Sukses


Shin Tae-yong Diprediksi Mainkan Formasi 4-1-4-1 Saat Timnas Indonesia U-23 Hadapi Vietnam, Marc Klok Jadi Andalan Lini Tengah

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 memainkan laga pertamanya di Grup A sepak bola SEA Games 2021 dengan menghadapi Vietnam di Viet Tri Stadium, Jumat (6/5/2022) petang WIB. Shin Tae-yong diprediksi akan menjadikan Marc Klok sebagai andalan di lini tengah Tim Garuda Muda.

Vietnam adalah juara bertahan SEA Games. Tim berjulukan Golden Star Warriors itu meraih medali emas SEA Games 2019 setelah mengalahkan Timnas Indonesia U-22 di laga final.

Kini, Vietnam tak hanya menjadi juara bertahan, tapi juga menjadi tuan rumah. Menariknya, mereka akan langsung menjadi lawan Timnas Indonesia U-23 di laga pertama fase grup.

Sayangnya, dua bintang Timnas Indonesia U-23, Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam, dipastikan bakal absen. Tentu ini akan menjadi kerugian bagi Shin Tae-yong untuk bisa menyusun kekuatan terbaik Garuda Muda.

Mengacu kepada pertemuan melawan Vietnam di Piala AFF 2020, saat itu Shin Tae-yong memilih timnya bermain reaktif. Timnas Indonesia bermain bertahan dengan formasi 4-1-4-1 yang bisa berubah menjadi 5-4-1.

Dengan formasi yang sama, berikut perkiraan starting XI Timnas Indonesia U-23 kala berjumpa Vietnam dalam laga perdana Grup A SEA Games 2021:

 
2 dari 6 halaman

Penjaga Gawang

Shin Tae-yong punya dua kiper dengan kualitas yang sama bagusnya. Adi Satryo telah mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong sejak level U-19. Performanya sangat stabil bersama Persik Kediri.

Sementara itu, ada Ernando yang juga sudah lama bekerja di bawah kendali Shin Tae-yong. Ernando masuk skuad Piala AFF 2020 lalu, tapi mengalami cedera dan urung menunjukkan aksi terbaiknya.

Ernando mungkin akan mendapat kesempatan untuk menjaga gawang Timnas Indonesia U-23 pada duel melawan Vietnam. Ernando punya pembacaan permainan yang bagus. Selain itu, kemampuan menepis penalti Ernando juga mumpuni.

3 dari 6 halaman

Lini Pertahanan

 

Dua pemain kunci di lini belakang Timnas Indonesia U-23 sudah pasti absen, yaitu Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott. Kedua pemain tersebut belum dilepas oleh klub masing-masing.

Posisi Asnawi mungkin akan digantikan Rio Fahmi. Bersama Persija, dia bermain bagus di BRI Liga 1 dan membuat Marco Motta harus duduk di bangku cadangan. Rio Fahmi layak mendapat kesempatan untuk membela Timnas Indonesia.

Tanpa Baggott, Shin Tae-yong masih punya duet tangguh Fachruddin dan Dewangga. Mereka sudah bermain bersama sejak Piala AFF 2020 lalu. Jadi, tidak ada yang perlu diragukan dari duet ini. Rizki Ridho jadi opsi di bangku cadangan.

Posisi bek kiri akan krusial. Sebab, dia akan bermain di bawah bayang-bayang Pratama Arhan. Firza Andika adalah pilihan yang tepat. Firza sudah punya pengalaman bermain di SEA Games 2019 lalu.

4 dari 6 halaman

Lini Tengah

Marc Klok akan memainkan peran yang vital di lini tengah. Klok akan banyak beroperasi di ruang antarlini. Tugas Klok adalah memutus serangan lawan sekaligus memulai serangan Timnas Indonesia U-23.

Dua pemain yang akan menemani Marc Klok untuk memenangkan duel di lini tengah adalah Syahrian Abimanyu dan Ricky Kambuaya.

Keduanya punya karakter yang berbeda. Kambuaya punya dribel dan pergerakan yang bagus. Dia bisa tiba-tiba masuk ke kotak penalti lawan. Sementara, Abimanyu punya kejelian dalam melepas umpan terobosan dan memindah arah permainan.

5 dari 6 halaman

Winger dan Penyerang

 

Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri memang telat bergabung ke skuad Timnas Indonesia U-23. Tapi, mereka bermain reguler di FK Senica. Jadi, tidak ada yang perlu diragukan soal kondisi fisik dan teknisnya.

Witan dan Egy punya koneksi bagus di lini depan. Mereka bisa saling bertukar peran. Bermain di Eropa juga membuat kedua pemain ini berkembang secara kemampuan fisik dan bertahan. Saddil Ramdani akan jadi opsi saat keduanya buntu.

Peran penyerang tengah mungkin bakal diberikan pada Muhamad Ridwan. Hal ini merujuk pada starting XI pilihan Shin Tae-yong pada beberapa laga uji coba. Ridwan bakal jadi targetman dan Ronaldo Kwateh jadi opsi pada babak kedua.

 

6 dari 6 halaman

Skuad Garuda Muda di SEA Games 2021

Skuad Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

  • Kiper: Ernando Ari, Muhammad Adi Satryo
  • Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Rio Fahmi, Firza Andika, Alfeandra Dewangga
  • Gelandang: Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Syahrian Abimanyu
  • Penyerang: Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Ronaldo Kwateh, Irfan Jauhari, Muhamad Ridwan 

 

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 6/5/2022)

Video Populer

Foto Populer