Sukses


SEA Games 2021: Trio Pemain yang Mungkin Tak Lagi Dipakai Shin Tae-yong Saat Hadapi Timor Leste

Bola.com, Jakarta - Kekalahan telak 0-3 atas Vietnam pada laga perdana SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Jum'at (6/5/2022) malam, bukan berarti 'kiamat' bagi Indonesia. Meskipun sulit, mereka masih memiliki kesempatan untuk bisa lolos dari fase grup.

Satu-satunya cara, Fachruddin Aryanto dkk wajib menyapu bersih tiga pertandingan tersisa. Timor Leste, Filipina dan Myanmar wajib ditaklukkan untuk merebut satu tempat ke babak selanjutnya.

Jarak pertandingan selanjutnya yang cukup jauh, memberikan kesempatan bagi pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Pria asal Korea Selatan tersebut memiliki waktu lebih dalam melakukan berbagai evaluasi.

Perubahan mutlak dibutuhkan skuad Garuda Muda agar terhindari dari kepulangan dini. Mantan pelatih Seongnam Ilhwa itu mungkin akan melakukan perombakan di posisi starter saat menghadapi Timor Leste (10/5/2022).

Dari pengamatan Bola.com, besar kemungkinan ketiga pemain ini tak akan lagi mendapatkan kesempatan di laga Timnas Indonesia U-23 selanjutnya. Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Saddil Ramdani

Berbeda dengan nama-nama lain di daftar ini, Saddil Ramdani sudah dipastikan absen di pertandingan fase grup lainnya. Sabah FC hanya memberikan sedikit kesempatan baginya untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.

Selain itu, secara penampilan pemain berusia 23 tahun itu juga gagal tampil istimewa di laga pembuka. Ia gagal mengeksploitasi pertahanan lawan yang menggunakan skema tiga bek.

Alhasil, mantan pemain Persela Lamongan ini ditarik cepat pada menit ke-63. Witan Sulaeman yang menggantikannya di pertandingan kemarin besar kemungkinan bakal mendapatkan kepercayaan mengisi posisi yang ditinggalkan.

 

3 dari 5 halaman

Ilham Rio Fahmi

Bukan kejutan jika pemain Persija Jakarta ini bakal melewatkan pertandingan-pertandingan selanjutnya. Ilham Rio Fahmi 'dijadikan' kambing hitam kekalahan Indonesia atas Vietnam.

Namanya bahkan sempat menjadi trending topic di jagat maya. Kritikan yang menjurus hujatan dilancarkan netizen tanah air kepada pemain berusia 20 tahun tersebut.

Dengan kehadiran Asnawi Mangkualam Bahar, kesempatannya untuk tampil akan semakin tipis. Pemain Ansan Greeners tersebut bisa dikatakan pilihan pertama pelatih Shin Tae-yong di pos bek kanan.

 

4 dari 5 halaman

M. Adi Satryo

Tampil gemilang dengan membukukan tujuh penyelamatan, M. Adi Satryo tetap tak bisa menahan gempuran penggawa Vietnam. Walaupun bukan karena kesalahannya semata, tiga gol yang bersarang ke gawangnya bisa menjadi preseden buruk.

Apalagi di posisi penjaga gawang, Indonesia masih memiliki Ernando Ari Sutaryadi. Kiper asal Persebaya Surabaya tersebut diketahui lebih sering mendapat panggilan Timnas ketimbang kompatriotnya tersebut.

Dengan pengalaman bermain di level Internasional yang lebih banyak, secara mental Ernando mungkin lebih siap. Tetapi sekali lagi, keputusan akhir tetap berada di tangan Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022

6 Mei 2022

Vietnam Vs Timnas Indonesia U-23

10 Mei 2022

Timnas Indonesia U-23 Vs Timor Leste

13 Mei 2022

Filipina Vs Timnas Indonesia U-23

15 Mei 2022

Timnas Indonesia U-23 Vs Myanmar

Video Populer

Foto Populer