Sukses


BRI Liga 1 2021 / 2022 : 3 Fakta Kekuatan Persebaya Surabaya yang Bisa Menghambat Laju Persib Bandung

Bola.com, Gianyar - Duel panas bakal tersaji pada pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/2022, Sabtu (19/3/2022) malam. Hal itu terjadi ketika Persebaya Surabaya menghadapi Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Pertandingan ini menjadi pertaruhan bagi Persib Bandung, yang masih memiliki peluang menjadi jawara BRI Liga 1 musim ini. Persib Bandung sedang bersaing dengan Bali United.

Saat ini, Persib Bandung berada di posisi ke-2 klasemen sementara dengan koleksi 66 poin. Sementara itu, Bali United berstatus pemuncak berbekal 69 poin. Pada sisi lain, Persebaya sudah pasti kehilangan peluang juara.

Bajul Ijo menghuni peringkat keempat dengan mengemas 59 poin. Artinya, hanya menyisakan tiga laga, Persebaya Surabaya hanya mendapat maksimal 68 angka di klasemen akhir.

Meski sudah kehilangan kans juara, Persebaya Surabaya tetap akan berjuang maksimal memetik kemenangan. Mereka masih berpeluang untuk mengakhiri kompetisi dengan menduduki runner-up klasemen akhir.

Pada sisi lain, Persib Bandung hanya menelan lima kekalahan selama musim ini. Satu di antaranya datang dari Persebaya pada 8 Desember 2021. Sialnya, itu merupakan kekalahan terbesar Maung Bandung di musim ini.

Sisanya, kekalahan dari empat tim lain berakhir dengan skor identik 0-1. Tim yang sanggup menaklukkan Persib Bandung antara lain Persija Jakarta, Arema FC, Bali United, dan Bhayangkara FC.

Berlatar catatan tersebut, Persebaya Surabaya telah menemukan cara membuat Persib mati kutu. Tiga kali membobol gawang Persib Bandung dan membuat mereka kesulitan mencetak gol adalah hasil yang apik dari Persebaya Surabaya musim ini.

Belum lagi, Persebaya Surabaya sudah melewati delapan laga terakhir tanpa kekalahan. Masing-masing empat menang dan seri. Konsistensi para pemain Persebaya Surabaya dalam memberi kontribusi merupakan kunci tetap bertahan di papan atas.

Terdapat tiga fakta kekuatan Persebaya Surabaya yang diprediksi akan menyulitkan Persib Bandung pada laga ini. Simak ulasan Bola.com berikut ini:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ketajaman Taisei Marukawa

Winger asal Jepang ini tampil memukau selama berseragam Persebaya Surabaya di BRI Liga 1. Dia mampu membukukan asis terbanyak, yakni 9. Tapi, catatan statistiknya tidak cuma itu.

Taisei Marukawa telah mencetak 16 gol dari 28 penampilan bersama Bajul Ijo. Sejauh ini, torehan itu membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak Persebaya Surabaya.

Pemain berusia 25 tahun ini juga memiliki rekor yang unik dengan pernah dua kali meraih gelar Player of the Month pada Oktober 2021 dan Desember 2021. Dia satu-satunya pemain yang pernah dua kali meraih titel tersebut.

Punya sederet kemampuan dalam mengumpan, menembak, hingga dribel, Taisei Marukawa berpotensi menyulitkan Persib Bandung.

 

3 dari 5 halaman

Dominasi Persebaya

Kedua tim sudah berjumpa sebanyak lima kali dalam era Liga 1. Hasilnya, Persebaya mampu mendominasi dengan memenangi tiga di antaranya. Dua lainnya berakhir dengan kemenangan untuk Persib.

Satu di antara yang paling memalukan terjadi pada 5 Juli 2019 dalam sebuah laga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Di bawah arahan Robert Alberts, waktu itu Persib kalah 0-4 dari Persebaya.

Fakta ini bakal menambah seru pertemuan kedua tim. Selain berupaya naik peringkat dan menjaga kans juara, Persib Bandung juga perlu menang untuk meredam dominasi Bajul Ijo.

 

4 dari 5 halaman

Pertahanan Solid

Persebaya punya sosok Ernando Ari Sutaryadi yang mampu tampil reguler musim ini. Kiper berusia 20 tahun ini mampu menembus tim utama dan jadi pilihan pertama di bawah mistar Persebaya Surabaya.

Dari total 17 penampilan, dia kebobolan 15 gol. Angka tersebut tergolong bagus bagi seorang penjaga gawang berusia muda. Dia juga mampu membukukan delapan kali clean sheet atau hampir setengah dari total penampilannya.

Stoper asing Alie Sesay juga memberi kontribusi ciamik. Dia telah membukukan sebanyak 24 penampilan dari total 31 laga yang sudah dilakoni Persebaya. Dia dilengkapi dengan kemampuan yang bagus dalam intersep, sapuan, memotong umpan, hingga duel udara.

Menariknya, Persebaya membukukan total 12 clean sheet atau nirbobol sepanjang musim ini dan semuanya terjadi saat Alie Sesay bertanding. Artinya, setengah dari total penampilannya membuat gawang Persebaya tidak kebobolan.

5 dari 5 halaman

Di Mana Persebaya?

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer