Sukses


BRI Liga 1: Persela Ternyata Cuma Punya 13 Pemain di DSP Hadapi Madura United, Ini Alasannya

Bola.com, Jakarta - Duel bertajuk derbi Jawa Timur (Jatim) antara Madura United dan Persela Lamongan tetap dilanjutkan. Padahal pertarungan ini dibayangi badai COVID-19 yang melanda kedua tim dalam beberapa hari terakhir.

Pertandingan yang bakal berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, petang (5/2/2022) ini hanya akan diikuti para pemain tersisa dari masing-masing tim. Bahkan, dua pelatih kepala mereka tak bisa mendampingi lantaran positif COVID-19.

Dalam regulasi BRI Liga 1 2021/22 pasal 52 tentang Hasil COVID-19 dan Eligibilitas disebutkan bila setiap klub yang bertanding harus memiliki 14 pemain sehat (terbebas dari COVID-19). Di mana satu diantaranya merupakan seorang penjaga gawang.

Masalahnya, tak ada yang mengatur detail regulasi terkait pemain yang cedera. Alhasil, pemain-pemain yang cedera dan terbebas dari COVID-19 'dipaksa' masuk susunan pemain untuk menggenapi daftar 14 pemain untuk satu pertandingan.

Hal inilah yang terjadi di kubu Persikabo saat menghadapi Bali United beberapa hari lalu. Sekalipun menyisakan 10 pemain yang sehat, mereka tetap bertanding dengan memasukkan lima pemain cedera dalam skuad mereka.

Lantas, bagaimana situasi Madura United dan Persela Lamongan untuk pertandingan ini?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Madura United Tak Punya Cadangan Selain Kiper

Empat hari lalu, situasi mencekam terjadi di kubu Madura United. Total 24 pemain dengan rincian 19 pemain dan lima offisial dinyatakan positif COVID-19. Pertandingan kontra Persipura Jayapura terpaksa dibatalkan karena hanya 11 pemain yang siap tampil.

Klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut akhirnya melakukan tes PCR mandiri. Beberapa pemain yang sempat terkena virus asal Tiongkok tersebut berhasil pulih dan mengikuti latihan.

Tetapi hanya 14 pemain yang siap untuk pertandingan melawan Persela. Dari 14 pemain tersebut, tiga diantaranya merupakan penjaga gawang serta M. Ridho (kiper) dan Zulfiandi yang masih dalam tahap pemulihan. Otomatis Madura United tak punya pemain pengganti selain kiper.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Persela Cuma Sisakan 13 Pemain

Seperti disebutkan di atas, regulasi mengatur minimal ada 14 pemain yang negatif COVID-19 dalam tes usap terakhir yang dilakukan H-1 sebelum pertandingan. Tetapi yang terjadi di laga ini, Persela 'dipaksa' tetap main dengan 13 pemain saja.

Lantas, bagaimana bisa mereka tetap bertanding dengan 13 pemain tersisa? Menurut info yang didapat Bola.com, sejatinya ada 14 pemain sehat atau terbebas COVID-19 di tim Persela.

Namun terpaksa hanya 13 nama masuk DSP karena satu pemain lainnya dalam kondisi tidak fit. Situasi ini secara tidak langsung menguntungkan para pemain muda yang diturunkan. Pasalnya mereka akan mendapatkan menit bermain. 

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Madura United dan Persela Lamongan?

Video Populer

Foto Populer