Sukses


Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-23 Vs Timor Leste, Laga Kedua di SEA Games 2021: Asnawi In?

Bola.com, Hanoi - Timnas Indonesia U-23 memulai perjalanan di SEA Games 2021 dengan pahit. Namun demikian, pasukan Shin Tae-yong tak boleh menyerah dan bergegas bangkit pada jadwal pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Timnas Indonesia U-23 tumbang 0-3 dari Vietnam pada laga perdana Grup A SEA Games 2021 cabor sepak bola, Jumat (6/5/2022). Kekalahan tersebut menempatkan Witan Sulaeman dkk. di posisi kedua terbawah klasemen sementara.

Timnas Indonesia U-23 masih menyisakan tiga pertandingan lagi. Ketiga lawan sisa di Grup A terbilang tak sesulit Vietnam.

Pada Selasa (10/5/2022), Timor Leste akan jadi lawan berikutnya. Mereka kalah 0-4 dari Filipina pada laga pertama.

Menghadapi laga ini, Timnas Indonesia U-23 kemungkinan sudah bisa diperkuat Asnawi Mangkualam Bahar. Bek Ansan Greeners tersebut sudah bergabung dengan tim di Vietnam.

Hadirnya Asnawi akan mengubah komposisi di lini pertahanan Timnas Indonesia U-23. Shin Tae-yong berpotensi mempercayakan sektor bek kanan kepada pemain asal Makassar itu dibanding Rio Fahmi.

2 dari 13 halaman

Adi Satryo

Kiper Persik Muhammad Adi Satryo tampil memukau saat bermain imbang kontra Persipura pada pekan ke-24 BRI Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Bali, Kamis (10/2/2022).  (Bola.com/Gatot Susetyo)

Meski kebobolan tiga gol di laga pertama, Shin Tae-yong tampaknya akan kembali memasang Adi Satryo. Performanya di bawah mistar gawang tidak terlalu mengecewakan.

Adi Satryo melakukan 7 penyelamatan penting dari gempuran penyerang Vietnam. Sehingga, gawang Timnas Indonesia U-23 tidak kebobolan lebih banyak.

3 dari 13 halaman

Asnawi Mangkualam

<p>Asnawi Mangkualam mulai bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan pada Selasa (27/4/2022). (dok. PSSI)</p>

Asnawi Mangkualam Bahar saat berlaga di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Singapura vs Timnas Indonesia di National Stadium, Kallang, Rabu (22/12/2021) malam WIB. (c) Dok. PSSISempat absen pada laga perdana karena telat bergabung, Asnawi Mangkualam akan mengisi pos bek kanan. Dia lebih bisa diharapkan dibanding Rio Fahmi.

Asnawi juga sudah ikut berlatih dengan Timnas Indonesia U-23. Dia tidak butuh banyak waktu untuk adaptasi karena sebagian besar merupakan rekan setimnya di Piala AFF 2020.

4 dari 13 halaman

Fachrudin Aryanto

Pemain Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto, saat sesi latihan jelang Piala AFF di Lapangan B Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia U-23 tidak punya banyak pilihan di sektor bek tengah. Fachrudin Aryanto akan kembali mengisi posisi tersebut.

Pada laga perdana melawan Vietnam, performa Fachrudin sedikit mengecewakan. Tetapi, sebagai pemain senior, tenaganya sangat dibutuhkan.

5 dari 13 halaman

Alfeandra Dewangga

<p>Bek Timnas Indonesia U-23, Alfeandra Dewangga. (PSSI).</p>

Alfeandra Dewangga tampaknya akan menemani Fachrudin Aryanto sejak awal. Setelah pada laga sebelumnya tugas itu dibebankan kepada Rizky Ridho.

Alfeandra punya kemampuan melakukan sapuan di atas rata-rata. Dia bisa membantu memperkuat gawang Timnas Indonesia U-23.

6 dari 13 halaman

Firza Andika

Bek Timnas Indonesia U-23, Firza Andika. (PSSI).

