Sukses


Mengenal Calon Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023: Membedah Kekuatan, Yordania, Nepal, dan Kuwait

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia senior akan menghadapi fase ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Ajang itu akan digelar pada Juni 2022 nanti.

Di fase itu pasukan Shin Tae-yong ada di Grup A. Mereka bersaing dengan tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Peluang Indonesia untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia di Tiongkok musim depan cukup besar.

Evan Dimas Darmono dan kolega bisa lolos lewat jalur juara grup A. Mereka juga bisa lolos sebagai salah satu lima runner-up terbaik dari enam grup yang tersedia.

Namun, sebelum menyaksikan perjuangan Tim Garuda, ada baiknya kita mengenal satu per satu calon lawan Timnas Indonesia di ajang tersebut. Simak di bawah ini ya!

 

2 dari 4 halaman

Yordania

Tim asal Timur Tengah ini bisa dikatakan sebagai lawan paling sulit yang bakal dihadapi Timnas Indonesia. Yordania belakangan ini menunjukkan konsistensi di sepak bola internasional.

Dalam daftar peringkat FIFA terkini, Yordania menempati urutan ke-90. Artinya mereka jadi tim dengan peringkat FIFA tertinggi di grup A.

Sepanjang sejarah, Indonesia sudah empat kali berlaga melawan Yordania. Namun, hasil minor selalu diraih oleh Tim Garuda.

Pertemuan terakhir terjadi pada tahun 2019 lalu. Saat itu Indonesia kalah 1-4 dari Yordania.

 

3 dari 4 halaman

Kuwait

Secara peringkat FIFA, Kuwait tak beda jauh dengan Indonesia (160). Saat ini Kuwait ada di peringkat 143.

Namun, status tuan rumah bisa menguntungkan tim yang kini diasuh oleh Vitezslav Lavicka itu. Hal itu patut diwaspadai Indonesia.

Timnas Indonesia dan Kuwait cukup sering bertemu. Salah satu pertemuan paling ikonik terjadi di fase grup Piala Asia 1996 lalu.

Saat itu kedua tim berbagi skor imbang 2-2. Salah satu gol Indonesia dicetak oleh Widodo Cahyono Putro lewat tendangan salto.

 

4 dari 4 halaman

Nepal

Dibandingkan tiga tim lain di Grup A, Nepal punya rangking FIFA yang paling rendah. Saat ini Nepal ada di posisi ke-167 dalam sistem peringkat FIFA.

Meski demikian, Nepal tak bisa diremehkan begitu saja. Apalagi ketika mereka berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Nepal punya sosok pemain yang mengenal luar dalam karakter permainan ala Indonesia. Sosok yang dimaksud adalah Rohit Chand.

Selain jadi andalan di Persija Jakarta, pemain berusia 30 tahun itu juga jadi salah satu pemain penting di skuad Nepal. Itu terbukti dari 46 penampilan yang sejauh ini dimiliki Rohit di Timnas Nepal.

Video Populer

Foto Populer