Sukses


Jelang Piala AFF U-23 2022: Muhammad Riyandi dan Rachmat Irianto, Alumnus Piala AFF U-22 Edisi 2019 yang Bakal Jadi Sosok Pembeda

Bola.com, Jakarta - Piala AFF U-23 2022 yang dipusatkan di Kamboja, tidak lama lagi digelar yaitu pada 14-26 Februari 2020. Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil memiliki tugas cukup berat di ajang nanti, karena wajib mempertahankan gelar.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia merupakan juara bertahan di ajang ini. Terlebih tuan rumahnya adalah Kamboja, tempat yang membawa kenangan manis untuk tim Merah-putih.

Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 tahun 2019 setelah menghempaskan Thailand di final dengan skor 2-1. Saat itu gawang Indonesia bobol terlebih dulu melalui Saringkan Promsupa, namun berhasil dibalas gol dari Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay.

Kini untuk menghadapi edisi 2022, Timnas Indonesia U-23 memiliki segudang pemain yang bisa menjadi senjata mematikan di kejuaraan nanti. Dua di antaranya adalah Muhammad Riyandi dan Rachmat Irianto yang punya pengalaman lebih ketimbang pemain lainnya.

Bukan secara usia yang sudah menginjak 22 tahun, namun pengalamannya yang sudah pernah tampil pada edisi sebelumnya. Ya, kejuaraan Piala AFF U-22 tahun 2019 sudah pernah ia lakoni dengan hasil luar biasa, yakni menjadi juara.

 

 

2 dari 3 halaman

Muhammad Riyandi

Penjaga gawang asal tim Barito Putera ini akan kembali membela panji-panji Timnas Indonesia untuk ajang Piala AFF kelompok usia 23 tahun. Atau mengulang kembali seperti kejuaraan yang sama tiga tahun silam.

Kala itu ia mengisi satu dari tiga slot posisi kiper yang dibawa ke Kamboja oleh pelatih Indra Sjafri. Ia menjadi alternatif dari Awan Setho dan Satria Tama. Tentu pengalaman di kelas Piala AFF U-23 cukup kenyang baginya dan menjadi keuntungan tersendiri untuk tim Merah-putih.

Kepiawaian Riyandi semakin bertambah saat dirinya terus mendapat kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia bahkan untuk level senior. Muhammad Riyandi tampaknya bakal dipilih sebagai kiper utama Timnas U-23 di kejuaraan pekan depan.

3 dari 3 halaman

Rachmat Irianto

Nama satu lagi yang juga kenyang di level Timnas Indonesia U-23 untuk ajang Piala AFF kelompok usia. Rachmat Irianto memiliki kiprah yang sama dengan Muhammad Riyandi, dengan berhasil mengantarkan tim Garuda muda menjuarai Piala AFF U-22 tahun 2019.

Performanya juga semakin meroket dengan menembus level Timnas senior. Oleh pelatih Shin Tae-yong, pemain asal Surabaya itu sangat sulit tergantikan baik di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, kualifikasi Piala Asia 2023, hingga agenda terakhir Piala AFF senior 2020 di Singapura akhir tahun kemarin.

Rachmat Irianto dikenal sebagai pemain serba bisa terutama untuk wilayah pertahanan. Sama seperti dalam penampilannya di klub Persebaya Surabaya, Rachmat tidak hanya piawai sebagai bek tengah, namun juga apik menjadi gelandang bertahan.

Video Populer

Foto Populer