Firza Andika masih layak untuk mendapatkan tempat utama di sektor bek kiri. Sebab, Shin Tae-yong tidak punya banyak opsi.

Posisi tersebut seharusnya menjadi milik Pratama Arhan. Namun, pemain Tokyo Verdy itu tidak dilepas oleh klubnya.

7 dari 13 halaman

Rachmat Irianto

<p>Penampilan apik Rachmat Irianto bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 membuat Shin Tae-yong membutuhkan kembali jasanya untuk memperkuat barisan pertahanan. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)</p>

Satu tempat di lini tengah akan menjadi milik Rachmat Irianto. Gelandang bertahan Persib Bandung tersebut hampir selalu jadi starter di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Performa Rian pada laga perdana tidak terlalu mengecewakan. Meskipun pada babak kedua, tugasnya digantikan Syahrian Abimanyu.

8 dari 13 halaman

Marc Klok

<p>Pemain Timnas Indonesia U-23 Marc Anthony Klok (atas) mencoba menenangkan Egy Maulana Vikri saat melawan Timnas Vietnam U-23 pada pertandingan Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Hanoi, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Timnas Indonesia U-23 kalah 0-3. (Liputan6.com/Dok. PSSI)</p>

Posisi Marc Klok juga tidak akan tergantikan di lini tengah. Sebagai pemain senior, perannya dibutuhkan untuk mengangkat mental tim. Pada laga melawan Vietnam, Marc Klok juga banyak membantu pertahanan. Beberapa kali, dia ikut mengcover Rio Fahmi.

9 dari 13 halaman

Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya. Pemain Persebaya Surabaya berusia 25 tahun ini juga selalu menjadi starter dan tampil penuh dalam dua laga sebelumnya dengan menyumbang 1 assist. Aksi ciamiknya di lini tengah mendapat ganjaran man of the match kala menghadapi Kamboja di partai pertama. (Dok. PSSI)

Ricky Kambuaya akan melengkapi trio lini tengah. Dia merupakan sosok pengatur serangan Timnas Indonesia U-23.

Pada laga melawan Vietnam, Ricky Kambuaya tercatat menciptakan satu peluang. Tapi, hasilnya belum maksimal. 

10 dari 13 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman. Pemain sayap milik Lechia Gdansk berusia 20 tahun ini tampil penuh 90 menit. Selain menyumbang gol, pergerakannya juga mampu merepotkan dan kadang harus dijatuhkan hingga menghasilkan beberapa kali tendangan bebas. Ia layak mendapat nilai 7,5. (AFP/Roslan Rahman)

Witan Sulaeman layak mendapat tempat sebagai starter melawan Timor Leste. Kinerjanya saat melawan Vietnam lebih memuaskan dibanding Saddil Ramdani.

Witan Sulaeman melepaskan satu-satunya shot on target Timnas Indonesia U-23 pada laga tersebut. Sehingga dia patut diberi kesempatan sejak awal.

11 dari 13 halaman

Egy Maulana Vikri

<p>Pemain Timnas Indonesia U-23 Egy Maulana Vikri (kiri) mencoba menghalau bola tendangan pemain Timnas Vietnam U-23 Anh Bui Hoang Viet pada pertandingan Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Hanoi, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Timnas Indonesia U-23 kalah 0-3. (Liputan6.com/Dok. PSSI)</p>

Di sektor sayap kanan, Egy Maulana Vikri kemungkinan tetap jadi starter. Terlebih, pada laga melawan Vietnam, dia tampil penuh.

Dia juga ikut menciptakan satu peluang untuk Timnas Indonesia U-23. Pemain FK Senica itu mengancam gawang Vietnam tiga menit sebelum waktu normal usai.

12 dari 13 halaman

Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan layak dicoba oleh Shin Tae-yong. Apalagi jika melihat penampilan Irfan Jauhari yang kurang memuaskan.

Ronaldo Kwateh juga sudah diberi kesempatan sebagai pengganti. Tapi, performanya mengecewakan.

 

Bola.net (Asad Arifin, 9/5/2022)

13 dari 13 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid) 

Video Populer

Foto Populer