Sukses


BRI Liga 1: Mengenal Class of 2017 Persebaya, Skuat Juara Liga 2 yang Kini Menyisakan Muhammad Hidayat

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya sudah banyak melakukan perubahan sejak berhasil kembali diakui PSSI pada awal 2017. Para pemain silih berganti datang dan pergi ke Kota Pahlawan.

Musim itu, mereka berhasil menjuarai Liga 2 2017 di bawah arahan pelatih Alfredo Vera. Titel itu juga sekaligus tiket promosi ke Liga 1 dan mereka masih bertahan di kasta tertinggi hingga sekarang.

Tercatat hanya ada lima pemain Class of 2017 yang masih berada di Persebaya pada Liga 1 2021/2022. Sayang, empat di antaranya sudah pergi. Ironisnya, mereka semua justru jebolan klub internal Persebaya.

Rachmat Irianto jadi yang pertama mengumumkan hengkang dan telah bergabung Persib Bandung. Kabar ini mengejutkan karena statusnya kapten tim sekaligus putra dari legenda sekaligus asisten pelatih Bejo Sugiantoro.

Berikutnya, giliran bek Mokhamad Syaifuddin yang memastikan hengkang. Kabarnya, pemain kelahiran Surabaya itu menjalin komunikasi dengan klub promosi Dewa United untuk musim baru.

Lalu, gelandang Rendi Irwan dan winger Oktafianus Fernando resmi dilepas di saat yang bersamaan. Kabar kepergian dua pemain itu sudah muncul sejak berakhirnya BRI Liga 1 2021/2022.

Hengkangnya Ofan, sapaan Oktafianus, dan Rendi disayangkan karena keduanya merupakan bek jebolan klub internal Persebaya sebelum berkarier profesional. Mereka sudah menjadi bagian Bajul Ijo sejak 2017 atau lima tahun terakhir.

Nama mereka mulai masuk Persebaya dalam Liga 2 2017 yang berhasil keluar sebagai juara. Ofan dan Rendi kemudian masih setia membela Bajul Ijo, dan kali ini perjalananya di Kota Pahlawan harus terhenti.

 

2 dari 4 halaman

Tinggal M. Hidayat

Kini, hanya tersisa Muhammad Hidayat, pemain yang merupakan bagian dari skuat Persebaya di Liga 2 2017. Menariknya, Hidayat justru merupakan putra asli Bontang yang mengawali karier junior bersama Borneo FC U-21 sebelum ke Surabaya.

Sebelum mereka sejumlah pemain sudah memilih pergi. Ada yang berhasil meraih prestasi gemilang dengan menjuarai Liga 1, yakni Irfan Jaya, Sidik Saimima, dan Samuel Reimas.

Ya, tiga nama itu merupakan bagian dari Bali United yang telah menjuarai Liga 1 2021/2022. Samuel Reimas malah dua kali meraih trofi itu karena juga masuk skuat juara Liga 1 2019, meski statusnya kiper pelapis.

Lalu, masih ada nama-nama lain yang mampu bersaing di Liga 1. Sebut saja Misbakus Solikin bersama PSS Sleman, lalu Fandry Imbiri membela Madura United. Nerius Alom pun musim lalu berseragam Persela Lamongan dan Ricky Kayame kembali ke Persipura Jayapura.

Kebanyakan dari mereka malah masih berjibaku di klub kasta kedua. Di antaranya adalah Abu Rizal Maulana, Irvan Febrianto, Adam Maulana, Rishadi Fauzi, Yogi Novrian, Rangga Muslim, hingga Said Mardjan.

Nama Muhammad Hidayat tentu saja jadi pemain yang paling mampu mencuri perhatian dalam skuat Persebaya Surabaya. Di saat sejumlah pemain memilih hengkang, pemain asal Bontang itu memilih bertahan.

Hidayat sebenarnya mendapat tawaran dari klub lain untuk musim depan. Namun, gelandang berusia 25 tahun menjaga kesetiaannya bersama Bajul Ijo.

Tawaran tinggi dari klub lain tentu saja menggiurkan. Apalagi, beberapa pemain lain yang memilih pergi dari Persebaya beralasan mendapat tawaran nilai kontrak yang lebih besar. Mengapa Hidayat mau bertahan di Surabaya?

Hidayat sendiri tercatat memulai karier seniornya dengan membela Persebaya mulai 2017. Artinya, dia menjaga loyalitasnya dengan hanya berseragam Bajul Ijo dalam karier profesionalnya.

Dia termasuk gelandang yang memiliki banyak menit bermain meski kedatangan pemain asing kerap menggesernya.

 

3 dari 4 halaman

Skuat Lengkap Persebaya Juara Liga 2 2017

  • Kiper: Dimas Galih, Miswar Saputra, Samuel Reimas
  • Belakang: Fandry Imbiri, Mokhamad Syaifuddin, Rahmad Juliandri, Rachmat Irianto, Andri Muliadi, Abu Rizal Maulana, Irvan Febrianto, Abdul Aziz
  • Tengah: Muhammad Hidayat, Misbakus Solikin, Sidik Saimima, Rendi Irwan, Nerius Alom, Thaufan Hidayat, Adam Maulana, Said Mardjan
  • Depan: Rishadi Fauzi, Yogi Novrian, Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, Rangga Muslim, Ricky Kayame
4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer