Sukses


Bak Gulali, Pemain Asal Bumi Cendewasih Laris Manis: Persib Siap Rebut Osvaldo Haay, Persija Incar Duo Papua

Bola.com, Jakarta - Tanah Papua merupakan surga yang menghasilkan pesepak bola Indonesia. Talenta-talenta terbaik dari Bumi Cenderawasih selalu mampu mengejutkan publik sepak bola nasional.

Tak heran bila regenerasi pemain di Papua tak pernah putus. Setelah era Boaz Solossa, beberapa nama mulai mengorbit seperti Gunansar Mandowen, Todd Ferre hingga duo Rumakiek, David dan Ramai.

Saking banyaknya pemain berbakat di sana, tidak semua pemain mendapatkan kesempatan membela Persipura Jayapura. Beberapa nama memilih mengembara dan mencari tantangan di klub lain.

Memasuki bursa transfer jelang Liga 1 2022/2023, nama-nama pemain asal Papua cukup laris diminati. Tak hanya pemain yang membela Persipura, bebeberapa nama lain yang berada di luar Papua juga mampu menarik perhatian.

Bola.com memilih enam pemain asal Papua yang besar kemungkinan bakal menyeberang ke klub lain di Liga 1 2022/2023. Siapa saja mereka?

2 dari 6 halaman

Osvaldo Haay

Sejak mengorbit di beberapa turnamen pada 2015 lalu, Osvaldo Haay telah menjadi bakat muda Papua yang paling sukses belakangan ini. Gelar Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 bersama Persipura merupakan bukti sahih kehebatannya.

Pemain yang kini berusia 23 tahun itu lantas mengamankan kepindahan ke klub promosi Persebaya Surabaya pada 2018 lalu. Dua tahun di sana, ia lantas pergi ke klub besar lainnya, Persija Jakarta.

Tapi, di jendela transfer kali ini, Osvaldo disebut-sebut bakal pergi. Persib Bandung dirumorkan bakal mengamankan tanda tangannya untuk kompetisi musim depan.

3 dari 6 halaman

Ricky Cawor

Persipura Jayapura sebetulnya beruntung berhasil mengamankan Ricky Cawor pada pertengahan musim lalu. Pemain berusia 24 tahun itu merupakan properti panas setelah menjadi top scorer dan meraih gelar di PON Papua lalu.

Meskipun tak selalu mendapatkan menit bermain, perannya sebagai pemain pengganti sangat krusial. Ketiga golnya tercipta pada menit akhir dan membuat Persipura mengemas tiga angka penuh.

Berkat penampilannya tersebut, beberapa klub Tanah Air dikabarkan mengamatinya. Persija Jakarta menjadi klub yang paling santer diberitakan bakal merekrutnya.

4 dari 6 halaman

Yakob Sayuri

Yakob Sayuri merupakan pemain terbaik yang dimiliki PSM Makassar pada musim ini. Tidak hanya menyisir sayap kanan, kemampuannya menusuk ke kotak penalti membuatnya sangat berharga.

Pemain berusia 24 tahun itu berulang kali menjadi pembeda bagi klub berjulukan Juku Eja tersebut. Sumbangan enam gol dan dua assist yang dibuatnya hanya kalah dari Willem Jan Pluim.

Sayangnya, situasi di kubu PSM terlihat tidak kondusif belakangan ini. Sama seperti Ricky Cawor, Persija dikabarkan siap menampungnya musim depan.

5 dari 6 halaman

Donny Monim

Donny Monim dikabarkan menjadi pemain yang mencari jalan keluar setelah Persipura degradasi. Pemain kelahiran Kabupaten Yapen ini dikabarkan bakal kembali ke Barito Putera.

Pemain berusia 28 tahun itu memang tak langsung meniti karier di Persipura. Setelah tampil cemerlang bersama PSBS Biak di Liga 2, Monim mencuat jadi salah satu andalan Perseru Serui pada musim 2018.

Cukup satu musim, Jacksen F. Tiago yang kala itu menangani Barito Putera langsung merekrutnya pada musim 2019. Tapi, ia pun hanya semusim berada di sana dan berlabuh di Persipura dalam dua musim terakhir.

6 dari 6 halaman

David dan Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek merupakan properti panas di bursa transfer kali ini. Sejak menjalani debut bagi Persipura pada awal musim lalu, namanya langsung meroket.

Kesempatan besar lantas datang saat Shin Tae-yong memanggilnya ke Timnas Indonesia. Satu hal yang membuat namanya cepat dikenal adalah kebiasannya mencetak gol di laga debut.

Sementara itu, David Rumakiek mencuat menjadi satu bek kiri potensial di BRI Liga 1 2021/22. Kedua pemain ini dikabarkan menjadi buruan utama Persebaya Surabaya yang kehilangan banyak pemain pilarnya di sektor sayap.

Bek Persipura, David Kevin Wato Rumakiek (kiri) berebut dengan gelandang Persita, Harrison De Oliveira dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 antara Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/08/2021) malam

Video Populer

Foto Populer