiek (Tengah), Ronaldo Kwateh (Depan).

Pelatih: Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer