Sukses


Cerita Hamka Hamzah: Mengidolakan Ronny Ririn sejak Jadi Anak Gawang

Bola.com, Jakarta - Hamka Hamzah merupakan satu di antara bek tengah terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Sampai saat ini, Hamka pun masih aktif bermain, di mana pada Liga 2 musim lalu memperkuat RANS Cilegon FC.

Prestasi Hamka Hamzah bersama klub milik Raffi Ahmad itu pun bisa dibilang bagus. Ia membawa RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1 musim depan.

Namun, jauh sebelum itu, Hamka Hamzah menjalani proses yang sangat panjang untuk bisa berada di deretan pesepak bola terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Hamka Hamzah mengalami karier sepak bola dengan bergabung bersama SSB Bangau Putra di Makassar. Kebetulan saat itu Bangau Putra mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan para pemainnya menjadi ball boy dalam pertandingan yang dijalani oleh PSM Makassar.

Berangkatlah Hamka Hamzah untuk menjadi ball boy di Stadion Andi Mattalatta. Saat itu ia menyaksikan banyak pemain bintang, mulai dari Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti, Yeyen Tumena, dan banyak pemain lain.

2 dari 3 halaman

Terkesan dengan Ronny Ririn

Namun, Hamka Hamzah terkesan dengan sosok bek tengah Indonesia bernama Ronny Ririn. Kebetulan ketika itu Ronny juga mengenakan nomor punggung 23 seperti yang kini identik dengan Hamka.

"Nah, waktu itu menjadi anak gawang, saya bisa nonton. Saya melihat Ronny Ririn, dan kebetulan ketika itu nomornya juga 23. Mulai dari  situs saya mengidolakan karena posisinya sama seperti saya. Sejak saat itu tekad saya untuk jadi pesepak bola makin mantap," ujar Hamka dalam Youtube Tiento Indonesia.

Sebagai anak kampung di Makassar, Hamka mengaku jarang sekali bisa menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi. Ada satu kebiasaan menarik yang kerap dilakukan Hamka ketika masih kecil, yakni memandangi poster pemain sepak bola yang biasa dijual di pinggir jalan.

"Saya jarang nonton bola, dulu satu TV kan dibagi nontonnya. Tapi saya nonton poster, saya lihat-lihat itu poster, enggak beli. Ketika PSM berlatih di Karebosi ya waktu itulah muncul," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Proses Penyembuhan

Hamka Hamzah belum lama ini mengalami cedera ACL. Cedera itu cukup ditakuti pesepak bola karena proses penyembuhannya yang memakan waktu cukup lama.

Namun, Hamka menyatakan dalam dua bulan terakhir ia sudah menjalani rehabilitasi penyembuhan cederanya itu.

"Sudah dua bulan, ini sudah masuk fase penguatan," jelasnya.

Hamka yang kini berusia 38 tahun tampak masih belum akan pensiun dalam waktu dekat. Jika cederanya sudah benar-benar pulih, Hamka sepertinya akan kembali berlaga di Liga 1 atau tetap di Liga 2.

Video Populer

Foto Populer