Sukses


Prediksi Pertandingan BRI Liga 1, Persebaya Vs Persipura: Bajul Ijo Siap Berjuang di Tengah Badai COVID-19

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya tidak akan menyerah meski badai COVID-19 sedang menerpa kontestan BRI Liga 1 2021/2022. Mereka akan tetap berjuang untuk bisa bersaing di papan atas.

Tim asal Kota Pahlawan itu kini sedang bersiap melakoni pekan ke-23 BRI Liga 1 melawan Persipura Jayapura di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Minggu (6/2/2022) malam.

Persebaya sempat mengalami badai COVID-19 pada pekan ke-22 BRI Liga 1 (2/2/2022). Bagaimana tidak, mereka terpaksa bertanding dengan hanya memiliki 15 pemain dalam laga yang berakhir 0-0 kontra PSIS Semarang tersebut.

Ketentuan itu memenuhi syarat agar pertandingan kontra PSIS tidak ditunda. Sebab, regulasi BRI Liga 1 mengatur bahwa pertandingan akan ditunda jika tim memiliki kurang dari 14 pemain dari hasil tes COVID-19 di hari pertandingan.

Saat ini, angka pemain positif di skuat Persebaya sudah berkurang. Namun, masih ada kemungkinan perubahan jumlah itu di hari pertandingan nanti.

"Beberapa pemain yang kemarin tidak bergabung dengan tim karena positif tadi pagi sudah ikut latihan. Kalau dites hasilnya negatif,” ungkap Aji Santoso, pelatih kepala Persebaya.

"Mudah-mudahan nanti pertandingan melawan Persipura semua pemain bisa maksimal. Ada beberapa pemain yang sudah ikut latihan. Seperti Ady (Setiawan), Rian (Rachmat Irianto), Koko (Ari Araya), Arsenio (Valpoort),” imbuhnya.

Situasinya saat ini sedang memburuk mengingat selalu ada anggota tim yang terkonfirmasi positif, baik pemain maupun ofisial tim. Bali yang menjadi tuan rumah untuk seri keempat juga menjadi sorotan karena diduga membuat klub lalai menjaga protokol kesehatan.

Aji Santoso mengungkap Persebaya sendiri saat ini memiliki tiga pemain yang telah dikonfirmasi positif.

"Kami sudah ada pemain Persebaya yang positif di tes tadi malam. Itu Samsul, Hidayat, dan Satria Tama. Padahal, mereka juga pakai masker, tidak keluar hotel, jarang berkumpul ada kerumunan di hotel. Itu pun masih positif. Jadi, ini perlu ditindaklanjuti," ungkap Aji.

"Semakin hari semakin masif dalam masalah COVID. Tolong ini menjadi perhatian. Sekarang ini, setiap hari selalu ada pemain di tim yang terkena COVID-19. Tentunya ini harus segera dirapatkan oleh pihak federasi (PSSI) dan LIB untuk ke depannya,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Motivasi Tinggi Persipura

Alfredo mengaku memiliki motivasi lebih untuk bisa memenangkan pertandingan ini. Apalagi, ini merupakan jadi kali pertama buat pelatih berusia 49 tahun itu berhadapan dengan Persebaya sebagai bagian tim lawan.

"Selalu semua pertandingan pasti ada motivasi. Kami mau menang dan dapat poin. Mungkin karena ketemu Persebaya, tim yang pernah saya latih juga. Ini spesial pertama kali kami bertemu,” kata Alfredo dalam jumpa pers jelang laga, Sabtu (5/2/2022).

Sosok Alfredo tentu saja sangat diingat di kalangan pendukung Persebaya hingga sekarang. Dia datang menggantikan Iwan Setiawan yang dipecat saat Bajul Ijo masih berlaga di Liga 2 2017.

Itu merupakan musim pertama Persebaya berkompetisi setelah diakui kembali sebagai anggota PSSI mulai awal 2017. Alfredo Vera memiliki jasa besar membawa Persebaya menjuarai Liga 2 2017. Titel itu juga yang membuat Persebaya promosi ke Liga 1 2018 dan bertahan di kasta tertinggi hingga sekarang.

Sayang, kebersamaannya dengan Persebaya tidak lama. Alfredo dipecat pada Agustus 2018 setelah timnya menelan tiga kekalahan. Banyak pihak yang menyayangkan perpisahan ini. Tak ada motif dendam dalam pertemuan ini.

“Tidak ada. Kami kerja profesional dan tahu sepak bola seperti apa. Mereka akan bekerja memberi yang terbaik untuk Persebaya. Sekarang saya juga di Persipura,” imbuh pelatih yang semasa bermain pernah membela PSS Sleman itu.

Alfredo sendiri datang dengan menggantikan Jacksen F. Tiago yang dipecat setelah pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 lalu. Perlahan pelatih asal Argentina ini mampu mengangkat Persipura keluar dari zona degradasi.

Catatan pertemuan menunjukkan Persebaya sudah berjumpa sebanyak enam kali dengan Persipura di Liga 1 sejak 2018. Hasilnya Persebaya masih unggul dengan memenangi tiga laga, sedangkan Persipura menang dua kali.

 

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Arsenio Valpoort, Bruno Moreira (depan).

Pelatih: Aji Santoso.

Persipura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (kiper); Yustinus Pae, Brian Fatari, Donni Monim, David Rumakiek (belakang); Nerius Alom, Takuya Matsunaga, Ian Kabes (tengah); Feri Pahabol, Ramiro Fergonzi, Ricky Cawor (depan).

Pelatih: Angel Alfredo Vera.

  • Prediksi Bola.com: 50-50
  • Live Indosiar
  • Minggu, 6 Februari 2022
  • Pukul 18.15 WIB
Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer