Sukses


4 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Terancam Jadi Cadangan Usai Dibantai Vietnam di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 wajib mendapatkan tiga poin saat berjumpa Timor Leste pada laga kedua Grup A SEA Games 2021. Pasukan Shin Tae-yong harus benar-benar berbenah.

Garuda Muda kalah 0-3 dari Vietnam pada laga pertama Grup A. Pada duel di Stadion Viet Tri, Jumat (6/5/2022) malam WIB itu, gol-gol Vietnam dicetak Nguyen Tien Linh (55'), Do Hung Dung (74'), Le Van Do (88').

Pada laga kedua, Indonesia akan bersua Timor Leste. Seperti Garuda Muda, Timor Leste juga kalah pada laga perdana Grup A. Timor Leste menelan kekalahan telak 4-0 saat berjumpa Filipina dan kini berada di dasar klasemen.

Laga Indonesia melawan Timor Leste akan dimainkan pada hari Selasa (10/5/2022) malam WIB. Shin Tae-yong diyakini akan mengubah starting XI untuk mendapat tiga poin dan membuka peluang lolos ke semifinal.

Lantas, dari starting XI laga melawan Vietnam, siapa pemain Timnas Indonesia U-23 yang terancam jadi penghuni cadangan?

2 dari 5 halaman

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto punya babak pertama yang cukup solid. Duetnya dengan Marc Klok di lini tengah cukup bagus, terutama untuk tugas bertahan. Tapi, kurang efektif saat membangun serangan karena karakter yang berbeda.

Timor Leste berbeda dengan Vietnam. Shin Tae-yong mungkin akan bermain lebih menyerang. Jadi, memainkan Klok dan Irianto bukan pilihan yang tepat. Irianto bisa diganti Syahrian Abimanyu yang punya karakter lebih menyerang.

3 dari 5 halaman

Irfan Jauhari

Timnas Indonesia - Irfan Jauhari (Bola.com/Adreanus Titus)

Irfan Jauhari secara mengejutkan jadi tumpuan di lini depan. Pemain klub Persis Solo punya kecepatan dan kemampuan dribel yang baik. Dia sangat cocok dengan skema serangan balik. Tapi, kombinasinya dengan pemain lain belum padu.

Jauhari mungkin akan duduk di bangku cadangan pada laga melawan Timor Leste. Bukan karena performa mengecewakan, tapi soal taktik dan karakter lawan. Timor Leste mungkin akan bertahan sangat dalam dan Indonesia butuh pemain dengan tipe targetman.

4 dari 5 halaman

Ilham Rio Fahmi

<p>Pemain Timnas Indonesia U-23 Ilham Rio Fahmi (kiri) menggiring bola mencoba melewati pemain Timnas Vietnam U-23 Anh Bui Hoang Viet pada pertandingan Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Hanoi, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Timnas Indonesia U-23 kalah 0-3. (Liputan6.com/Dok. PSSI)</p>

Rio Fahmi memiliki malam yang berat untuk dilalui. Sebab, wilayah yang dijaga pemain Persija Jakarta itu acap kali menjadi sasaran serangan dari kubu Vietnam. Rio Fahmi pun kesulitan untuk meredamnya.

Rio Fahmi beberapa kali salah posisi saat bertahan dan membuat lubang di pertahanan. Pada laga melawan Timor Leste, jika Asnawi Mangkualam sudah bergabung dengan tim, Rio Fahmi mungkin akan duduk di bangku cadangan.

5 dari 5 halaman

Rizky Ridho

Rizky Ridho. Bek tengah milik Persebaya Surabaya berusia 20 tahun ini sejatinya tampil disiplin dalam 45 menit dan digantikan Elkan Baggott di awal babak kedua. Ia hanya mendapat nilai 6,5. (affsuzukicup)

Seperti kasus Rio Fahmi, Rizky Ridho mungkin akan duduk di bangku cadangan karena kedatangan Elkan Baggott. Jika tidak, bek Persebaya itu mungkin akan dirotasi karena ada Alfeandra Dewangga yang juga bisa bermain sebagai bek tengah.

Performa Rizky Ridho pada duel melawan Vietnam tidak optimal. Dia kesulitan menjaga Nguyen Tienh Linh dan pemain depan Vietnam lain. Rizki Ridho juga punya andil pada terciptanya gol Du Hung Dung.

Bola.net (Asad Arifin, 7/5/2022)

Video Populer

Foto Populer