Sukses


Asep Berlian Kenang Awal Pembentukan Madura United: Latihan di Alun-Alun Bangkalan

Bola.com, Surabaya - Setiap pertemuan, pasti ada perpisahan. Pepatah itu akhirnya dirasakan Asep Berlian setelah memperkuat Madura United selama enam tahun.

Per hari ini (10/4/2022), dirinya bukan lagi bagian klub berjuluk Laskar Sape Kerrap. Sebagai pemain terlama yang berseragam Loreng Madura, tentu banyak kenangan yang membekas di memorinya. Salah satunya perjalanan Madura United di awal pembentukannya pada 2016 lalu.

Setelah melakukan akuisisi terhadap Pelita Bandung Raya, Madura United resmi diperkenalkan kepada publik pada 10 Januari 2016. Pemain asal Bogor itu merupakan salah satu pemain yang ikut dalam proses trial di Surabaya.

Tetapi momen yang paling berkesan baginya yakni safari yang dilakukan keliling Madura. Ini dilakukan untuk memperkenalkan Madura United kepada masyarakat Pulau Garam.

"Waktu itu awal terbentuk sempat latihan di Surabaya dulu. Terus ke Pamekasan. Sempat tiga bulan akhirnya pindah ke Bangkalan. Ya dari nol lah kami memperkenalkan bahwa Madura United ini dibentuk untuk orang Madura," kenangnya.

 

 

2 dari 4 halaman

Dekati Fans

Demi meraih dukungan publik Madura, Asep mengakui bila manajemen memiliki cara-cara unik. Salah satunya, mereka menarik perhatian publik dengan berlatih di alun-alun.

Sebagai salah satu klub sepakbola profesional di Indonesia, langkah ini jelas tak lazim. Tetapi cara itu pada akhirnya berhasil membuat masyarakat Madura merasa dekat dengan tim yang dimiliki Achsanul Qosasi tersebut.

"Karena Madura pulaunya besar, dari Sumenep ke Bangkalan. Jadi kami pindah-pindah untuk memperkenalkan. Awalnya juga kita latihan di alun-alun baru ke stadion," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Gennaro Gattuso dari Madura United

Sebagai seorang gelandang bertahan, Asep jelas dituntut bermain sangar untuk memenangkan setiap perebutan bola. Selama enam tahun terakhir, hal itu terlihat dalam karakter bermainnya.

Karenanya, tak heran bila fans menjulukinya 'Gattuso'. Ini merujuk kepada legenda AC Milan, Gennaro Gattuso yang terkenal garang dalam mengawal lini tengah klub asal Italia tersebut.

"Julukan Gattuso itu datangnya juga dari suporter sendiri. Awalnya dari cak Mamat (dirigen K-Conk Mania), terus yang lainnya juga mengiyakan. Itu jadi motivasi saya sih selama di lapangan," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Madura United Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer