Sukses


Duel 2 Pemain Penting Persebaya Vs Persipura di BRI Liga 1: Taisei Marukawa Bertemu Ferinando Pahabol, Saling Sikut Penyerang Palsu

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya dan Persipura Jayapura bakal saling sikut untuk memburu kemenangan pada laga pekan ke-23 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Gelora Ngurah Rai, Denpasar, Minggu (06/02/2022). Kedua tim butuh tiga poin dengan misi berbeda.

Bajul Ijo sedang fokus menjaga asa juara musim ini. Sementara tim Mutiara Hitam ingin memperlebar jarak poin dengan penghuni zona degradasi. Bila peringkat sementara jadi acuan, Persebaya memang lebih diunggulkan ketimbang Persipura.

Tapi, kalau menilik penampilan terkini, kualitas permainan kedua tim seimbang. Menariknya, mereka diperkuat 'penyerang palsu' dengan skill di atas rata-rata plus naluri gol tinggi. Persebaya memiliki Taisei Marukawa. Sedang Persipura bertumpu pada Ferinando Pahabol.

Sampai pekan ke-22, Marukawa yang baru musim ini berkiprah di Liga 1 sudah membuktikan kualitasnya. Dari 21 kali tampil bersama Persebaya, pria kelahiran Hiroshima, 30 Januari 1997 ini sudah mengoleksi 21 gol dan 6 assist.

Pencapaian yang terbilang lumayan bagi seorang gelandang serang. Berkat aksi ciamiknya di lini depan, pemain terbaik BRI Liga 1 pada Oktober 2021 dan Desember 2021 ini, penampilan Persebaya pun terdongkrak dan stabil berada di papan atas klasemen.

"Kelebihan Taisei Marukawa yang menonjol adalah mobilitasnya di lapangan. Itulah mengapa pemain tim lawan kerap kesulitan menjaganya," ujar Mirdan Midding, eks Direktur Teknik PSM era Liga Primer Indonesia kepada Bola.com, Sabtu (5/2/2022).

Setali tiga uang dengan Ferinando Pahabol, kapten sekaligus kreator serangan Persipura. Dimata Mirdan, kejelian mencari ruang kosong di lini pertahanan lawan serta akurasi tendangan di atas rata-rata membuat Pahabol menjadi sosok yang paling diwaspadai lawan bila sedang memegang bola.

"Mayoritas gol yang dicetak Pahabol terbilang indah. Karena dicetak via tendangan yang terarah dan sulit dijangkau kiper," terang Mirdan memuji Pahabol yang sudah mengoleksi 6 gol dalam 20 laga bersama Persipura di BRI Liga 1.

 

 

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak Taisei Marukawa

Perjalanan karier sepak bola Taisei Marukawa terbilang unik. Meski lahir dan besar di Jepang, Marukawa justru pertama kali berstatus sebagai pemain profesional dengan berkostum klub Liga Malta, Senglea Athletic pada musim 2019/2020.

Sebelumnya, ia bermain sekaligus menyelesaikan pendidikannya pada tim kampus, Chuo University. Di Senglea Athletic, Marukawa tampil dalam 26 partai dengan koleksi 3 gol.

Selepas dari Senglea, ia meneruskan kiprahnya di klub Malta lainnya, Valletta dengan mencetak 2 gol pada 8 laga. Pada 29 Januari 2021, Marukawa mencoba peruntungannya dengan menerima tawaran manajemen klub asal Latvia, Noah Jurmala.

Bermain di Eropa jadi bekal Marukawa saat menerima tawaran manajemen Persebaya jelang BRI Liga 1. Ia pun menjalani debutnya bersama Bajul Ijo menghadapi Persikabo 1973, 11 September 2021. Sedang gol perdana Marukawa terjadi pada laga kontra PSS Sleman, 25 Oktober 2021. Pada laga itu, ia mencetak dua gol.

 

 

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak Ferinando Pahabol

Seperti Taisei Marukawa, Ferinando Pahabol juga pernah mengecap pendidikan di bangku kuliah dengan meraih gelar sarjana ekonomi di Universitas Cendrawasih.

Pengalaman pria kelahiran Yahokimo, 16 Januari 1992 di kompetisi Indonesia terbilang berwarna. Persiwa Wamena menjadi klub pertamannya di level senior setelah berkutat di kompetisi usia muda.

Setelah Persiwa, Pahabol kemudian berturut-turut berkostum Persidafon Dafonsoro, Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, Kalteng Putera dan kemudian kembali ke Persipura.

Pencapaian terbaiknya adalah membawa Persipura juara Liga Indonesia 2013 dan Torabika Soccer Championship 2016. Ia juga menjadi bagian timnas Indonesia U-23 ketika meraih medali perak di Sea Games 2013

Video Populer

Foto Populer