Sukses


4 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Timor Leste di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan melakoni pertandingan keduanya di grup A dalam ajang SEA Games 2021, dengan melawan Timor Leste. Pertandingan kedua tim akan dimainkan di Stadion Viet Tri, Selasa (10/5/2022) malam WIB.

Kemenangan mutlak harus diraih Timnas Indonesia U-23 demi peluang lolos ke babak semifinal. Seperti diketahui pasukan Shin Tae-yong baru saja menelan kekalahan dari tuan rumah Vietnam pada pertandingan pertama.

Begitu Timor Leste yang juga dipaksa menyerah oleh Filipina. Praktis pertandingan nanti akan menjadi momentum untuk bangkit bagi Indonesia maupun Timor Leste.

Bagi Timnas Indonesia U-23, skuad Garuda muda juga butuh kemenangan dengan skor besar saat menghadapi Timor Leste. Skor besar sangat dibutuhkan untuk membantu kelolosan mereka dari fase grup.

Di sisi lain terdapat beberapa fakta menarik yang mengiringi duel antara Timnas Indonesia U-23 kontra Timor Leste. Apa saja fakta-fakta menarik pertemuan kedua tim? Simak ulasan dari Bola.com berikut ini:

2 dari 6 halaman

Sama-sama Dipimpin Pelatih Asing

Timnas Indonesia U-23 maupun Timor Leste sama-sama ditangani pelatih asing. Tim Merah Putih ditangani Shin Tae Yong yang berasal dari Korea Selatan. Sementara Timor Leste diasuh Fabio Maciel yang memiliki paspor berkebangsaan Brasil.

Bedanya, pamor Shin Tae Yong lebih tinggi dibanding Fabio. Shin Tae Yong merupakan mantan pelatih timnas Korea Selatan yang tampil di Piala Dunia 2018. Ia sudah dua tahun menangani Indonesia.

Sementara Fabio hanya berpengalaman melatih di Asia Tenggara. Ia pernah menjadi pelatih Timor Leste pada 2015 dan pernah menangani klub Kuala Lumpur FA pada 2017/2018 sebelum kembali menjabat pelatih Timor Leste sejak 2020.

3 dari 6 halaman

Sedang Terluka

Timnas Indonesia U-23 baru saja terluka setelah kalah cukup telak 0-3 dari Vietnam untuk partai pertama grup A, Jumat (6/5/2022). Tiga gol tuan rumah Vietnam bersarang ke gawang Adi Satryo, masing-masing dijebol oleh Nguyen Tien Linh, Hung Dung Do, dan Le Van Do.

Sementara Timor Leste jauh lebih memprihatinkan karena kalah telak 0-4 dari Filipina di hari yang sama. Gol yang berarang ke gawang Timor Leste diciptakan oleh Christian Mangaron Rontini, Dennis Chung, Bedic, dan Oskari Kekkonen.

4 dari 6 halaman

Rekor Pertemuan

Timnas Indonesia dan Timor Leste sudah bertemu sebanyak belasan kali, baik untuk tim kelompok usia maupun tim senior. Hasilnya, skuad Garuda punya catatan lebih unggul ketimbang Timor Leste.

Di tim senior, Timnas Indonesia berhasil menang sebanyak enam kali dalam enam pertemuan kontra Timor Leste. Kemenangan terbesar dicatat Indonesia dengan skor 6-0 pada 21 Novembe 2010.

Sementara di kelompok usia Timnas Indonesia U-23, tiga kali menang atas Timor Leste dan satu sisanya berakhir imbang. Kemenangan terbesar terjadi pada 15 September 2014, saat Timnas Indonesia U-23 menghajar Timor Leste 7-0.

5 dari 6 halaman

Prestasi Indonesia Lebih Mentereng

Di pentas SEA Games dalam sejarahnya, Timnas Indonesia jelas lebih mentereng secara prestasinya ketimbang Timor Leste.

Sejarah mencatat, Indonesia sudah berpartisipasi dalam 21 edisi SEA Games. Pencapaiannya adalah dua kali meraih medali emas, lima perak, dan empat perunggu.

Dua medali emas sepak bola SEA Games diraih tim Merah-putih pada tahun 1987 di Jakarta dan 1991 di Filipina. Sementara Timor Leste baru beberapa kali tampil di SEA Games setelah melepaskan diri dari Indonesia pada tahun 2002.

Sumber: Berbagai sumber

6 dari 6 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer