Sukses


Deretan Pemain Persib yang Punya Nilai Pasar Tertinggi, Harga Marc Klok Fantastis

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung mendapat amunisi baru untuk menyongsong kompetisi Liga 1 musim depan. Maung Bandung resmi merekrut Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto dari Persebaya Surabaya.

Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto direkrut dengan durasi kontrak yang berbeda. Kambuaya diikat kontrak selama dua tahun, sedangkan Irianto tiga musim.

Manajemen Persib Bandung dikabarkan merogoh kocek dalam demi mendapatkan jasa kedua pemain tersebut. Mengingat, Kambuaya dan Irianto merupakan pemain berlabel Timnas Indonesia.

Berdasarkan data transfermarkt, Rachmat Irianto punya nilai pasar lebih tinggi dari pada Kambuaya. Irianto tercatat memiliki nilai pasar mencapai Rp 5,21miliar.

Sebelum berlabuh ke Persib Bandung, Irianto memang jadi pilar andalan Persebaya Surabaya. Gelandang berusia 22 tahun ini juga berperan sebagai kapten tim.

Selama memperkuat Bajul Ijo, Irianto telah mencatatkan 21 penampilan. Dia juga sempat memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 Singapura.

Selain Irianto, Maung Bandung sebelumnya sudah mempunyai pemain-pemain dengan market value tertinggi berdasarkan data transfermarkt. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

Marc Klok

Gelandang berusia 28 tahun ini merupakan pemain dengan market value tertinggi di Persib. Klok diperkirakan punya nilai pasar mencapai Rp 7,82miliar.

Harga Klok memang terbilang tinggi lantaran punya kualitas mumpuni. Pemain kelahiran Belanda ini kerap menjadi andalan Maung Bandung di lini tengah.

Berkat perfoma gemilangnya bersama Persib, Klok bahkan mendapat panggilan Timnas Indonesia arahan pelatih Shin Tae-yong. Dia disiapkan untuk memperkuat Timnas di ajang SEA Games 2021.

3 dari 7 halaman

Ezra Walian

Pemain kelahiran  Belanda ini ditaksir memiliki harga pasar mencapai Rp 5,65miliar. Ezra punya nilai pasar fantastis lantaran usia yang terbilang muda dan merupakan jebolan Ajax Amsterdam.

Ezra dikenal sebagai penyerang serba bisa. Dia mampu bermain sebagai gelandang serang, sayap hingga penyerang.

Bersama Persib, Ezra telah mencatatkan satu gol dan tiga assist dari 20 penampilannya. Ezra mencetak gol saat Persib mengalahkan Bhayangkara FC di putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022.

4 dari 7 halaman

Febri Haryadi

Pria berusia 26 tahun ini merupakan pemain andalan Persib Bandung dalam beberapa tahun terakhir. Maka tak heran, Febri punya harga pasar tertinggi dengan Rp 5,65miliar.

Market value Febri sebenarnya mengalami penurunan. Pada musim 2019, dia sempat memiliki nilai pasar termahal sekitar 6,95miliar.

Febri merupakan pemain binaan Persib. Dia sempat memperkuat Persib junior selama lima musim, tepatnya sejak 2010-2015.

Pada BRI Liga 1 2021/2022, Febri mencatatkan dua gol dan dua assist dari 29 penampilannya. Dia dikenal memiliki kecepatan dan kelincahan di sektor sayap.

5 dari 7 halaman

Ardi Idrus

Pemain berusia 29 tahun ini selalu tampil konsisten bersama Persib. Ardi mampu memberikan rasa aman bagi barisan pertahanan.

Ardi dikenal sebagai full back tangguh. Dia dikenal mempunyai semangat juang tinggi saat diturunkan.

Pada BRI Liga 1 2021/2022, Ardi mengoleksi 25 penampilan. Dia sempat beberapa kali absen karena sanksi akumulasi kartu kuning.

Menurut data transfermarkt, eks pemain PSS Sleman ini memiliki nilai pasar mencapai Rp 4,35miliar. Ardi jadi bek lokal termahal yang dimiliki Persib.

Sumber: Transfermarkt

6 dari 7 halaman

Markas Suporter

Perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 sudah berakhir dengan menyuguhkan berbagai keseruan yang memicu adrenalin, laga-laga panas, dan kejutan-kejutan menarik.  Kesuksesan perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama banyak pihak, dan semuanya layak mendapat apresiasi.

Apresiasi khusus ditujukan kepada suporter yang turut menyukseskan kompetisi Liga 1 melalui kampanye #Dukungdarirumah. Komitmen suporter untuk disiplin mendukung tim kesayangannya meskipun dari rumah, merupakan salah satu kunci penting kesuksesan penyelenggaraan Liga 1 musim ini.

Kesuksesan Liga 1 2021/2022 tersebut menginspirasi lahirnya program Markas Suporter. Program ini merupakan inisiasi dari Kapanlagi Youniverse melalui Bola.com dan Bola.net dengan PSSI untuk menjadi wadah sekaligus rumah para suporter Tanah Air. Markas Suporter diharapkan jadi tempat untuk saling berbagi informasi dan silaturahmi antarsuporter baik melalui konten digital maupun aktivasi offline.

Program tersebut akan dibuka dengan Event Live Streaming Markas Suporter yang diadakan pada Kamis, 14 April 2022. Selain jadi event pembuka, acara itu juga akan menjadi ajang apresiasi kepada para suporter yang telah menyukseskan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, dan Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe, akan datang langsung ke Studio KLY untuk mengikuti acara bincang santai dengan jurnalis Bola.com, dan perwakilan suporter dan klub dari Liga 1 juga akan mendapat undangan bergabung pada acara tersebut secara online. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga diharapkan akan bergabung dalam perbincangan santai itu secara online.

Jadi, jangan lupa menyaksikan acara Event Live Streaming Markas Suporter di Vidio pada 14 April 2022, pukul 16.00 WIB.

7 dari 7 halaman

Tengok Persaingan Persib di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer