Sukses


Rapor Timnas Indonesia U-23 Saat Bungkam Timor Leste di SEA Games 2021: Dinodai Blunder Kecil!

Bola.com, Phu Tho - Timnas Indonesia U-23 bangkit di SEA Games 2021. Setelah takluk 0-3 dari Vietnam pada laga pertama Grup A, Jumat (6/5/2022), Tim Garuda Muda mereka menang 4-1 dari Timor Leste di Viet Tri Sadium, Vietnam, Selasa (10/5/2022).

Egy Maulana Vikri, Fachruddin Aryanto, dan Witan Sulaeman mencatatkan namanya di papan skor. Bahkan Witan berhasil mencetak dua gol dalam pertandingan ini.

Sedangkan Timor Leste memperkecil kedudukan lewat Mouzinho. Kemenangan ini membuat kans lolos Timnas Indonesia U-23 ke fase selanjutnya masih terbuka.

Pada awal pertandingan, Timnas Indonesia U-23 dikejutkan dengan permainan Timor Leste yang berani melakukan tekanan. Baru dua menit laga berjalan, gelandang naturalisasi Indonesia, Marc Klok melakukan blunder dengan melanggar pemain lawan di kotak penalti. Untungnya, kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari bisa menepis tembakan Mouzinho.

Perlahan permainan Egy Maulana dkk. mulai membaik. Mereka mulai bisa melakukan serangan dengan skema. Gol yang ditunggu Timnas Indonesia U-23 datang pada menit 15.

Gol pembuka ini tercipta dengan cantik. Assist Rizky Ridho lewat tandukan kepala disambut tendangan first time Egy Maulana Vikri.

Harusnya di babak pertama, banyak gol yang bisa diciptakan Timnas Indonesia U-23. Namun, peluang emas yang didapat Egy dan Ricky Kambuaya belum bisa menambah keunggulan. Babak pertama pun berakhir 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-23.

 

2 dari 7 halaman

Makin Produktif di Babak Kedua

Pada babak kedua, pelatih Shin Tae-yong ingin Timnas Indonesia U-23 lebih menekan. Indikasinya, dia memasukkan Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam.

Hasilnya positif. Witan Sulaeman dan Fachruddin Aryanto berhasil membuat Timnas Indonesia U-23 unggul 3-0 di pertengahan babak kedua.

Timor Leste sempat memperkecil kedudukan lewat Muzinho pada menit ke-69. Tapi, Timnas Indonesia U-23 bisa menambah keunggulan lagi lewat gol Witan pada menit ke-77. Keunggulan 4-1 Timnas Indonesia U-23 bertahan hingga laga usai.

Secara keseluruhan, permainan Timnas Indonesia U-23 lebih baik ketimbang pertandingan pertama. Hanya saja mereka masih sering membuang peluang emas, terutama di babak pertama.

Berikut rapor pemain Timnas Indonesia U-23 versi Bola.com:

 

3 dari 7 halaman

Rapor Lini Pertahanan

 

Ernando Ari: 7

Kiper asal Persebaya Surabaya ini melakukan penyelamatan gemilang saat menepis tendangan penalti Mouzinho. Gawangnya memang kebobolan 1 gol, tapi Ernando beberapa kali melakukan penyelamatan apik.

Rio Fahmi: 6,5

Pada awal babak pertama, dia sempat kewalahan menghentikan serangan Timor Leste. Tapi, setelah Timnas Indonesia U-23 mulai menguasai permainan, Rio ikut bermain lebih baik. Dia beberapa kali membantu serangan dan mengirimkan crossing matang ke depan. Namun, dia ditarik keluar saat jeda pertandingan.

Fachruddin Aryanto: 7,5

Dalam laga ini bek jangkung ini tampil apik. Tak hanya tangguh saat menghentikan serangan lawan. Fachruddin juga menyumbangkan gol dalam laga ini lewat tandukannya.

Rizky Ridho: 7

Beberapa kali Ridho melakukan intersep bola dari kaki penyerang Timor Leste. Dia memperlihatkan ketenangannya sebagai pemain belakang dalam laga ini.

Alfeandrea Dewangga: 7

Dewa, saapan akrabnya tampil agresif di laga ini. Dia turun sebagai bek kiri. Beberapa kali dia berhasil mengalirkan bola ke depan.

4 dari 7 halaman

Lini Tengah

 

Marc Klok: 6,5

Gelandang naturalisasi kelahiran Belanda ini membuat kesalahan pada awal pertandingan. Pelanggarannya di dalam kotak penalti Timnas Indonesia membuahkan penalti untuk lawan pada menit kedua. Permainannya sempat membaik di pertengahan babak pertama. Namun dia diganti di babak kedua.

Syahrian Abimanyu: 7

Bisa dibilang gelandang mungil ini jadi motor serangan Timnas Indonesia U-23. Umpan-umpan dari kakinya sering membahayakan pertahanan Timor Leste.

Ricky Kambuaya: 6,5

Aksi-aksi individunya tak selalu sukses menembus pertahanan lawan. Sepertinya Ricky belum menemukan permainan terbaiknya seperti saat tampil di Piala AFF tahun lalu.

 

5 dari 7 halaman

Lini Serang

Egy Maulana Vikri: 7

Dia menyumbangkan gol pembuka Timnas Indonesia U-23 dalam laga ini. Namun, setelah itu, Egy Maulana Vikri membuang sekitar 4 peluang emas.

Irfan Jauhari: 6,5

Dipasang sebagai striker utama, Irfan belum bisa menyumbangkan gol. Tapi, dia aktif bergerak dan menciptakan ruang bagi Egy dan Witan yang sewaktu-waktu bisa masuk ke dalam kotak penalti.

Witan Sulaeman: 8

Witan berhasil mencetak brace dalam laga ini. Pada babak pertama, dia tampak kurang berkembang saat menempati sayap kiri. Namun, pada babak kedua, dia digeser sebagai sayap kanan dan permainannya lebih hidup. Dua gol jadi buktinya.

 

6 dari 7 halaman

Pemain Pengganti

Saddil Ramdani: 6,5

Dia masih belum berada dalam permainan terbaiknya. Saddil sempat melakukan salah passing dan berujung gol bagi Timor Leste yang dicetak Mouzinho. Namun, dia memperbaiki permainannya dan membuat assist untuk gol keempat Timnas Indonesia U-23.

Asnawi Mangkualam: 6,5

Dia tampil kurang agresif seperti biasanya. Maklum, dia baru bergabung. Kabarnya Asnawi juga masih dalam kondisi mengalami cedera engkel.

Marselino Ferdinan: 6,5

Performanya lumayan apik di laga ini. Marselino bisa mengalirkan bola ke depan dan jarang melakukan kesalahan. Hanya saja tembakan keras yang jadi ciri khasnya belum terlihat.

Ronaldo Kwateh: 6

Dia masih belum memperlihatkan semua potensinya. Ronaldo baru masuk di pengujung babak kedua. Sepertinya dia butuh waktu lebih banyak agar bisa memperlihatkan potensinya.

Firza Andika: 6

Saat masuk, sektor kiri pertahanan Indonesia jarang dapat serangan. Sehingga kinerja Firza lebih ringan.

7 dari 7 halaman

Liputan Eksklusif di SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer