Sukses


Layaknya Zlatan Ibrahimovic, Ini Alasan Samsul Arif Jadi Primadona BRI Liga 1 pada Usia Senja

Bola.com, Jakarta - Berbeda dengan sosok penjaga gawang yang bisa tetap bertahan di usia senja, tak banyak penyerang yang mampu bersinar di usia tuanya. Tetapi bagi sebagian pemain, usia hanyalah sebuah angka.

Tengok saja bagaimana kiprah Zlatan Ibrahimovic bersama AC Milan. Pemain asal Swedia itu masih tetap eksis walaupun usianya telah menginjak kepala empat.

Meskipun tak selalu menjadi pemain utama, kehadirannya cukup membuat keder bek lawan. Delapan gol dan dua assist dalam 23 pertandingan di semua kompetisi, cukup menunjukkan kehebatannya.

Di Indonesia, ada satu nama yang layak dipuja layaknya 'Sang Singa'. Eks penggawa Persebaya Surabaya, Samsul Arif Munip, terus membuktikan dirinya sebagai salah satu striker jempolan yang dimiliki sepak bola Tanah Air.

Pemain asal Bojonegoro tersebut bisa dikatakan sebuah anomali di sepak bola Indonesia yang gemar menggunakan penyerang asing. Ia berhasil mendobrak kemapanan para ekspatriat ini sepanjang BRI Liga 1 2021/22.

2 dari 3 halaman

Akrab Cetak Gol Dobel Digit

Walaupun telah berusia 37 tahun, ketajaman Samsul memang tak berkurang sedikitpun. Mencetak gol hingga menyentuh angka belasan merupakan hal yang sudah jamak dilakukannya sejak beberapa tahun yang lalu.

Sejak musim 2013, tercatat hanya dua kali saja ia gagal menembus dobel digit gol. Itu terjadi saat Samsul bermain untuk Persib Bandung pada Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 dan Barito Putera pada 2019.

Terlepas dari dua catatan tersebut, kontribusinya bagi tim yang ia bela tak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun tak mampu menjadi pencetak gol terbanyak, mantan pemain Persela Lamongan ini tetap konsisten mencetak lebih dari 10 gol setiap musimnya.

3 dari 3 halaman

Buruan Klub-Klub Liga 1 dan Liga 2

Pada bursa transfer kali ini, namanya kerap kali disebut-sebut setelah resmi berpisah dengan Persebaya Surabaya. Santer dikabarkan bakal merapat ke Arema FC, pada akhirnya transfer itu tak pernah terjadi.

Terkini, ia terus dikaitkan dengan klub promosi, Persis Solo. Juara Liga 2 2021 itu tengah membangun ulang skuadnya setelah ditinggal topskor mereka, Alberto Goncalves yang masa peminjamannya dari Madura United sudah kadaluarsa.

Selain itu, klub-klub Liga 2 macam Deltras FC juga dikabarkan terus menggodanya. Beberapa pilar eks Persebaya disebut-sebut telah setuju bergabung dengan klub berjuluk The Lobster tersebut dan mungkin akan diikuti Samsul.

Video Populer

Foto Populer