Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Resmi Rekrut Brylian Aldama, Harus Tetap Berjuang Dapat Tempat di Tim Inti

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya secara resmi memperkenalkan Brylian Aldama sebagai pemain rekrutan baru pada hari Kamis (28/04/2022). Mereka berhasil memulangkan gelandang jebolan Persebaya U-20 itu setelah berkarier di Kroasia.

Perkenalan ini dilakukan oleh Persebaya melalui unggahan video di berbagai akun media sosial. Dalam video itu, Brylian mengatakan "I am green" dan diiringi dengan video aksi-aksinya bersama Persebaya U-20.

Nama Brylian Aldama memang sudah diharapkan bisa masuk skuad Persebaya senior untuk Liga 1 musim depan. Namun, eks Timnas Indonesia U-16 tetap harus berjuang demi menunjukkan performa terbaiknya.

"Kalau mau masuk skuat utama, tetap harus menampilkan kemampuan terbaiknya. Ini berlaku untuk semua pemain di tim saya, baik pemain lokal maupun asing. Termasuk juga Brylian,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Sebelumnya, gelandang asal Sidoarjo itu masuk dalam tim Indonesia All Star U-20 yang tampil dalam International Youth Championship (IYC) 2022 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, 19 April silam.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sampai rela datang ke JIS demi menyaksikan kiprah Brylian dalam turnamen itu. Dia tidak menampik bahwa klubnya memang menaruh ketertarikan pada gelandang berusia 20 tahun itu.

 

2 dari 2 halaman

Belum Berpengalaman

Aji menyebutkan bahwa pihak klub telah memberi tawaran yang layak untuk Brylian Aldama yang belum pernah menjalani kompetisi profesional di Indonesia.

Meski tampil apik di Timnas Indonesia U-16 dan pernah bermain di Eropa, kemampuan Brylian harus tetap dibuktikan lagi.

"Iya, Brylian ini belum berpengalaman di Indonesia. Dia masih harus membuktikan. Nilai kontrak yang kami berikan juga layak untuk pemain yang belum punya pengalaman profesional di sini,” imbuh Aji Santoso.

Nama Brylian Aldama kali pertama muncul ke publik pada 2018. Saat itu, dia merupakan bagian skuad Timnas Indonesia U-16 arahan Fakhri Husaini yang menjuarai Piala AFF U-16 2018. Menariknya, turnamen itu digelar di kota asalnya, Sidoarjo.

Dari situlah, Brylian lantas masuk ke skuat Elite Pro Academy Persebaya di musim 2019. Yahya Alkatiri saat itu masih menjabat sebagai manajer tim junior Persebaya U-20 sehingga cukup mengenal Brylian.

Brylian kemudian masuk dalam skuad Persebaya U-20 yang menjuarai Elite Pro Academy U-20 2019. Berkat penampilannya, dia kemudian dikontrak oleh klub Kroasia, HNK Rijeka, yang membuat Persebaya melepasnya.

Kepulangan Brylian itu bisa menambal celah di lini tengah Persebaya yang ditinggal Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Dia akan bekerja sama dengan Andre Oktaviansyah dan Ernando Ari Sutaryadi yang merupakan rekannya di Timnas Indonesia U-16.

Video Populer

Foto Populer