Sukses


Episode Pahit Nadeo Argawinata di Timnas Indonesia: Sanksi FIFA, Saya pun Batal Bertanding

Bola.com, Jakarta - Nadeo Argawinata merupakan penjaga gawang andalan Timnas Indonesia dan Bali United. Kiper berusia 24 tahun itu dikenal punya refleks cepat dan jago memotong bola silang.

Aksi-aksinya kerap membuat publik sepakbola Indonesia berdecak kagum. Paling diingat ketika Nadeo menepis tendangan penalti striker Timnas Singapura, Faris Ramli dimenit 90 pada ajang Piala AFF 2020.

Perjalanan karir Nadeo di lapangan hijau ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Dia harus berjuang keras untuk masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-19 arahan Fakhri Husaini.

Sebelumnya, Nadeo memperkuat tim Kota Kediri untuk tampil di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banyuwangi 2014. Saat itu, Nadeo baru menginjak usia 17 tahun.

"Awal karier sempat ikut seleksi Timnas Indonesia U-19 setelah era Evan Dimas, pelatihnya Fakhri Husaini," kata Nadeo dalam channel YouTube Tiento Indonesia.

Sayangnya setelah bergabung Timnas Indonesia U-19, Indonesia mendapat sanksi dari FIFA pada 2015. Akibatnya, Timnas U-19 tidak bisa tampil di ajang Piala AFF U-19 2015 dan Piala AFC U-19 2016.

"Nah setelah itu kalau masih ingat, Indonesia mendapat sama FIFA dan Timnas Indonesia yang akan bertanding di AFF gagal karena sanksi itu," kenangnya.

2 dari 4 halaman

Klub

Kendati begitu, Nadeo mendapat tawaran untuk bergabung dengan klub Liga 1, Borneo FC musim 2016. Hingga akhirnya, kiper berpostur 187cm tersebut menjadi bagian dari skuad Pesut Etam selama empat musim.

"Saya akhirnya masuk ke Borneo FC, empat tahun di Borneo dari 2016 hingga 2020. Empat tahun di sana saya bersyukur lagi bisa bantu Timnas untuk persiapan AFF U-23 dan masuk SEA Games 2019," paparnya.

Setelah memperkuat Borneo, Nadeo memilih hengkang dan bergabung dengan Bali United akhir Desember 2019. Selama berkostum Bali, Nadeo beberapa kali dipercaya menjaga mistar gawang Serdadu Tridatu.

Pada BRI Liga 1 2021/2022, Nadeo Argawinata sudah mencatatkan 7 penampilan bersama Bali United. Dari 7 penampilannya, dia sukses mengoleksi 5 kali clean sheet atau tanpa kebobolan.

3 dari 4 halaman

Momen Terbaik

Selama berkarier di sepak bola, Nadeo mengaku mempunyai banyak momen yang sulit untuk dilupakan. Satu di antaranya adalah ketika membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 di Singapura.

Dalam turnamen tersebut, Nadeo tampil apik. Beberapa kali dia melakukan aksi heroik yang membuat Timnas Indonesia terhindar dari kebobolan.

"Paling berkesan AFF 2020 di Singapura, momen itu untuk tahun ini sangat berharga dan susah dilupakan juga. Itu sih yang paling diingat," ujar kiper yang baru dikarunia anak pertama ini.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer