Sukses


Prediksi Madura United Vs Persebaya di BRI Liga 1: Derbi Suramadu Jilid ke-14 Beda Situasi

Bola.com, Jakarta - Laga penuh rivalitas bertajuk Derbi Suramadu bakal tersaji dalam pekan ke-28 BRI Liga 1 2021/2022. Madura United dijadwalkan berjumpa dengan Persebaya Surabaya di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Senin (28/2/2022) malam.

Derbi Suramadu kali ini menjadi edisi ke-14 sejak kedua tim berjumpa sebanyak 13 kali dalam semua ajang mulai 2018. Situasinya saat ini berbeda jika melihat posisi klasemen sementara BRI Liga 1.

Di atas kertas, Persebaya lebih diunggulkan dibanding Madura United. Mereka saat ini menduduki peringkat kelima dengan 51 poin, sedangkan Madura United masih terjebak di posisi ke-13 meraih 30 angka.

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, memiliki kenangan saat berjumpa dengan Persebaya. Dia melakoni debutnya sebagai pelatih di Indonesia melawan Persebaya dalam pekan ke-12 (20/11/2022). Tapi, debutnya tercoreng karena Derbi Suramadu itu berakhir kekalahan 0-1.

Dia merasa waswas dengan kekuatan tim lawan. Keberadaan Samsul Arif, Taisei Marukawa, Ricky Kambuaya, hingga Marselino Ferdinan, merupakan ancaman buat Madura United.

“Sebanyak 21 pemain dari Persebaya harus kami waspadai. Semua harus diwaspadai karena semua pemain penting di Persebaya,” ungkap pelatih asal Brasil itu dalam jumpa pers jelang pertandingan, Minggu (27/2/2022).

Beberapa kali, pelatih berusia 49 tahun itu mengeluhkan soal adaptasi dan pengalamannya yang butuh waktu untuk bisa memahami sepak bola Indonesia. Kekalahan karena belum pernah bertemu tim lawan jadi alasan.

Tapi kali ini berbeda. Fabio Lefundes sudah pernah menghadapi Persebaya. Jika menengok alasan-alasan itu, seharusnya dia bisa mengatasi Bajul Ijo. Tapi, tantangannya tentu tidak akan mudah buatnya.

“Saya percaya sama mereka (pemain Madura United). Saya cuma jawab apa yang jadi pertanyaan kalian. Yang susah itu kami bisa melakukan yang terbaik. Pertandingan ini pemain cepat harus mau di dalam lapangan mereka harus percaya diri melakukan apa yang kami rencanakan,” ucapnya.

“Adaptasi itu butuh waktu dan tempat. Dengan adaptasi, kami melewati pertandingan dengan baik. Berapa kali Madura United main tidak sesuai hasil yang kami mau. Kami percaya mereka sebenarnya bisa di pertandingan,” ujar Fabio Lefundes.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Masih Inkonsisten

Madura United saat ini masih menjadi klub yang tampil tidak konsisten di BRI Liga 1 2021/2022. Mereka kini terjebak di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan mengoleksi 30 angka dari 25 pertandingan.

Performa Fachruddin Aryanto dkk. angin-anginan. Mereka sempat beberapa laga tak terkalahkan. Tapi, yang terbaru, Madura United gagal menang dalam dua laga beruntun, masing-masing kalah 0-1 dari Arema FC dan ditahan imbang 1-1 oleh Persita Tangerang.

Apa yang terjadi pada Madura United merupakan anomali. Biasanya, klub asal Pulau Garam itu selalu bersaing di papan atas Liga 1. Tapi, musim berbeda melihat mereka masih terjebak di papan tengah sampai memasuki pekan ke-27.

Dari catatan pertemuan, kedua tim sudah berjumpa sebanyak 13 kali di semua ajang sejak 2018. Hasil, Persebaya Surabaya mampu memenangi delapan di antaranya, berbanding Madura United hanya mampu menang sekali.

 

3 dari 6 halaman

Bajul Ijo dalam Optimisme Tinggi

Skuat Persebaya Surabaya sedang dalam kepercayaan diri tinggi mengarungi BRI Liga 1. Penyebabnya, mereka menang 1-0 atas Arema FC dalam laga panas bertajuk Derbi Jatim pada pekan lalu, Rabu (23/2/2022).

Kemenangan itu berarti besar. Selain sukses menundukkan tim rival dalam Derbi Jatim, Persebaya juga menghentikan rekor Arema. Tim Singo Edan sebelumnya melewati 23 pertandingan tak terkalahkan di BRI Liga 1.

Para penggawa Bajul Ijo sangat berpotensi dalam kondisi over confident atau dalam kepercayaan diri berlebih menghadapi Derbi Suramadu ini. Tapi, pelatih Aji Santoso meyakini para pemainnya tidak seperti itu.

“Saya tidak terlalu percaya itu. Saya selalu menekankan pemain mulai kemarin kami sudah melupakan pertandingan terakhir fokus melawan Madura United,” kata Aji jelang Derbi Suramadu, Minggu (27/2/2022).

“Insya Allah pemain normal, tidak overconfident dan menghadapi lawan dengan seratus persen. Penyusunan pemain kami akan lihat besok pagi. Pemain siap semua termasuk Kambuaya dan Ernando,” imbuh pelatih asli Malang itu.

Sebenarnya wajar saja jika Persebaya sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Rachmat Irianto dkk. kini kembali meramaikan persaingan papan atas klasemen BRI Liga 1 dalam perebutan menuju juara.

“Pemasangan pemain akan kami atur di hari pertandingan. Ini pertandingan penting. Kalau kami menang, peluang juara semakin besar. Mudah-mudahan semua pemain bermain maksimal,” ucap Aji Santoso.

4 dari 6 halaman

Head-to-Head

  • Persebaya 1-0 Madura United (Piala Presiden 2018)
  • Madura United 1-1 Persebaya (Piala Gubernur Kaltim 2018)
  • Madura United 2-2 Persebaya (Liga 1 2018)
  • Persebaya 4-0 Madura United (Liga 1 2018)
  • Persebaya 1-0 Madura United (Piala Presiden 2019)
  • Madura United 2-3 Persebaya (Piala Presiden 2019)
  • Persebaya 1-1 Madura United (Piala Indonesia 2018-2019)
  • Madura United 1-0 Persebaya (Piala Indonesia 2018-2019)
  • Persebaya 2-2 Madura United (Liga 1 2019)
  • Madura United 2-3 Persebaya (Liga 1 2019)
  • Madura United 2-4 Persebaya (Piala Gubernur Jatim 2020)
  • Madura United 1-2 Persebaya (Piala Menpora 2021)
  • Persebaya 1-0 Madura United (Liga 1 2021/2022)

 

5 dari 6 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • Madura United (4-3-3): Hong Jungnam (kiper); Dodi Alekvan Djin, Fachruddin Aryanto, Jaimerson Xavier, Novan Setya Sasongko (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Hugo Gomes (tengah); Bayu Gatra, Beto Goncalves, Ronaldo Kwateh (depan)
  • Pelatih: Rahmad Darmawan
  • Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso

Prediksi Bola.com: 45-55

Live Indosiar

Senin, 28 Februari 2022

Pukul 20.45 WIB

6 dari 6 halaman

Posisi Persebaya dan Madura United Saat Ini

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer