Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Ditinggal Banyak Pemain Bintang, Bonek Masih Percaya Aji Santoso

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sedang menjadi perbincangan karena kehilangan sejumlah pemain hanya dalam sepekan terakhir. Tak sampai sepekan BRI Liga 1 2021/2022 berakhir, 11 pemain sudah resmi pergi.

Persebaya Surabaya telah ditinggalkan Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Arsenio Valpoort, Alie Sesay, Johan Yoga Utama, David Ariyanto, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Reva Adi Utama, Ady Setiawan, dan terakhir Samsul Arif.

Tokoh Bonek, Husin Ghozali, merespons dengan santai melihat klub kebanggaannya sedang kehilangan banyak pemain penting. Baginya, kepergian para pemain itu merupakan hal yang biasa di akhir musim.

“Ini dinamika pergantian musim, ada yang keluar masuk itu biasa. Saya memandangnya seperti itu. Mungkin ada teman-teman Bonek yang kecewa, tapi sebagian dari kami menanggapinya biasa saja. Akhir musim selalu begitu,” kata pria yang akrab disapa Cak Cong itu kepada Bola.com, Jumat (8/4/2022).

Fenomena ini memang tidak lepas kontrak jangka pendek yang mengikat para pemain tersebut. Mereka hanya dikontrak sampai akhir musim dan kini bebas menentukan pilihan untuk mendapat tawaran klub lain.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Nama Besar Klub

Apalagi, tawaran nilai kontrak dari klub lain itu melonjak naik berkali-kali lipat. Itu juga tidak terlepas dari performa para pemain tersebut dengan membawa Persebaya menembus lima besar klasemena akhir BRI Liga 1.

“Di Indonesia ini industri sepak bolanya belum berjalan baik. Kontrak pemain hanya satu musim, akhirnya kontrak habis pemain digoda klub dan lepas. Kondisinya memang seperti ini. Bagi Bonek, Persebaya itu lebih besar dari nama pemain itu sendiri,” imbuh Cak Cong.

Dari sejumlah nama-nama itu, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto paling jadi perbincangan. Sebab, dua gelandang ini telah resmi diperkenalkan sebagai pemain batu Persib Bandung untuk musim depan.

Yang lainnya masih sebatas rumor. Reva Adi misalnya yang dikabarkan merapat ke Madura United, lalu Ady Setiawan didekati RANS Cilegon. Samsul Arif sendiri disebut sempat berkomunikasi dengan Persita Tangerang dan Arema FC.

3 dari 4 halaman

Anggap Wajar

Di media sosial, banyak muncul suara dari Bonek yang kecewa karena manajemen klub gagal mengamankan jasa sejumlah pemain penting. Namun, Cak Cong percaya pelatih Aji Santoso akan bekerja dengan baik membentuk tim untuk musim baru.

“Pemain keluar dan masuk itu biasa saja, saya anggap wajar. Yang jelas, kami menghormati manajemen klub. Kami masih percaya Coach Aji dan jajaran pelatih pasti bisa membentuk kerangka tim untuk musim depan,” tuturnya.

Pelatih Aji Santoso mengungkapkan tidak ambil pusing dengan keputusan para pemainnya memilih pergi. Dia akan melakukan regenerasi dengan mempromosikan sejumlah pemain tim junior ke tim senior Persebaya.

Sejak menangani Persebaya mulai 2019, Aji memang memprioritaskan bisa mengorbitkan pemain binaan kompetisi internal. Sebab, pemain asli Surabaya dan sekitarnya akan memiliki motivasi lebih dalam membela Bajul Ijo.

Kompetisi internal Persebaya sendiri diikuti oleh 20 klub yang terbagi dalam dua kasta. Dengan sistem kompetisi penuh, para pemain muda sudah terbiasa ditempa untuk merasakan atmosfer kompetisi yang ketat.

4 dari 4 halaman

Lihat Posisi Persebaya Musim Lalu

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer