Sukses


Hamka Hamzah Soal Kebiasaan Pindah Klub: Bukan Hanya Soal Uang!

Bola.com, Jakarta - Si Kutu Loncat sepertinya julukan yang layak diberikan kepada Hamka Hamzah. Julukan tersebut bisa diartikan pemain yang kerap berpindah klub sepanjang kariernya.

Hamka Hamzah memang kerap gonta-ganti klub dalam karier profesionalnya. Sejauh ini, Hamka sudah pernah memperkuat 13 klub yang berbeda.

Klub-klub tersebut adalah PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persija Jakarta, Persisam Samarinda, dan Persipura Jayapura. Kemudian ada Mitra Kukar, Selangor PKNS, Borneo FC, Arema, Sriwijaya FC, Persita Tangerang. dan RANS Cilegon FC.

Kepada Tiento Indonesia, Hamka menegaskan seringnya berpindah klub bukan hanya soal uang semata. Bahkan, di dalam lubuk hatinya, ia ingin bermain dengan jangka waktu lama untuk sebuah klub.

"Sebenarnya saya ini pengen bertahan lama di sebuah klub," ujar Hamka Hamzah.

 

2 dari 3 halaman

Potensi Tingkatkan Karier

Hamka menyatakan tidak selalu menerima tawaran untuk pindah ke klub baru pada awal musim. Padahal klub tersebut menawarkan kontrak yang nilainya jauh lebih tinggi dari klub lamanya.

Hamka bisa langsung menerima tawaran konrak dari klub baru jika merasa kepindahannya itu akan meningkatkan kariernya. Ia juga harus merasa satu visi dengan klub itu dan para pemain mereka.

"Tapi ketika ada tawaran yang bisa mengangkat prestasi saya lagi, pasti saya pindah. Kontrak juga kalau naik kita pindah, tapi itu bukan patokan," ujarnya.

"Alhamdulillah ketika saya pindah nama saya ada terus di puncak," sambung pemain asli Makassar, Sulawesi Selatan itu.

 

3 dari 3 halaman

Setiap Musim Ada Empat Klub

Lebih lanjut, Hamka Hamzah menyebut ia memiliki hubungan baik dengan banyak orang di sepak bola Indonesia. Termasuk dari para petinggi klub.

Hal itu membuatnya punya banyak koneksi. Tak heran jika sebelum musim kompetisi dimulai, Hamka mengaku biasanya paling tidak ada empat klub yang memberinya tawaran.

"Karena saya punya hubungan baik, dengan tim lawan. Itu rasa respek, dari situ timbul koneksi. Setiap musim minimal ada empat klub yang tawari. Ada yang kasih harga tinggi, tapi saya lihat dulu pelatihnya siapa atau komposisi pemain siapa," jelasnya.

Hamka Hamzah kini sudah berusia 38 tahun. Namun, ia belum berniat pensiun. Kini, Hamka sedang fokus untuk menyembuhkan cedera ACL yang ia derita sejak beberapa bulan yang lalu.

Video Populer

Foto Populer