Sukses


SEA Games 2021: Bekuk Timor Leste, Timnas Indonesia Masih Menyimpan Banyak Catatan Minor

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil bangkit di pentas SEA Games 2021. Timor Leste jadi korban amukan Garuda Muda dengan skor 4-1 di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa (10/05/2022).

Kendati Timnas Indonesia menang dengan skor cukup telak, namun menurut eks arsitek Persipura Jayapura, Tony Ho pasukan Shin Tae-yong memiliki banyak catatan minor yang harus segera dibenahi sebelum menghadapi Filipina dan Myanmar di laga berikutnya.

"Saya amati pemain muda kita yang main di luar negeri tak begitu memberi pengaruh signifikan. Saddil (Ramdani), Egy (Maulana Vikri), dan Witan (Sulaeman), seharusnya bisa memberi warna permainan Indonesia," kata Tony Ho.

Mantan arsitek Persebaya ini mengaku tak tahu kendala yang dialami Saddil dan kawan-kawan. "Untuk sementara, pengaruh mereka masih kurang," kata Tony Ho. 

"Saya tak tahu apakah karena mereka baru bergabung dengan timnas di akhir saat mau ke Vietnam, sehingga chemistry mereka belum ketemu," ujarnya.

 

 

2 dari 6 halaman

Pertanyakan Marc Klok

Tony Ho juga menyorot performa pemain senior naturalisasi milik Persib, Marc Klok. "Permainan Klok beda jauh dibanding di Liga 1," ulas Tony Ho. 

"Dengan kualitas dan pengalamannya, seharusnya Klok bisa jadi motivator tim. Saya lihat Timnas Indonesia saat ini tak punya sosok pimpinan di lapangan. Seharusnya itu bisa diperankan Klok," ucapnya.

Dari dua penampilan bersama Timnas Indonesia U-23 di Vietnam, Tony Ho melihat kinerja Marc Klok jauh dari harapan.

"Apakah penurunan Klok ini karena strategi dari Shin Tae-yong? Saya menyayangkan jika pemain seperti Klok hanya sebagai penendang free kick dan sudut. Padahal dia bisa punya andil lebih besar di Timnas," tuturnya.

 

 

 

 

3 dari 6 halaman

Performa Kambuaya Menurun

Sosok lain yang disorot Tony Ho adalah Ricky Kambuaya. Aksi gelandang yang dibeli Persib dari Persebaya ini menurun jauh bila dibanding pada Piala AFF lalu.

"Semua nilai plus Kambuaya di Piala AFF lalu turun di dua laga SEAG kali ini. Sebagai pemain senior, Kambuaya harus punya spirit dan kerja lebih keras dibanding pemain junior. Sehingga dia bisa mengangkat moral tim," tutupnya. 

4 dari 6 halaman

Posisi Grup A

Meski meraih kemenangan, Timnas Indonesia U-23 tetap berada di urutan keempat Grup A dengan nilai tiga. Witan Sulaeman dkk. tertinggal tiga poin dari Myanmar di urutan teratas, dan satu angka dari Filipina dan Vietnam di posisi dua serta tiga.

Dengan dua pertandingan tersisa, Timnas Indonesia U-23 wajib meraih kemenangan jika ingin lolos ke semifinal SEA Games 2021.

Lantas, siapa yang bakal menjadi lawan berikutnya Tim Garuda Muda? Berikut ini adalah jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 di Grup A SEA Games 2021.

5 dari 6 halaman

Hasil Pertandingan:

Jumat, 6 Mei 2022

Vietnam 3 - 0 Timnas Indonesia

  • Gol: Nguyen Tien Linh 54', Do Hung Dung 74', Le Van Do 87'

Selasa, 10 Mei 2022

Timnas Indonesia 3 - 1 Timor Leste

  • Gol: Egy Maulana Vikri 16', Witan Sulaeman 52', 77', Fachruddin Aryanto 59'; Mauzinho 69'
6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer