Sukses


Singgung Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh, Iwan Bule Pede Banyak Pemain Muda Indonesia Susul Pratama Arhan ke Luar Negeri

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan percaya diri banyak pemain muda Indonesia yang dapat menyusul Pratama Arhan bermain di luar negeri. Dia turut menyinggung nama Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Iriawan bersama CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, Direktur Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia, Wakabayashi Takahiro, dan agen Pratama Arhan, Dusan Bogdanovic baru saja melepas pemain berusia 20 tahun itu pada Jumat (4/3/2022) di Kantor PSSI, Jakarta Pusat.

Pratama Arhan akan bergabung dengan Tokyo Verdy dan dikontrak selama dua tahun oleh peserta J2 League alias kasta kedua Liga Jepang itu.

Empat tahun terakhir, pemain muda Indonesia mulai rutin berkarier di luar negeri. Mulai dari Egy Maulana Vikri di Polandia dan Slovakia, Witan Sulaeman di Serbia dan Slovakia, Asnawi Mangkualam di Korea Selatan, Bagus Kahfi di Belanda, hingga Brylian Aldama dan David Maulana di Kroasia.

"Saya yakin ke depan pasti ada lagi pemain seperti Arhan. Kita tunggu. Kita masih punya banyak pemain yang bagus," kata Iriawan.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Pemain di Timnas Indonesia U-19 Disebut Pantas Bermain di Luar Negeri

Iriawan menyorot skuad Timnas Indonesia U-19 persiapan Piala Dunia U-20 2023. Dia menganggap banyak pemain dari tim berjuluk Garuda Muda itu layak berkiprah di luar negeri.

"Teman-teman bisa melihat latihan pertama Timnas Indonesia U-19, banyak sekali yang bagus. Saya tidak bisa menyebut satu per satu," jelas Iwan Bule.

"Ada Ronaldo Kwateh, ada Marselino Ferdinan juga. Masih banyak lagi. Yang jelas, saya bangga makin banyak anak-anak saya bermain di luar negeri."

"Itu menandakan makin bagus perkembangan sepak bola Indonesia dan pembinaan berjalan baik. Kita tunggu dan lihat, dalam setahun ini pasti ada banyak pemain yang diambil oleh klub-klub luar negeri," paparnya.

3 dari 3 halaman

Ronaldo Kwateh Otw Turki

Ronaldo Kwateh merespons kabar akan bermain di Liga Turki. Bomber Timnas Indonesia U-19 itu dirumorkan bakal membela Antalyaspor.

Antalyaspor adalah klub Super Lig 2021/2022 atau kasta teratas Liga Turki yang dilatih oleh mantan pemain Real Madrid dan Liverpool, Nuri Sahin.

Ronaldo mengisyaratkan isu kepindahannya ke Antalyaspor bukan isapan jempol belaka, namun pemain berusia 17 tahun itu memilih fokus dengan Timnas Indonesia U-19.

Saat ini, Ronaldo tengah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Dia akan bersaing dengan 30-an pemain lainnya untuk mengikuti training centre lanjutan di Korea Selatan.

"Itu sudah diurus. Semoga berjalan dengan lancar. Saya fokus latihan dulu dengan Timnas Indonesia U-19," imbuh Ronaldo.

Ronaldo masih menunggu usianya genap 18 tahun pada 19 Oktober 2022 sebelum berlabuh ke Antalyaspor. "Menunggu usia 18 tahun lebih dulu. Semoga terjadi," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer