Sukses


Gian Zola Ingin Bawa Persela Segera Keluar dari Zona Degradasi BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Persela Lamongan masih dalam periode sulit memasuki pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/2022. Berjumpa Persikabo 1973 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (9/3/2022) sore, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu masih zona degradasi, menghuni peringkat ke-17 dengan 20 poin.

Waktu mereka untuk bertahan di BRI Liga 1 tidak banyak karena menyisakan lima pertandingan saja. Gelandang Persela, Gian Zola, tidak ingin timnya terus-terusan berada di zona merah.

Dia bertekad keras membawa tim yang sedang dibelanya itu memetik poin penuh dan meraih posisi aman di klasemen.

"Pertandingan ini adalah partai penting hidup mati untuk menentukan hasil kami. Sebagai pemain, kami akan berjuang keras dari pertandingan sebelumnya. Kami akan berjuang mendapatkan tiga poin,” ungkap Gian Zola.

Situasi yang dihadapi oleh Persela sebenarnya lebih sulit dari itu. Dwi Kuswanto dkk. sudah melewati 20 pertandingan terakhir tanpa kemenangan. Itu bahkan jadi rentetan hasil tanpa kemenangan terpanjang di Liga 1.

Dengan berada di peringkat ke-17, mereka baru memetik tiga kemenangan saja, sisanya 11 seri, dan 15 kekalahan dalam 29 pertandingan. Artinya, Persela hanya akan meraih 35 poin maksimal jika memenangi lima laga tersisa.

 

 

2 dari 4 halaman

Catatan Cukup Mengkhawatirkan

Catatan statistik itu cukup mengkhawatirkan. Kans untuk bisa mengamankan posisi naik ke peringkat ke-15 mungkin masih terbuka lebar. Tapi, Persela masih belum menemukan bentuk permainan yang cocok untuk konsisten mendulang poin.

Ditambah lagi, Persela sudah dua kali berpisah dengan pelatih kepala. Pertama adalah Iwan Setiawan yang dipecat, lalu terbaru Jafri Sastra memilih mundur. Kini, jabatan pelatih kepala masih lowong.

Ragil Sudirman yang merupakan pelatih fisik masih diminta menjadi caretaker dalam situasi darurat seperti ini. Hasilnya juga belum terlihat telah terjadi perbaikan pada performa Persela.

Kali terakhir mereka menang  terjadi saat unggul 1-0 atas Persik Kediri pada 25 Oktober 2021 lalu atau sudah empat bulan silam. Itu juga jadi kali terakhir Persela mencatatkan clean sheet di Liga 1.

 

3 dari 4 halaman

Berusaha Keras untuk Bangkit

Gian Zola menuturkan bahwa timnya tetap berusaha keras untuk bangkit. Hanya raihan kemenangan yang akan membawa Persela keluar dari zona merah. Itu pun masih harus ditambah dengan tim-tim lain yang terpeleset.

"Saya sendiri dan teman-teman tentunya merasa kesulitan karena kami sudah lama tidak dapat kemenangan. Kami tidak akan menyerah dan tetap semangat agar mental tetap terjaga,” ucap pemain pinjaman dari Persib Bandung itu.

"Kami harus tetap enjoy dan tidak boleh menurun. Kami ingin kerja keras. Semoga, pertandingan ini jadi awal kebangkitan Persela. InsyaAllah, kami lebih baik kalau bisa mendapatkan tiga poin,” imbuh Gian Zola.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persela Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer