Sukses


BRI Liga 1: Selama Bisa Berlari, Samsul Arif Belum Mau Pensiun

Bola.com, Jakarta - Samsul Arif sempat mendapat pertanyaan mengenai rencana pensiun dari dunia sepak bola. Momen itu tercipta dalam video wawancara di kanal YouTube Official Persebaya pada 17 Maret 2022.

Saat itu, status Samsul masih jadi pemain yang diandalkan Persebaya. Pertanyaan itu muncul dilatarbelakangi usianya yang kini telah menginjak 37 tahun. Namun, Samsul Arif masih mampu menunjukkan performa impresif.

"Saya tidak tahu itu kapan terjadi. Tapi, selama kaki saya dan otak saya masih sinkron, masih bisa berjalan beriringan, saya pikir saya akan terus berlari dan bermain sepak bola," ungkap pemain asal Bojonegoro itu.

Samsul Arif termasuk pemain yang sarat pengalaman di Indonesia dengan pernah membela tujuh klub sebelum ke Persebaya. Dia sempat berseragam Persikaba Blora, Persibo Bojonegoro, Persela Lamongan, Arema, Persib Bandung, Barito Putera, dan Persita Tangerang.

Pemain kelahiran 14 Januari 1985 itu tercatat membukukan dua gol dalam 17 penampilan bersama Timnas Indonesia. Dia masuk Tim Merah Putih pada Piala AFF 2014 di bawah arahan pelatih Alfred Riedl.

Samsul masih menyayangkan bila harus meninggalkan dunia sepak bola dalam waktu dekat. Apalagi, penampilannya masih cukup baik di usia senja sebagai striker dan bisa bersaing dengan pemain asing.

“Saya mendapatkan tempat seperti sekarang ini, saya menjadi pemain sepak bola profesional, pemain liga, menjadi pemain nasional, itu saya mendapatkannya dengan susah payah. Dan itu butuh waktu yang lama,” ucapnya.

“Dari kecil sekali, dari kecil bahkan, atau puluhan tahun, saya ingin berada di sini. Saya tidak mau dengan mudah kehilangan ini. Saya akan terus berusaha dan berlari. Sampai kapanpun mungkin saya akan bermain bola, selama saya bisa berlari,” tutur Samsul Arif.

 

2 dari 4 halaman

Pemain Ke-11

Samsul Arif telah menyusul sejumlah pemain bintang yang memilih hengkang dari Persebaya Surabaya. Dia resmi meninggalkan klub asal Kota Pahlawan itu seiring berakhirnya Liga 1 2021/2022.

Dia tercatat sebagai pemain ke-11 yang secara resmi dilepas oleh Persebaya. Sebelumnya, ada 10 pemain, baik itu asing maupun lokal yang dinyatakan tidak menjadi bagian Tim Bajul Ijo pada musim depan.

Pemilik nama lengkap Samsul Arif Munip itu menjalani musim yang luar biasa bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 2021/2022. Meski termasuk striker gaek, dia ada di jajaran Best IX of the Season atau sebelas terbaik musim ini.

 

3 dari 4 halaman

Diincar Klub-Klub Liga 1

Menariknya, Samsul jadi pemain tertua dalam jajaran tersebut, yakni sudah menyentuh usia 37 tahun. Di lini depan, dia masuk bersama striker Ilija Spasojevic (Bali United) dan Ciro Alves (Persikabo 1973).

Samsul tetap mampu menunjukkan performa impresif dengan mencetak 11 gol dari 25 laga di BRI Liga 1. Jumlah itu membuat Samsul Arif menjadi striker lokal tersubur kedua setelah Ilija Spasojevic, yang membukukan 23 gol.

Dengan prestasi itu, kini sejumlah klub dikabarkan sedang berebut tanda tangannya untuk musim depan. Persita Tangerang dan Arema FC disebut mendekatinya. Terbaru, Persis Solo juga kabarnya ingin merekrutnya.

4 dari 4 halaman

Simak Posisi Akhir Persebaya di BRI Liga 1:

Video Populer

Foto Populer